Parenting

6 Juli 2020

Moms, Jangan Ragu Meminta Bantuan dari Suami dan Anak!

Karena pada satu titik, Moms akan membutuhkan bantuan dari orang terkasih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms memiliki banyak peran di dalam rumah tangga. Tidak hanya sebagai istri bagi suami terkasih, tetapi juga ibu bagi Si Kecil yang tercinta.

Moms juga melakukan pekerjaan rumah tangga, memasak hidangan favorit, dan menyiapkan kebutuhan anak dan suami.

Meskipun Moms mungkin merasa sosok tangguh dan kuat yang dapat melakukan banyak hal, seorang ibu juga manusia yang terkadang membutuhkan bantuan dan support system.

Karena itu, Moms juga perlu mengetahui pentingnya meminta bantuan dan mendapatkan support system yang positif.

Baca Juga: Pentingnya Support System untuk Kesehatan Mental Moms

Support System Dibutuhkan oleh Moms

meminta bantuan-1.jpg

Foto: mother.ly

Moms perlu menyadari pentingnya pemberian support system yang positif dan baik, karena akan membantu ibu menjadi lebih nyaman, menurut psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog.

"Support system bisa memengaruhi atau membantu ibu menjadi lebih nyaman dan percaya diri, sehingga ia bisa menghargai apa yang sudah dilakukannya," jelas Rena.

Support system ini tentunya datang dari sosok terdekatnya, salah satunya dari sang suami.

"Misalnya, bagaimana suami bisa menghargai apa yang sudah dilakukan istri, bisa menenangkan hati istri, atau bisa mendukung istri dalam membantu pekerjaan rumah tangga. Sehingga, ibu merasa lebih rileks," ungkap Rena.

Selain suami, Rena menyebutkan peran anggota keluarga dan sahabat yang juga bisa menjadi support system dan memberikan dukungan, misalnya dalam bentuk informasi.

"Teman bisa memberikan support, misalnya dari pemberian informasi tepat tentang mengasuh anak, tidak memanas-manasi ibu yang bisa saja berdampak pada hubungan yang bermasalah dengan suami, anak, atau keluarga suami," kata Rena.

Karena itu, Moms perlu menjalin hubungan dengan teman yang bisa memberikan masukan positif, sehingga dapat turut membantu emosi Moms menjadi lebih stabil.

Dampak Moms Selalu Melakukan Segala Sesuatu Sendiri

meminta bantuan-2.jpg

Foto: wikimedia.org

Jika Moms bersikeras untuk tetap mengerjakan segala sesuatunya sendiri tanpa meminta bantuan, hal ini pada akhirnya akan melelahkan, dan mengganggu kestabilan emosi dalam diri sendiri.

"Seorang ibu akan merasa capek, letih, stres, dan akhirnya tertekan. Tentunya, ini tidak akan baik bagi diri sendiri karena bisa memengaruhi emosi ibu," terang Rena.

Pada akhirnya, kondisi di bawah tekanan karena jarang atau tidak pernah meminta bantuan, akan berpengaruh pada hubungan Moms ke anak, dan juga pada suami.

Baca Juga: Cukup 30 Menit, Cara Merapikan Area Dapur, Toilet, dan Kamar Tidur Tanpa Bantuan ART

Perlunya Mengubah Mindset untuk Meminta Bantuan Suami dan Anak

meminta bantuan-3.jpg

Foto: texarkanagazette.com

Mungkin ada rasa gengsi, atau tidak ingin jadi ibu yang 'gagal' karena meminta bantuan dari suami atau anak. Tetapi, pahamilah bahwa mendapatkan bantuan dari orang-orang terkasih memberikan dampak positif terhadap kondisi emosional Moms, lho.

Langkah yang dapat dilakukan adalah mengubah mindset atau pola pikir bahwa meminta bantuan bukanlah hal yang kurang baik.

"Untuk mengubah mindset, seorang ibu butuh support system yang positif. Jadi, penting mengetahui dan mengenali apakah support system ini baik atau kurang baik. Apakah teman ini memang harus dipertahankan, atau justru toxic yang memberikan pengaruh negatif sehingga perlu dihindari," jelas Rena.

Menurut Rena, tetap menjalin pertemanan dengan teman-teman toxic akan membuat diri Moms merasa tertekan, tidak puas, dan tidak bahagia.

Ketika Moms dikelilingi oleh suami, anggota keluarga, dan sahabat yang mendukung, mindset bahwa 'meminta bantuan adalah hal buruk' ini hal yang salah dan keliru. Moms pun akan sadar kalau tidak apa-apa meminta bantuan pada orang-orang terdekat dalam mengurus hal-hal rumah tangga.

Baca Juga: Keren! 7 Pasangan Selebriti Indonesia Ini Mengurus Anak tanpa Bantuan Babysitter

Cara yang Baik Meminta Bantuan pada Anak

meminta bantuan-4.jpg

Foto: apartmenttherapy.com

Tidak hanya pada suami, Moms juga bisa meminta bantuan kepada anak dalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Rena menjelaskan lebih bahwa hal ini berhubungan dengan sikap mandiri Si Kecil.

"Kemandirian ini harus diajarkan sedini mungkin. Misalnya, saat masih kecil, biasakan ketika anak meminta sesuatu dengan mengatakan langsung, atau ajari anak untuk melakukan pekerjaan seperti membereskan mainan usai dimainkan," jelas Rena.

Hal ini berdampak pada pembentukan rasa tanggung jawab dalam diri anak tersebut, bahkan ketika Si Kecil menginjak usia dewasa.

Jika anak sudah memiliki rasa tanggung jawab dan kemandirian yang baik, ia akan senang hati untuk bisa memberikan bantuan kepada ibunya.

"Anak sedini mungkin harus dibiasakan untuk mandiri, sehingga dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak akan membebani anak. Justru, anak merasa senang karena itu suatu kebutuhan baginya," tutup Rena.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait