Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Mengapa Hamil Pertama Terasa Lebih Berenergi Pada Sebagian Wanita?

Bagikan


Menjalani kehamilan tentu bukan berarti menghabiskan waktu sembilan bulan hanya di tempat tidur ya, Moms. Justru, selama hamil kita harus tetap aktif berkegiatan asal tidak berlebihan.

Nah, pada sebagian ibu hamil, justru selama kehamilan mereka merasa seperti ada peningkatan energi. Mereka merasakan semangat dalam menyambut kehadiran Si Kecil nanti. Sebagian lain justru sebaliknya, merasa tubuh mudah lelah atau gampang capek.

Kenapa bisa begitu berenergi dan bersemangat? Dalam bahasa ilmiah, kondisi ini disebut dengan ‘nesting instinct’. Hal ini sangat wajah terjadi kok, meski tidak semua ibu hamil merasakannya.

Sebenarnya, nesting instinct ini bisa terjadi di sepanjang masa kehamilan. Meski begitu, sebagian mengalaminya di akhir-akhir masa kehamilan.

Perubahan hormon diduga menjadi penyebab munculnya nesting instinct ini. Moms seperti mendapatkan energi, semangat menyambut kedatangan bayi, lalu berusaha bersih-bersih rumah dan sebagainya.

Baca Juga: Ibu Hamil Jatuh, Perhatikan Tanda Bahaya Ini

Ibu Hamil Kekurangan Energi

Berkebalikan dengan nesting instinct, sebagian ibu hamil lain justru merasakan seperti kekurangan energi dan tak bersemangat selama kehamilan.

Umumnya, kondisi tidak bersemangat ini terjadi pada trimester pertama. Meski begitu, hal ini juga bisa terjadi pada trimester ketiga. Tak sedikit ibu hamil yang merasa kelelahan ketika memasuki trimester kedua.

Penyebab Rasa Lelah Saat Kehamilan

Pada trimester pertama, kekurangan energi yang dialami ibu hamil sering dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan. Hormon utama yang memengaruhi perubahan tingkat energi ini adalah progesteron.

Selain itu, peningkatan aliran darah selama kehamilan menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dianggap sebagai faktor yang berkontribusi dalam penurunan tingkat energi selama trimester pertama.

Kesehatan atau kondisi psikis dan emosional Moms juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan energi saat hamil. Stres, perubahan suasana hati, atau kecemasan, semua itu cenderung meningkat selama kehamilan. Akibatnya, dapat menyebabkan Moms merasa lelah secara mental.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 7 Bahaya Asma pada Ibu Hamil!

Cara Meningkatkan Energi Saat Hamil

Ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk membantu meningkatkan energi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Moms lakukan:

1. Tidur atau istirahat

Beri kesempatan tubuh Moms untuk tidur siang atau istirahat di saat merasakan tak bertenaga. Tidurlah lebih awal di malam hari dan jangan terlalu larut. Bila Moms sedang di tempat kerja, jadwalkan untuk istirahat sejenak, atau bila memungkinkan, tidur untuk beberapa menit.

2. Batasi kegiatan

Moms merasa lelah mungkin karena aktivitas sehari-hari terlalu melelahkan. Karena itu, coba kurangi kegiatan. Atur kembali jadwalnya, sesuaikan dengan kemampuan atau kondisi fisik Moms.

3. Atur waktu berolahraga

Melakukan olahraga membuat tubuh menjadi bugar dan fit. Tapi tetap atur olahraga hingga latihan fisik ini tak terlalu memberatkan atau berlebihan sehingga menguras energi Moms.

Jadikan olahraga sebagai rutinitas dengan frekuensi dan durasi yang disesuaikan sehingga Moms bersemangat untuk melakukannya. Namun, sebelum rutin berolahraga, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, minta saran olah fisik apa saja yang tepat buat Moms.

4. Mengonsumsi makanan yang sehat

Asupan gizi yang seimbang juga berkontribusi pada tingkat energi. Zat gizi seperti protein, zat besi dan kalori dapat meningkatkan energi Moms.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang tak menyehatkan atau makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, justru dapat mengurangi tingkat energi Moms.

Nah, semoga Moms selalu bersemangat di sepanjang kehamilan ya!

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.