Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Menakjubkan.. Video Ini Menunjukkan Proses Janin Terbentuk di Dalam Rahim Hingga Siap Dilahirkan

Bagikan


Menakjubkan.. Video Ini Menunjukkan Proses Janin Terbentuk di Dalam Rahim Hingga Siap Dilahirkan

Kehamilan adalah hal yang didambakan setiap perempuan. Tapi, apakah Moms tahu seperti apa proses janin terbentuk di dalam rahim hingga siap dilahirkan di kehamilan 9 bulan?

Perkembangan penting pada janin telah terjadi bahkan sebelum Moms tahu bahwa Moms sedang mengandung. Perkembangan yang terjadi pada minggu pertama setelah pembuahan adalah pembelahan sel menghasilkan zigot yang terdiri dari 100 sampai 150 sel yang melekat pada embrio di dinding rahim. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut terus berlangsung hingga akhirnya Moms melahirkan.

Sebuah video dibawah ini menunjukkan tahapan perkembangan janin yang terjadi pada janin Moms selama 9 bulan mengandung. Mulai dari proses pembuahan hingga calon buah hati Moms siap dilahirkan. Ternyata proses yang terjadi sungguh menakjubkan dan membuat kita semakin bersyukur akan kehadiran Si Kecil dalam kehidupan kita sebagai ibu...

Simak video berikut dan rangkuman tahapan demi tahapan dibawahnya:

Proses Pembuahan

Pembuahan adalah sebuah proses dimana dari ratusan telur dan jutaan sperma, hanya ada satu yang dapat bersatu. Proses ini terjadi di tuba falopi Moms dan telur yang telah dibuahi atau kerap disebut dengan zigot. Zigot tersebut terbagi menjadi sekitar 12 -16 sel selama proses perkembangannya di dalam rahim.

Baca Juga : Tahap Kehamilan 1-40 Minggu

Trimester Pertama

Setelah pembuahan, dalam empat minggu pertama sejak pembuahan, pertumbuhan janin pada ovum dimulai dengan pengembangan sumsum tulang belakang, sistem saraf, sistem pencernaan, jantung dan paru-paru.

Lalu pada minggu ke-8, di tahap embrio, terjadi pembentukan wajah, lengan dan kaki bergerak, jantung bayi pun mulai berdetak. Pada minggu ke-12, janin tumbuh hingga 3 inci panjangnya dan beratnya 1 ons.

Trimester kedua

Selama tiga bulan pertama kehamilan, Si Kecil mulai bisa mendengar dan memiliki cengkeraman yang kuat. Pada minggu ke-16 hingga ke-20, detak jantung mulai  bisa didengar dengan stetoskop.

Si Kecil juga mulai memiliki rambut, bulu mata dan alis. Selanjutnya, memasuki minggu ke-24, panjangnya mencapai 11-14 inci dan beratnya 1- 1 1/2 pound.

Baca Juga : Membaca Gerakan Bayi dalam Perut

Trimester Ketiga

Pada minggu ke-28, Si Kecil mulai aktif, gerakan pernapasan pun baru dimulai. Tak hanya itu, tubuhnya mulai memiliki lemak, dan pada minggu ke-32,Si Kecil mulai dapat merespon suara. Terakhir, saat memasuki minggu ke-36 hingga 38 panjangnya dapat mencapai 19 inci atau lebih dan beratnya 6 pound atau lebih.

Kelahiran

Inilah saat yang paling dinanti, kelahiran Si Kecil. Kelahiran ini sendiri pun memiliki tiga tahap, tahap pertama berlangsung 12 sampai 24 jam untuk Moms pertama kali kontraksi.

Baca Juga : 7 Tanda Persalinan Makin Dekat

Kontraksi pertama, datang setiap dua sampai lima menit dan melebarkan rahim hingga sekitar 4 inci, yang memungkinkan Si Kecil bergerak dari rahim ke jalan lahir.

Tahap kedua, dimulai dengan kepala bayi bergerak melalui serviks dan jalan lahir. Kontraksi datang hampir setiap menit dan berlangsung sekitar satu menit.

Tahap kedua berakhir saat Si Kecil muncul sepenuhnya dari tubuh Moms.

Tahap ketiga kelahiran adalah saat plasenta, tali pusar dan selaput terlepas. Tahapan akhir ini hanya berlangsung beberapa menit saja.

Itulah proses yang terjadi di dalam rahim Moms selama mengandung. Melihatnya membuat kita semakin bersyukur ya atas kehamilan yang terjadi dan anugerah yang diberikan pada kita sebagai seorang ibu.

Pasti jadi langsung ingin memeluk Si Kecil, kan, Moms?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.