Rupa-rupa

18 Desember 2019

Ular Kobra Masuk ke Rumah di Musim Hujan, Begini Cara Mencegahnya

Ular kobra menyukai tempat yang hangat dan lembap
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Di musim penghujan ini, ada banyak berita mengenai adanya ular kobra masuk ke rumah. Kondisi ini terjadi di beberapa daerah seperti Bogor, Jember, Jakarta Timur, Klaten dan Yogyakarta.

Salah satunya kasusnya yaitu ditemukan 26 ekor anak ular kobra yang berkeliaran di salah satu Perumahan di Citayam, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Anak ular kobra ini bersarang di semak dan puing bangunan kosong.

Mengutip CNN.com, selain berkeliaran di semak, selokan dan tumpukan puing, beberapa kali warga juga menemukannya di dalam rumah dan Mushola.

"(Berkeliaran) mulai hari Senin selama satu pekan ditemukan terus sampai hari ini. Sudah ditemukan sekitar 26 ekor," ujar Tukiman, mengutip CNN.com.

Baca Juga: Kenali 2 Jenis Batuk di Musim Hujan yang Bisa Menyerang Si Kecil

Alasan Ular Kobra Masuk ke Rumah di Musim Hujan

ular kobra masuk ke rumah-1.jpg

Foto: scmp.com

Amir Hamidy, peneliti hewan reptil dari Pusat Penelitian Biologi LIPI menerangkan, ada dua jenis ular kobra di Indonesia.

"Kobra Sumatera atau Naja sumatrana yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan dan kobra Jawa atau Naja sputarix yang terdistribusi di Jawa, Bali, Lombok, Komodo, Rinca, Sumbawa, dan Flores," terang Amir mengutip situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Habitat ular kobra Jawa ini biasanya hidup di perbatasan hutan yang terbuka, savana, persawahan, dan pekarangan. Ular kobra memiliki panjang rata-rata 1,3 meter hingga 1,8 meter.

Sekali bertelur, induk betina ular kobra Jawa dapat menghasilkan 10-20 butir telur, yang diletakkan di lubang-lubang tanah atau di bawah daun kering yang lembap. Telur-telur ini akan menetas dalam rentang waktu 3-4 bulan.

Alasan munculnya ular kobra masuk ke rumah di musim penghujan karena periode ini merupakan waktu menetasnya telur ular kobra tersebut, dan hal ini adalah fenomena yang wajar.

"Awal musim penghujan adalah waktu menetasnya telur ular. Fenomena ini wajar, dan merupakan siklus alami," lanjut Amir.

Amir menjelaskan bahwa suhu ruangan hangat dan lembap cenderung disukai ular sebagai tempat menetaskan telur. Pada periode tertentu, induk ular kobra akan meninggalkan telurnya dan membiarkan telur tersebut menetas sendiri.

"Begitu (telur) menetas, anak kobra akan menyebar ke mana-mana," imbuhnya.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Bisa Ditularkan dari Binatang Peliharaan

Pencegahan Ular Kobra Masuk ke Rumah

ular kobra masuk ke rumah-2.jpg

Foto: abc13.com

Meskipun belum memakan korban jiwa, tetapi kejadian ditemukannya ular kobra di pemukiman warga patut mendapat perhatian penduduk. Lalu, apa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ular kobra masuk ke rumah?

Lebih lanjut, Amir menjelaskan bahwa untuk mencegah ular kobra masuk ke rumah dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rumah. Moms bisa menggunakan cairan pembersih lantai dengan aroma menyengat.

"Gunakan pembersih lantai dengan aroma yang menyegat, karena ular tidak suka dengan bau yang tajam. Selain itu, hindari juga meninggalkan sampah bekas makanan di rumah, karena sampah ini dapat mengundang tikus yang merupakan salah satu mangsa ular," jelasnya.

Terry Vandeventer, seorang herpetologis (orang yang mempelajari reptil) dari Living Reptile Museum, juga memberikan tips untuk mencegah ular kobra masuk ke rumah.

"Makanan menarik ular. Karena ular makan tikus, maka singkirkan tikus sebagai sumber makanan. Singkirkan tempat berlindung dan makanan, maka ular akan lewat begitu saja dan pergi ke rumah lain," jelas Terry mengutip Clarion Ledger.

Berikut ini tips-tips lain untuk menghindari ular kobra masuk ke rumah yang dapat diikuti.

Baca Juga: 3 Tips Melindungi Balita dari Kuman Binatang Peliharaan

1. Singkirkan Puing-puing dan Tumpukan Daun

Tumpukan daun dan puing-puing rumput lainnya tidak hanya menarik tikus, tetapi juga memberikan perlindungan bagi ular, menjadikannya tempat yang bagus bagi ular untuk bersarang.

2. Jaga Potongan Rumput

Ini mungkin menjadi hal yang mendasar, tetapi rerumputan yang tinggi menyediakan perlindungan bagi ular. Sehingga memperbesar kemungkinan ular kobra masuk ke rumah.

Karena itu, potong rumput jadi lebih pendek sehingga tidak hanya membuat ular menjauh, tetapi juga bisa lebih mudah untuk melihat karena memberikan pandangan yang luas.

3. Ambil Buah yang Jatuh

Jika Moms memiliki pekarangan dengan banyak tanaman buah-buahan. Ambil buah-buahan yang sudah siap panen dan yang terjatuh.

Buah jatuh adalah sumber makanan lain untuk tikus, dan jika tikus gemar masuk ke pekarangan rumah, ular kobra pun tertarik masuk ke rumah.

4. Singkirkan Kolam Kebun

Untuk Moms yang memelihara taman dan memiliki kolam taman, mungkin memang menyenangkan secara estetika, tetapi bisa juga menjadi masalah dan penyebab ular kobra masuk ke rumah.

Kolam taman dapat menarik katak dan hewan lain yang merupakan sumber makanan bagi ular, apalagi kolam tersebut juga dimasukkan ikan yang menjadi perhatian menarik lainnya bagi ular.

Jadi, itu dia Moms beberapa cara untuk mencegah ular kobra masuk ke rumah di musim penghujan. Tetap waspada ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait