Kesehatan

KESEHATAN
13 Juli 2020

Memanfaatkan Kesibukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Sesekali naik tangga ya Moms, jangan pakai lift!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tentu paham jika harus selalu menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting, sebab dengan tubuh yang sehat Moms dapat melakukan banyak aktivitas tanpa harus menghadapi hambatan berarti.

Namun, karena berbagai kesibukan sering menjadi sebuah alasan seseorang lupa dalam menjaga kesehatan, hingga akhirnya tubuh jatuh sakit dan juga rasa sesal kemudian sudah tidak ada artinya lagi.

Kesehatan tubuh manusia memang tidak bisa diajak kompromi, ini ibarat sebuah mesin, jika tidak dirawat dengan benar suatu hari akan rusak.

Berbagai kondisi dapat terjadi pada tubuh Moms, bahkan sampai Moms jatuh sakit. Jika hal itu terjadi, dibutuhkan biaya cukup besar untuk melakukan penyembuhan.

Baca Juga: 10 Tips Menghilangkan Stres di Tengah Kesibukan

8 Cara Memanfaatkan Kesibukan untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Agar dapat mencegah hal tersebut, Moms bisa memanfaatkan kesibukan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Bangun Pagi Lebih Awal

wanita bangun tidur

Foto: Orami Stock Photos

Sebelum hendak mulai beraktivitas, biasakan tiap hari Moms bangun pagi lebih awal, lakukan beberapa peregangan ataupun olahraga ringan agar otot-otot tidak terlalu kaku.

Selain itu, udara pagi yang masih segar dapat membuat paru-paru Moms menyerap oksigen lebih banyak, sehingga Moms akan menjadi lebih bersemangat dan penuh tenaga.

Baca Juga: Rajin Bangun Pagi Seperti Orang Jepang Bisa Bikin Umur Panjang, Kok Bisa?

2. Sarapan Sebelum Beraktivitas

Sarapan saat pagi hari mampu menjaga tubuh Moms tetap bertenaga selama beraktivitas. Untuk itu, pilihlah jenis menu makanan tinggi protein dan juga serat agar tubuh tidak cepat lemas karena rasa lapar.

Menurut American Society for Nutrition, sarapan protein tinggi telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan otot dan mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan massa otot, pengeluaran energi (kalori yang terbakar), hormon kenyang, regulasi glukosa dan dengan mengurangi keinginan untuk ngemil di malam hari.

Pertahankanlah kebiasaan sarapan pagi, dengan begitu Moms pasti akan merasa jauh lebih bugar dan sebagai salah satu cara dalam memanfaatkan kesibukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik

Foto: Orami Stock Photos

Foto: Orami Stock Photos

Umumnya, seseorang lebih memilih menggunakan lift agar lebih cepat sampai di tempat tujuan.

Namun sebenarnya hal itu tidak terlalu baik dilakukan. Boleh saja menggunakan lift, namun sesekali cobalah menggunakan anak tangga agar Moms juga bisa melatih kesehatan tubuh Moms.

Baca Juga: Rekomendasi Gerakan Olahraga di Kantor yang Menyehatkan

4. Bersepeda

Jika selama ini Moms pergi kerja dengan menggunakan kendaran bermotor, maka sekarang cobalah mengubah kebiasaan itu dengan beralih ke sepeda.

Namun, hal ini dilakukan apabila tempat kerja Moms mempunyai jarak yang dekat. Sebab, bersepeda bisa mejadi transportasi alternatif untuk memanfaatkan kesibukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Jangan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

makanan minuman manis.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Saat bekerja, sebisa mungkin batasilah mengonsumsi makanan dan minuman manis, untuk memenuhi kebutuhan tubuh cairan, sebaiknya Moms hanya mengonsumsi air putih.

Sudah beberapa orang yang menderita kencing manis akibat terlalu sering mengonsumsi gula, oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

Baca Juga: Makanan Manis Bisa Menjadi Sumber Energi Tubuh, Mitos Atau Fakta?

6. Konsumsi Suplemen Kesehatan

Saat sibuk, stamina tubuh tentunya akan terkuras habis. Guna mengatasi kondisi semacam ini penuhi kebutuhan tubuh vitamin dan mineral melalui makanan sehat.

Moms juga dapat menambahkan sejumlah suplemen makanan yang mudah dijumpai di apotek-apotek terdekat.

7. Jangan Merokok

Sebagian orang telah mengaku rokok bisa membantu meningkatkan konsentrasi ketika sedang sibuk dengan pekerjaan.

Padahal, asap rokok yang masuk ke tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan dan sebagai perusak rencana untuk memanfaatkan kesibukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Kendalikan Emosi

10 Emosi Naik Turun - sumber healthline.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Saat sedang sibuk bekerja, banyak kejadian yang tak terduga mampu memengaruhi emosi Moms.

Menghadapi situasi demikian, tetaplah menjaga perasaan Moms, sebab emosi yang tak terkendali justru akan membuat Moms merasa penuh dengan tekanan.

Baca Juga: Berhenti Merokok, Malah Berat Badan Naik. Harus Bagaimana?

Itulah beberapa cara yang dapat Moms terapkan untuk memanfaatkan kesibukan untuk menjaga kesehatan tubuh. meskipun Moms sibuk bekerja. Dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi ya Moms!

Selain menjaga kesehatan tubuh, Moms bisa memberi perlindungan asuransi kesehatan AXA Mandiri. Dengan asuransi jiwa ini, Moms tak perlu khawatir tentang pengeluaran yang diakibatkan oleh menurunnya kondisi tubuh.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait