Balita dan Anak

22 Februari 2020

4 Cara Mengatasi Kebiasaan Mengompol Anak TK

Biasakan ajak anak ke toilet sebelum tidur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengompol merupakan salah satu masalah umum yang sering kita temui terjadi pada anak-anak. Kebiasaan mengompol ini biasanya akan Moms temui pada Si Kecil yang masih balita hingga usia masuk Taman Kanak-Kanak (TK).

Juga merupakan hal yang wajar jika Moms dan Dads khawatir Si Kecil terus-menerus mengompol. Berbagai cara pasti dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada anak ini.

Baca Juga: Bagaimana Jika Anak Masih Ngompol di Usia 5 Tahun?

Mengatasi Kebiasaan Mengompol pada Anak

Lalu bagaimana cara efektif agar anak, terutama yang sudah mulai bersekolah, bisa berhenti mengompol? Berikut ini beberapa tips yang bisa Moms dan Dads ikuti.

1. Biasakan Anak untuk Buang Air Kecil Sebelum Tidur

mengatasi anak mengompol

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama untuk mengatasi kebiasaan mengompol pada anak yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membiasakan Si Kecil untuk buang air kecil sebelum tidur.

Sebelum tidur, Moms harus memberikan Si Kecil minum air putih, biasanya bisa dilakukan sehabis makan malam. Setelahnya lakukan lagi beberapa saat kemudian. Jika sudah mendekati jam tidur anak, setidaknya 30 menit sebelum tidur, ajak Si Kecil ke toilet untuk mengosongkan kantung kemihnya. Dengan begitu anak bisa tidur nyenyak.

Baca Juga: Jangan Dipaksakan, Ternyata Inilah Usia yang Tepat Bayi Mulai Belajar Toilet Training

2. Hindari Minuman yang Merangsang Kencing

mengatasi anak mengompol

Foto: Orami Photo Stock

Meski disarankan untuk memberikan anak minum, agar anak bisa buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur, Moms tetap harus menghindari minuman yang dapat merangsang anak untuk kencing.

Hindari memberikan anak minuman pemicu kencing seperti cokelat hangat, susu coklat, dan teh sebelum tidur.

Berbagai minuman tersebut merupakan minuman berkafein, di mana kafein mengandung diuretik yang bisa memicu tubuh untuk buang air kecil.

3. Bantu Anak Agar Bisa Tidur dengan Nyaman

mengatasi anak mengompol

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun Moms telah mengajak anak ke toilet sebelum ia tidur, masih mungkin bagi Si Kecil untuk mengompol di malam hari. Solusinya, coba gunakan penutup kasur anti air dan siapkan seprei dan pakaian tidur yang bersih jika diperlukan.

Baca Juga: Sebelum Tidur, Lakukan 4 Aktivitas Mendidik dan Menyenangkan Ini untuk Balita

4. Bicarakan dengan Dokter Anak

mengatasi anak mengompol

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa anak Kecil bisanya bisa ditolong dengan menggunakan obat. Langkah untuk menghilangkan kebiasaan mengompol ini biasanya menjadi solusi terakhir, namun perlu dengan pantauan dokter anak.

Sebelum memberikan Si Kecil obat, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter, obat apa yang tepat untuk diberikan. Jika sudah, Moms tinggal menunggu hasil dari penggunaan beberapa kali obat tersebut.

Itu dia beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengobati kebiasaan mengompol pada anak. Selamat mencoba!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait