Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
2 Januari 2019

Mengapa Kebiasaan Makan Malam Bersama Keluarga Penting untuk Anak?

Ternyata hal ini bermanfaat besar bagi prestasi dan kesehatan anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (ade.ryani)
Disunting oleh (ade.ryani)

Tahukah Moms, kalau tradisi atau rutinitas harian makan malam keluarga memiliki peranan sangat penting dalam membantu anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan seimbang, baik secara fisik, mental, sosial, maupun emosional?

Bahkan, sebuah studi dari The National Center on Addiction and Substance Abuse (CASA) menunjukkan bahwa rutinitas makan malam keluarga adalah cara paling sederhana tetapi paling efektif untuk membentengi anak dari pengaruh tekanan teman sebaya maupun perilaku negatif.

Mau tahu apa lagi pentingnya makan malam keluarga bagi anak, Moms?

Silakan simak penjelasan berikut.

1. Menanamkan Nilai dan Tradisi Keluarga

mengapa kebiasaan makan malam bersama keluarga penting untuk anak 1

Foto : Kidseatvegetable.com

Yang paling menyenangkan dari makan malam keluarga adalah berkumpul bersama sambil berbagi cerita tentang berbagai hal menarik yang dialami setiap angota keluarga pada hari itu, termasuk anak.

Itulah kenapa suasana hangat dan santai selama makan malam bukan hanya akan mempererat hubungan keluarga, tapi juga memudahkan Moms dan Dads untuk menanamkan serta menguatkan nilai dan tradisi keluarga.

Baca Juga : Lapar di Malam Hari? Ini Makanan yang Sebaiknya Kita Konsumsi

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

mengapa kebiasaan makan malam bersama keluarga penting untuk anak 2

Foto : Gbpi.org

Agar anak terlindung dari resiko depresi maupun penyalahgunaan narkoba di masa depan, sebaiknya mulai jadikan makan malam keluarga sebagai rutinitas keseharian ya, Moms.

Dalam studi yang dilansir oleh jurnal Pediatrics, ditemukan bahwa anak yang rutin makan malam keluarga memiliki resiko yang jauh lebih rendah untuk mengalami depresi maupun penyalahgunaan narkoba di masa depan.

Ternyata ini karena komunikasi dan interaksi positif selama makan malam keluarga membantu anak tumbuh menjadi lebih percaya diri, memiliki identitas diri yang lebih kuat, serta merasa aman, terlindungi, dan dicintai.

Baca Juga : Bolehkah Membiarkan Anak Makan Junk Food?

3. Prestasi Akademis yang Lebih Baik

mengapa kebiasaan makan malam bersama keluarga penting untuk anak 3

Romper.com

Rangkaian studi yang dilakukan oleh CASA juga menunjukkan bahwa anak yang makan malam keluarga sebanyak 5 hingga 7 hari dalam seminggu memiliki prestasi akademis yang jauh lebih baik ketimbang anak yang frekuensi makan bersama keluarga kurang dari 3 hari dalam seminggu.

Walau terlihat tidak berhubungan, ternyata ini alasannya:

  • Mendengarkan orang tua yang mengobrol akan menambah kosakata anak dan membantunya membaca lebih baik.
  • Anak yang merasa aman mengekspresikan ide dan pemikiran mereka saat makan malam keluarga akan lebih percaya diri saat berpendapat di kelas.
  • Saat makan malam keluarga, Moms dan Dads bisa menanyakan soal pekerjaan rumah, jadwal ujian, serta berbagai kesulitan yang dihadapi anak di sekolah.
  • Memberikan motivasi dan bantuan yang berkaitan dengan sekolah, seperti cara memberikan presentasi, menjawab soal dengan teliti, maupun cara meningkatkan fokus belajar.

Baca Juga : 6 Restoran Outdoor yang Cocok untuk Si Kecil

4. Kesehatan Fisik yang Lebih Baik

mengapa kebiasaan makan malam bersama keluarga penting untuk anak 4

Foto : Romper.com

Saat makan malam keluarga, anak juga cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan rumahan yang dapat membantunya tumbuh sehat dan kuat lho, Moms.

Selain kaya akan kalsium, serat, vitamin, dan zat besi, makanan rumahan yang mayoritas terbuat dari bahan makanan alami juga biasanya tidak mengandung terlalu banyak lemak dan gula.

Yang tidak kalah penting, berkumpul untuk makan malam bersama dapat dimanfaatkan Moms dan Dads untuk memberikan contoh pola makan yang baik bagi anak, sehingga dia terhindar dari resiko obesitas maupun kurang gizi di masa depan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Kursi Makan Anak yang Aman

5. Belajar Keterampilan Hidup

mengapa kebiasaan makan malam bersama keluarga penting untuk anak 5

Foto : Appetitetoplay.com

Selain itu, pentingnya makan malam keluarga bagi anak adalah untuk melatih keterampilan hidup serta belajar berbagai hal yang tidak diajarkan di sekolah, seperti:

  • Mengembangkan kosakata dan kemampuan bahasa.
  • Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara sehat.
  • Keterampilan sosial, seperti mendengarkan, bergantian berbicara, membaca mimik wajah dan bahasa tubuh lawan bicara.
  • Table manner.
  • Melatih kesabaran dan keterampilan motorik halus saat menggunakan peralatan makan.

Yang penting untuk dicatat, semua manfaat makan malam keluarga baru akan terasa bila dilakukan tanpa adanya gangguan gadget maupun peralatan elektronik lain ya, Moms.

Jadi penasaran, seperti apa, sih, kebiasaan makan malam keluarga Moms di rumah?

(WA)

Sumber : webmd.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait