Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Jan 30, 2018

Mengapa Anak Perlu Diajari Berenang Sejak Dini?

Bagikan


Berolahraga ternyata tak hanya penting untuk orang dewasa, tapi juga dibutuhkan anak-anak. Ya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Griffith Institute for Educational Research and Swim Australia, menunjukkan bahwa anak-anak yang dibiasakan berenang memiliki kekuatan fisik dan kemampuan fungsi organ tubuh yang lebih baik.

Selain itu, Profesor Robyn Jorgensen selaku pemimpin penelitian tersebut juga mengungkap bahwa proses belajar menghitung dan membaca pada anak-anak tersebut juga turut meningkat setelah mereka rutin melakukan olahraga renang.

Nah, penasaran apa saja manfaat olahraga renang bagi si kecil? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

1. Menekan risiko obesitas

Masalah obesitas bukan hanya menimpa remaja atau orang dewasa saja, namun juga bayi dan anak-anak. Untuk mencegah hal ini, Moms bisa mengajarkan si kecil berenang.

Memang, olahraga air ini seperti tak menghasilkan keringat. Namun yang perlu Moms tahu, berenang merupakan salah satu olahraga yang bisa membakar banyak lemak dalam tubuh.

Selain itu, berenang juga dapat melatih sistem kardiovaskular si kecil sehingga membuat jantung dan paru-parunya lebih sehat. Berenang memacu jantung untuk memompa darah dengan normal sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah.

2. Menjaga kondisi emosi anak

Selain bermanfaat untuk kesehatan, berenang juga dapat menjaga kestabilan emosi anak. Nah, dengan aktif bergerak melalui olahraga renang, hormon yang memicu rasa tenang dan bahagia akan diproduksi sehingga emosi buah hati menjadi lebih stabil.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di Centers for Diseases Control and Prevention, Amerika, membuktikan bahwa olahraga air bisa berdampak positif untuk kesehatan mental.

Bergerak dan berpindah di dalam air bisa memberikan ketenangan dan melepaskan energi berlebih pada anak-anak. Selain itu, saat berenang tentunya si kecil akan menemukan teman dan suasana baru sehingga bisa membuatnya senang dan kembali riang.

Baca Juga : Tips Membali Baju Renang Anak, Perhatikan 4 Hal Ini

3. Melatih keseimbangan

Seperti kita ketahui, saat si kecil pertama berjalan hal yang paling sulit dilakukan adalah menjaga tubuh agar tetap seimbang sehingga mereka bisa berdiri tegak dan tak jatuh. Memberi kesempatan pada anak untuk belajar berenang akan membantunya melatih keseimbangan tubuhnya. Perbedaan ini akan terlihat jelas hingga si kecil berusia 5 tahun.

Yang lebih mengejutkan, anak yang diajari berenang sejak dini menunjukkan keunggulannya dalam kemampuan visual-motorik dibanding anak yang tak belajar berenang. Kemampuan tersebut di antaranya menggunting kertas sesuai pola, menggambar, mewarnai, dan membuat beragam bentuk.

4. Meningkatkan pertahanan dan kepercayaan diri

Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda oleh Profesor Hermundur Sigmundsson dan Profesor Brian Hipkins membandingkan 19 bayi yang sering diajak bermain ke kolam renang dengan 19 bayi yang tak pernah diajak bermain ke kolam renang.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa 19 bayi yang diajak berenang dua kali seminggu secara rutin tersebut bisa lebih aktif bergerak dan lebih sigap saat menghadapi gangguan ketika mencapai usia 5 tahun.

Baca Juga : Perhatikan 8 Hal Ini Setiap Berenang di Kolam Renang Umum

Sekarang Moms sudah tidak ragu lagi kan, mengajarkan olahraga air yang penuh manfaat ini pada buah hati tersayang? Saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan kelas berenang untuk bayi dan anak-anak.

Moms yang masih minim pengalaman bisa mengikuti kelas semacam ini karena akan memperoleh pengajaran dan pendampingan dari instruktur ahli.

Namun jika ingin melakukannya sendiri, Moms perlu menyiapkan beberapa perlengkapan renang untuk buah hati. Pertama-tama, sediakan kolam plastik kecil untuk adaptasi karena buah hati bisa jadi kaget dan panik jika tiba-tiba diajak ke kolam berukuran besar.

Selain itu, jangan lupa sediakan pelampung yang sesuai ukuran tubuh si kecil serta baju renang yang bisa melindungi tubuhnya dengan maksimal. Nah Moms and Dads, selamat berenang bersama buah hati tersayang, ya!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.