Kesehatan

KESEHATAN
4 Januari 2021

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar, Simpel Banget!

Hilangkan bekas luka bakar yang mengganggu dengan cara alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Punyai bekas luka bakar yang memutih kadang menganggu penampilan. Apalagi kalau bekas luka bakar itu terdapat pada bagian tubuh yang kelihatan. Seperti wajah, tangan, hingga kaki.

Kalau Moms kurang merasa nyaman dengan kondisi ini, ada baiknya segera mencari cara menghilangkan bekas luka bakar yang memutih tersebut. Begini caranya!

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Luka Bakar Anak Agar Tidak Berbekas

Penyebab Luka Bakar Memutih

Perawatan Luka Bakar pada Si Kecil

Foto: Orami Photo Stock

Moms, sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas luka bakar yang memutih, seru juga jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

“Kondisi kulit yang berubah menjadi putih pada luka bakar sebetulnya merupakan jaringan ikat yang muncul akibat proses penyembuhan luka. Jaringan ikat berbeda dari kulit normal karena tidak mengandung pigmen. Ini yang membuat kulit memiliki warna yang terlihat lebih putih dari kulit di sekitarnya,” ungkap Jill S. Waibel, MD., dokter kulit di Miami Dermatology and Laser Institute.

Selain berwarna putih, ada kalanya bekas luka bakar ini terlihat berwarna merah muda dan keunguan.

Bekas luka bakar juga dapat terlihat lebih menonjol, tidak elastis, bahkan lebih keras jika dibandingkan dengan kulit normal.

Kondisi munculnya bekas luka bakar yang memutih pada kulit juga dipengaruh beberapa faktor seperti besar dan dalamnya luka, lokasi luka, usia, gender, ras, hingga faktor genetik. Jadi, hasilnya berbeda untuk tiap-tiap orang.

Lalu, seperti apa cara menghilangkan bekas luka bakar yang memutih? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 9 Rekomendasi dan Pantangan Bahan untuk Menyembuhkan Luka Bakar.

Menyamarkan Luka Bakar Memutih

712o2jfiuWL._SL1500_.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms, untuk mengetahui cara menghilangkan bekas luka bakar yang memutih jelas bukan perkara mudah.

“Bekas luka tidak akan benar-benar bisa hilang dan menjadi sama persis seperti kulit normal. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas luka bakar,” kata Dr Waibel.

Dilansir dari Indian Journal of Plastic Surgery, silicon gel sheet atau lembaran gel silikon sangat berguna untuk perawatan luka, termasuk luka bakar.

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar putih:

  • Gunakan lembaran gel silikon untuk melapisi bekas luka.
  • Suntik steroid intralesi untuk mengatasi bekas luka bakar yang besar.
  • Dermabrasi. Cara ini merupakan terapi menggunakan alat khusus yang dapat mengikis permukaan kulit di daerah bekas luka.
  • Mikrodermabrasi. Langkah ini merupakan terapi yang memanfaatkan kristal sangat halus untuk mengikis permukaan kulit pada daerah bekas luka.
  • Melakukan terapi laser untuk menyamarkan bekas luka.

Moms harus berkosultasi pada dokter untuk melakukan cara-cara di atas ya!

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Menyamarkan Luka Bakar, Gunakan Yuk!

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Memutih

minyak kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Di luar lima cara menghilangkan bekas luka bakar di atas, Moms juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Memang hasilnya tidak terlalu maksimal, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

1. Madu

Madu bersifat anti radang serta antibakteri. Menggunakannya pada luka bakar dapat membantu proses penyembuhan dan membersihkan area yang terluka.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu bisa membantu menyembuhkan luka bakar lebih cepat jika dibandingkan krim antibiotik tradisional dan kain kasa.

Mengoleskan madu secara rutin pada bekas luka bakar juga dapat menyamarkannya.

2. Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal tanaman satu ini? Lidah buaya sudah dimanfaatkan untuk pengobatan medis selama ribuan tahun. Lidah buaya juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka bakar.

Penelitian dalam jurnal The Efficacy of Aloe Vera Used for Burn Wound Healing menunjukkan bukti bahwa lidah buaya efektif dalam penyembuhan luka bakar tingkat satu hingga dua.

Dengan memanfaatkan gelnya, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar secara keseluruhan.

3. Minyak Kelapa

Moms juga dapat menyamarkan bekas luka bakar dengan menggunakan minyak kelapa.

Minyak kelapa mengandung senyawa asam lemak rantai medium, khususnya asam palmitat yang mampu memicu pelepasan kolagen.

Bahan ini dapat menghaluskan bekas luka sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Baca Juga: Perawatan Luka Bakar yang Bisa Dilakukan di Rumah Sesuai Tingkatnya

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Wajah

cara menghilangkan bekas luka bakar

Foto: indianexpress.com

Jaringan parut akibat luka bakar dapat berkisar dari perubahan tekstur kulit yang signifikan hingga penggelapan atau pencerahan pada kulit.

"Pigmen kulit biasanya berada di epidermis dan didistribusikan secara merata di antara sel-sel kulit yang memberikan warna kulit yang merata," kata Thomas Beachkofsky, dokter kulit bersertifikat, yang menjelaskan bahwa, setelah luka bakar, pigmen ini dapat terperangkap di dermis seperti tinta tato.

Menurutnya sulit bagi tubuh untuk menghilangkan pigmen kulit dari lokasi ini, dan proses ini dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk melihat perbaikan dari bekas luka bakar ringan hingga sedang, sementara luka bakar parah sering kali mengakibatkan perubahan warna permanen.

Namun untuk Moms yang memiliki luka bakar menghitam di wajah, jangan khawatir. Moms bisa mencoba cara menghilangkan bekas luka bakar yang alami.

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba di rumah saat Moms memiliki waktu luang:

4. Gunakan Kentang

Tidak hanya enak dijadikan masakan, ternyata kentang juga mengandung enzim yang disebut katekolase, yang memiliki sifat pemutih alami dan bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka bakar.

Potong kentang menjadi irisan tipis dan gosok perlahan di atas bekas luka bakar di wajah kita sebanyak tiga kali, setiap hari. Jus dari irisan juga memiliki sifat menenangkan dan anti iritasi yang dapat mengobati luka bakar ringan.

5. Buah Tomat

Tomat kaya akan potasium, kalsium, serta vitamin A dan C, yang membantu memudarkan warna hitam, melembapkan, dan menghidrasi kulit kita.

Jus ini memiliki sifat mencerahkan dan mendinginkan kulit, yang menyembuhkan dan meringankan bekas luka menghitam pada wajah.

Potong irisan tomat dan usapkan dengan lembut sebagi cara menghilangkan bekas luka bakar. Terapkan dua kali sehari.

6. Coba Biji Fenugreek

Nutrisi dan antioksidan dalam biji ini membantu menghilangkan bekas luka bakar menghitam. Rendam setengah cangkir biji fenugreek dalam air semalaman.

Di pagi hari, giling hingga menjadi pasta halus. Oleskan ini selama 30 menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan ini dua kali sehari.

7. Minyak Almond dan Jus Lemon

Minyak ini kaya akan antioksidan dan vitamin E, yang membantu menghilangkan noda. Jus lemon adalah zat pemutih alami yang dikenal untuk mencerahkan kulit.

Ambil tiga hingga empat tetes minyak almond extra virgin dalam mangkuk. Tambahkan dua-tiga tetes jus lemon ke dalamnya. Aduk rata dan pijat dengan lembut pada bekas luka di wajah Moms.

Ulangi dua kali sehari. Perlu diperhatikan, ikuti metode ini dengan ketat hanya setelah luka bakar benar-benar sembuh.

Baca Juga: Ini Manfaat Infused Water Lemon, Serta Cara Membuat dan Resepnya!

8. Teh Chamomile

Sifat antioksidan, pembersihan dan pelembab teh ini menjadikannya obat yang efektif untuk menghilangkan bekas luka luka bakar yang menghitam.

Selain bertindak sebagai pemutih kulit alami, ini membantu menyembuhkan luka ringan dan luka bakar. Setelah menyeduh daun teh kamomil dengan air panas, biarkan dingin.

Oleskan pada bekas luka/bekas dan pijat selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Cobalah cara ini sekali sehari.

Itu dia Moms beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar yang mudah dan alami yang bisa dicoba di rumah untuk menghilangkan bekas luka bakar. Cara mana yang akan Moms coba duluan?

Artikel Terkait