2-3 tahun

2-3 TAHUN
24 Februari 2021

Pasta Gigi Anak yang Tepat Bantu Jaga Oral Hygiene Si Kecil saat Pandemi

Pastikan pasta gigi yang diberikan sudah tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Katharina
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mulai mengajari anak-anak menjalani ritual kebersihan mulut yang baik. Orang tua harus mulai menyikat gigi anak-anak mereka sedini mungkin.

"Tujuan menyikat gigi adalah menghilangkan karbohidrat yang menempel di gigi setelah makan. Bukan hanya gula atau makanan manis ya, Moms, tapi karbohidrat seperti tepung, mie, nasi, dan makanan lainnya," jelas drg. Eka Shofiyah, Dokter Gigi Spesialis Anak RS Brawijaya Antasari Jakarta Selatan.

Biasanya hal ini terjadi sekitar enam bulan pertama kehidupan anak, karena pada saat itu sudah mulai tumbuh bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang terbentuk.

Banyak dokter gigi yang menekankan bahwa hal yang paling penting untuk diingat adalah menggunakan pasta gigi anak dalam jumlah yang benar.

“Untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas, jumlah yang tepat adalah cukup sebesar biji jagung,” kata drg. Eka.

Baca Juga: Anak Menelan Pasta Gigi Saat Sikat Gigi, Berbahayakah?

Pertimbangan Dalam Memilih Pasta Gigi Anak

memilih pasta gigi anak

Foto: Orami Photo Stock

Memilih pasta gigi anak bukan perkara mudah. Semua Moms pasti mengalami beragam kendala dalam menentukan pasta gigi terbaik untuk Si Kecil.

Hal ini terjadi pada Moms Rena dalam memilih pasta gigi anak untuk Zio, buah hatinya yang kini berusia 2 tahun.

"Dulu waktu pertama kali aku ajarkan untuk sikat gigi, dia kaget dan sempat mengernyit. Mungkin rasa pasta gigi anaknya bikin kaget, pedas-pedas dingin, gitu. Belum lagi ada busanya," ujar Moms Rena menceritakan kembali kenangannya.

"Awalnya dia sempat gak mau lagi waktu ajak sikat gigi, dan itu bikin aku bingung, dong. Akhirnya aku coba berbagai cara, mulai dari bawa mainan hewan-hewanannya ke kamar mandi, aku sikatin gigi sambil dia nonton TV, atau sambil dibacain cerita. Sekarang udah ketemu cara yang pas yang bikin dia mau gosok gigi."

Moms Rena pun mengaku hal itu juga terbantu setelah menemukan pasta gigi anak yang tepat. Bagaimana cara Moms Rena menemukan pasta gigi anak yang tepat? Ikuti tipsnya di bawah ini ya.

Baca juga: Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut pada Anak

1. Pilih Sesuai Kemampuan Mulut Anak

pasta gigi anak

Foto: askthedentist.com

Tidak semua anak bisa berkumur. Ada anak yang sudah mampu berkumur dan ada juga yang belum.

Ketika Si Kecil belum mampu untuk berkumur, sangat disarankan untuk memilih pasta gigi anak yang terbuat dari bahan yang aman.

"Kalau aku pilih PUREKIDS Toothpaste, karena kebetulan Zio belum bisa berkumur. Ternyata Pure Kids Tooth Paste disusun dengan Food Grade formula jadi aman kalau saat Zio gosok gigi dan tertelan," cerita Moms Rena berbagi pengalamannya.

Baca Juga: Amankah Anak Pakai Pasta Gigi Mengandung Xylitol?

2. Hindari Bahan Kimia yang Keras

pasta gigi anak

Foto: absolutely-mama.co.uk

Banyak pasta gigi anak, terutama yang diiklankan bisa memutihkan gigi, seringkali mengandung abrasive yang dapat merusak enamel gigi pada anak yang masih muda.

3. Pertimbangkan Rasa Pasta Gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi anak anak, yang paling pertama harus Moms lakukan tentunya menumbuhkan rasa senang pada anak saat menyikat gigi. Bagaimana caranya?

Kunci agar waktu menyikat gigi anak terasa menyenangkan adalah memberikan pasta gigi anak dengan rasa yang enak.

"Benar banget. Jadi sebenarnya memilih pasta gigi anak yang ada rasanya juga membantu lho, Moms. Apalagi jika rasanya rasa buah-buahan. Anak saya suka banget, sampai bisa agak lama kalau sikat gigi," tutur Moms Rena.

Moms bisa mencoba pasta gigi anak Pure Kids Tooth Paste Strawberry Flavour atau Pure Kids Toothpaste Banana Flavour untuk Si Kecil.

Pasta gigi anak dengan rasa buah-buahan yang harum ini bisa menjadi penyemangat untuk Si Kecil saat menyikat gigi.

Terlebih lagi, produk pasta gigi anak Pure Kids Tooth Paste ini bebas SLS yang dapat menyebabkan iritasi pada rongga mulut jika digunakan berlebihan, tidak mengandung pemanis buatan, serta sudah disusun dengan Food Grade formula, sehingga aman jika tertelan oleh anak.

Tak hanya itu Moms, pasta gigi anak Pure Kids Tooth Paste juga sudah dilengkapi dengan xylitol yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi dan mencegah peradangan pada gusi yang di sebabkan oleh penumpukan bakteri gingivitis.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Semua kandungan dalam pasta gigi anak ini dijamin bisa membantu menjaga kesehatan gigi Si Kecil semakin maksimal.

4. Berikan Anak Pasta Gigi dengan Ukuran yang Tepat

tips memilih pasta gigi anak

Foto: Orami Photo Stock

Untuk anak usia 3-6 tahun, penting bagi orang tua untuk memilih sikat gigi berukuran kecil untuk anak dengan bulu sikat yang lembut agar tidak melukai gusi mereka.

"Untuk anak di bawah 3 tahun, seukuran biji beras. Sedangkan anak di atas 3 tahun sebesar biji jagung," kata drg. Eka. Ia menambahkan orang tua juga harus menemani anak dan tetap membantu mereka untuk menyikat gigi dengan benar.

Itu dia Moms cara memilih pasta gigi anak yang tepat untuk buah hati kita. Pastikan kesehatan gigi Si Kecil terjaga sejak dini ya!

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait