Kesehatan

KESEHATAN
5 Februari 2020

Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini

Menopause dini dapat jadi sesuatu yang menakutkan bagi wanita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Rata-rata usia wanita mengalami menopause adalah 51 tahun, sedangkan menopause dini terjadi ketika wanita berusia di bawah 40 tahun.

Menurut studi dari Annals of Medical & Health Sciences Research, menopause dini memengaruhi setidaknya 1% wanita di bawah usia 40 tahun.

Menopause dini juga meningkatkan risiko kematian dini, penyakit neurologis, disfungsi seksual, gangguan suasana hati, osteoporosis, penyakit jantung iskemik, dan infertilitas.

Melihat banyaknya hal yang dapat terjadi karena menopause dini, bukan berarti Moms tidak mampu mendapatkan kualitas hidup yang baik.

Baca Juga: Berat Badan Naik Saat Menopause, Apa Sebabnya?

Menjaga Kesehatan Setelah Menopause Dini

Beberapa hal ini dilakukan agar tubuh Moms tetap terjaga kesehatannya setelah alami menopause dini, di antaranya:

1. Perhatikan Pola Makan

Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini-1.jpg

Foto: verywellfit

Pola makan buat wanita yang mengalami menopause dini perlu diperhatikan. Cukupkan kebutuhkan kalsium untuk menjaga tulang agar tetap kuat. Kalsium bisa ditemukan dalam produk susu, ikan dengan tulang, brokoli, dan kacang-kacangan.

Selain kalsium, pola makan sebaiknya meliputi zat besi, serat yang cukup, dan minum air mineral yang cukup setiap hari.

Zat besi bisa didapatkan dari daging merah tanpa lemak, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat bisa Moms peroleh dari roti gandum, sereal, buah-buahan segar, dan sayuran.

"Memahami pengaruh pola makan pada menopause sangatlah bermanfaat bagi mereka yang punya kencenderungan mengalami menopause dini atau punya sejarah keluarga yang punya komplikasi berkaitan dengan menopause," ujar Janet Cade, profesor Epidemiologi Nutrisi di University of Leeds, dilansir dari American Association of Retired Persons.

2. Tetap Rutin Berolahraga

Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini-2.jpg

Foto: breakingmuscles

Meskipun memasuki masa menopause, sebaiknya jangan lupakan untuk meluangkan waktu berolahraga.

Obstetrics and Gynecology Clinics of North America mengingatkan kalau olahraga dilakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan mencegah terjadinya obesitas.

Nah, olahraga yang bisa dipilih yaitu olahraga kardio dan yoga atau pilates. Terpenting adalah sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuh, ya, Moms!

Baca Juga: 4 Tanda Perimenopause yang Perlu Diketahui

3. Kelola Stres dengan Baik

Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini-3.jpg

Foto: pinterest

Stres tidak pernah memberikan manfaat untuk kesehatan, meskipun siapa saja bisa mengalaminya.

Stres bisa membawa Moms pada pikiran negatif tentang diri sendiri atau orang lain, yang berujung pada kecemasan dan masalah kesehatan bagi wanita yang mengalami menopause dini.

Belum lagi salah satu gejala menopause dini yang bisa terjadi adalah perubahan suasana hati yang terjadi begitu cepat.

Untuk itu, sebaiknya kelola tingkat stres dengan baik, caranya dengan melakukan meditasi, menuliskan momen bahagia setiap hari, dan meluangkan waktu untuk orang-orang tersayang agar tingkat stres dapat dihadapi.

4. Miliki Waktu Tidur Berkualitas

woman-bed-wearing-sleeping-mask_1303-13034.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu gejala menopause dini yang tidak dapat dihindari adalah hot flashes atau semburan panas yang bisa terjadi kapan saja.

Hal ini dapat mengganggu kenyamanan Moms ketika ingin tidur di malam hari. Padahal, waktu tidur yang berkualitas diperlukan agar tubuh selalu terjaga kesehatannya.

Sebaiknya, Moms menghindari mengonsumsi obat tidur dan pilih cara-cara aman lainnya untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas.

“Pada beberapa kasus, wanita lebih sulit tidur ketika alami menopause dan minum obat tidur. Hal ini tidak dianjurkan karena pil tidur menghambat produksi hormon,” ungkap Dr. Pansak Sugkraroek, dokter kandungan dari Thailand.

Alternatif cara yang bisa dipilih yaitu mengonsumsi teh chamomile dan rempah-rempah. Atau Moms bisa membuat suasana kamar tidur lebih terasa nyaman dengan lilin aromaterapi.

Baca Juga: Moms, Ini 12 Tanda Jelang Menopause yang Perlu Diketahui

5. Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini-5.jpg

Foto: bestlifeonline

Ada beberapa alasan mengapa Moms wajib melakukan pemeriksaan rutin setelah mengalami menopause dini.

Pertama, mengetahui lebih awal risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Kedua, memahami cara untuk meringankan gejala dari menopause dini itu sendiri.

“Ketika memasuki masa menopause, wanita harus rutin memeriksakan tekanan darah, gula darah, dan kadar lipid. Hal tersebut dapat memengaruhi risiko mereka terkena penyakit jantung,” ungkap JoAnn Pinkerton, direktur dari North American Menopause Society.

Jika terjadi masalah lainnya saat memasuki menopause dini, misalkan terasa nyeri saat berhubungan intim yang terjadi kekeringan vagina, tidak ada salahnya juga untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan Moms untuk mempertahankan kualitas hidup yang baik ke depannya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait