Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Mengatasi Heartburn dan 3 Manfaat Lain Madu untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagikan


Sejak dahulu kala, madu telah dipercaya memiliki berbagai manfaat. Madu memang memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan seperti glukosa, fruktosa, dan mineral seperti zat besi, kalsium, fosfat, sodium klorin, magnesium, serta kalium.

Ternyata madu juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, lho. Apa saja ya manfaatnya?

1. Mengatasi heartburn

Heartburn adalah suatu hal yang sangat umum terjadi pada wanita hamil. Hal ini terkait dengan perubahan hormon dalam tubuh selama masa kehamilan. Heartburn sendiri terjadi ketika asam yang telah berada dalam perut menuju kerongkongan.

Mengalami gangguan ini akan sangat menyebalkan sebab heartburn dapat membuat wanita hamil kehilangan selera makan. Oleh karena itu, mengatasi gangguan ini menjadi penting agar wanita hamil tetap mendapatkan asupan nutrisi.

Memang, terdapat beberapa pilihan obat kimia yang tersedia di apotek. Namun, apabila Moms memilih menggunakan bahan-bahan alami, madu adalah jawabannya. Untuk menyembuhkan heartburn, Moms hanya perlu mencampurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas susu. Kemudian minumlah ramuan ini ketika merasakan gejala heartburn.

Baca juga: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Mitos Atau Fakta?

2. Demam selama kehamilan

Selama masa kehamilan, seorang wanita biasanya akan mudah terkena serangan demam. Hal ini terjadi karena ketika hamil, sistem imun seorang wanita akan sedikit menurun dan selaput lendir menjadi bengkak.

Hal ini akan semakin menyulitkan seorang wanita hamil untuk sembuh dari demam. Jika terjadi pada Moms, madu dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Cukup campurkan madu dengan teh dan air lemon. Campuran ini terbukti ampuh mengusir demam.

3. Mengatasi batuk

Batuk di kala hamil dapat menjadi gangguan yang sangat tidak menyenangkan. Ketika hal ini terjadi, seorang wanita hamil harus mengatasinya dengan hati-hati. Hal ini berarti Moms tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat batuk.

Oleh karena itu, madu dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan. Campur sejumput bawang putih dengan madu. Kemudian taruh dalam sebuah gelas, tutup rapat, dan biarkan selama 24 jam. Setelah siap, Moms dapat mengonsumsi satu sendok makan ramuan tersebut untuk mengurangi batuk.

Baca juga: Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Ibu Hamil

4. Mengatasi morning sickness

Morning sickness adalah sesuatu yang umum dialami seorang wanita hamil. Menurut sebuah penelitian, sekitar 70% wanita hamil mengalami mual dan muntah ketika mereka berada dalam trimester pertama kehamilan.

Pada kasus yang ekstrem, morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, kekurangan nutrisi, dan komplikasi pada calon ibu dan janin. Oleh karena itu, mengatasi morning sickness menjadi sangat penting.

Jika Moms lebih memilih pengobatan natural, madu dapat dijadikan salah satu obat dari gangguan ini. Caranya mudah, yakni dengan mencampur madu dengan teh jahe. Dengan meminumnya, morning sickness akan berkurang secara signifikan.

Jadi, apakah Moms mau mengonsumsi madu mulai sekarang?

(BILNA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.