3-12 bulan

3-12 BULAN
16 Februari 2020

5 Cara Memilih Tisu Basah Terbaik untuk Bayi

Sesuaikan dengan kondisi kulit bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin bingung bagaimana cara memilih produk tisu basah yang baik untuk Si Kecil. Hal ini dikarenakan ada banyak produk tisu basah yang dijual di pasar.

Saking banyaknya, jenis tisu basah di pasaran, mendapatkan tisu terbaik selalu menimbulkan kesulitan bagi beberapa orang tua terutama para orang tua baru. Tentu akan sangat menyenangkan jika tisu yang sesuai untuk anak bisa dibeli.

Baca Juga: Bolehkah Menggunakan Tisu Basah untuk Bayi?

Mungkin Moms bingung amankah menggunakan tisu basah pada bayi? Berdasarkan salah satu jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, para orang tua disarankan untuk memilih dan menggunakan tisu bayi yang tepat.

Meskipun tidak ada efek buruk yang terdeteksi dari menggunakan tisu basah bayi ini, namun menemukan produk yang sesuai tetap dibutuhkan.

Memilih Tisu Basah untuk Bayi

Nah, bagaimana kriteria produk tisu basah yang baik untuk Si Kecil? Tips berikut ini bisa Moms jadikan sebagai panduan!

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anak

memilih tisu basah

Foto: Orami Photo Stock

Untuk bayi yang memiliki kulit sensitif, tisu basah yang bisa digunakan kembali adalah pilihan yang tepat.

Beberapa bayi mengalami ruam saat terpapar tisu sekali pakai, jadi tisu basah yang bisa digunakan kembali adalah pilihan terbaik.

Belum lagi saat berbicara tentang ramah lingkungan, tisu basah yang dapat digunakan kembali juga sangat ramah lingkungan karena mengurangi intensitas polusi di lingkungan dan juga menghemat biaya.

Namun beberapa tenaga medis menyarankan untuk menggunakan tisu yang bisa digunakan kembali selama bulan pertama setelah melahirkan, karena kulit bayi masih sangat lembut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

Jika Moms bingung harus menggunakan tisu basah jenis apa, cobalah untuk menggunakan tisu basah sekali pakai 1 minggu, lalu ganti kembali di minggu selanjutnya. Lalu perhatikan kecocokannya.

2. Periksa Bahan yang Digunakan

memilih tisu basah

Foto: Orami Photo Stock

Bahan adalah hal utama yang juga perlu untuk diperhatikan. Moms harus memilih tisu basah bayi yang bebas dari kandungan alkohol.

Tips ini harus menjadi pertimbangan yang tepat terutama jika digunakan pada bayi yang baru lahir.

Cobalah untuk melihat daftar bahan-bahannya. Untuk bayi yang tidak terbiasa dengan tisu sekali pakai, Moms dapat memilih tisu hypoallergenic.

3. Hindari Tisu dengan Pewangi

memilih tisu basah

Foto: Orami Photo Stock

Kulit bayi yang baru lahir biasanya masih lembut, dan harus ditangani dengan penuh kehati-hatian agar tidak timbul ruam dan masalah kulit lainnya.

Ini juga menjadi alasan utama mengapa dalam memilih tisu basah untuk bayi, Moms harus berhati-hati dengan produk yang mengandung pewangi.

Tisu yang mengandung pewangi biasanya menggunakan campuran bahan kimia yang bisa menimbulkan masalah kesehatan untuk Si Kecil.

Jadi, para orang tua disarankan untuk memilih tisu basah tanpa aroma untuk digunakan pada bayi.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

4. Beli Tisu dengan Ketebalan yang Tepat

memilih tisu basah

Foto: hosiped.com

Tisu yang murah biasanya tipis, dan tidak memiliki daya tahan. Jadi dalam memilih tisu basah untuk bayi, disarankan untuk membeli tisu yang tebal karena akan lebih nyaman ketika digunakan dan bisa membersihkan dengan lebih baik.

5. Gunakan Tisu Khusus

memilih tisu basah

Foto: temperandtantrum.com

Tisu khusus harus Moms berikan pada bayi yang memiliki kulit yang lembut. Tisu khusus ini selalu mengandung beberapa unsur organik yang baik untuk kulit bayi.

Kita harus berhati-hati ketika memilih tisu basah bayi, terutama bila anak rentan terhadap ruam dan masalah kulit bayi lainnya.

Itu dia Moms beberapa tips yang bisa diikuti saat akan memilih tisu basah bayi. Pastikan untuk selalu memberi yang terbaik untuk buah hati ya.

Bila Moms masih bingung mencari tisu basah yang tepat, Orami menyediakan beberapa pilihan tisu basah bayi yang bisa menjadi pertimbangan. Beli tisu basah bayi di sini ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait