2-3 tahun

2-3 TAHUN
6 Februari 2020

3 Cara Mengatasi Ketombe pada Anak Secara Efektif Menurut Dokter Anak

Ketombe tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketombe dapat terjadi pada anak-anak, karena itu, Moms perlu tahu bagaimana cara mengatasi ketombe pada anak yang dapat dilakukan.

Pembahasan tentang ketombe mungkin tidak dilakukan oleh banyak orang, mungkin karena alasan kepercayaan diri. Tetapi, ketombe adalah kondisi yang wajar terjadi lho, Moms.

Dalam Journal of Clinical and Investigative Dermatology, disebutkan bahwa ketombe terjadi di kulit kepala, dan membuat kulit gatal dan mengelupas tanpa terlihat peradangan pada kulit.

"Meski terlihat sangat kotor, sebenarnya ketombe adalah hal yang normal. Seluruh sel-sel kulit mati pada tubuh mengelupas dan tidak ada yang benar-benar memerhatikan, tetapi pada rambut lebih mudah dilihat," jelas dokter anak Dr. Cindy Gellner mengutip University of Utah Health.

Jika Moms ingin mengatasi ketombe pada anak, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Cradle Cap pada Bayi

Cara Mengatasi Ketombe pada Anak

cara mengatasi ketombe pada anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, Dr. Cindy mengatakan bahwa meskipun ketombe tidak menular, tetapi cenderung terjadi dalam satu keluarga. Karena itu, Moms memerlukan langkah perawatan yang tepat untuk mengatasi ketombe Si Kecil.

1. Sikat Rambut Sebelum Dicuci

"Kunci untuk memerangi ketombe adalah menghilangkan serpihannya secepat mungkin. Sikat rambut anak sebelum rambutnya dicuci untuk mengurangi serpihan kulit mati, kemudian cuci rambut anak Anda," terang Dr. Cindy.

Penggunaan sampo biasa dapat bekerja dengan efektif sebagai cara mengatasi ketombe pada anak, jika Moms rutin menyikat rambut anak dan mencucinya setiap hari.

2. Gunakan Sampo Obat Anti-Ketombe

Jika kulit kepala anak merah, iritasi, atau serpihan ketombenya berminyak, maka Moms lebih baik menggunakan sampo obat dengan formula anti-ketombe. Pilih sampo yang mengandung selenium sulfida.

Sampo obat anti-ketombe tidak hanya membantu menghilangkan ketombe pada anak, tetapi juga mengurangi peluruhan sel-sel kulit kepala yang mati.

"Untuk sampo ini, lebih baik digunakan dengan sangat berhati-hati agar cairan sampo tersebut tidak masuk ke mata anak Anda," jelas Dr. Cindy.

Penggunaan sampo obat anti-ketombe juga sedikit berbeda dengan menggunakan sampo biasa. Ketika sampo diusapkan ke rambut Si Kecil, tunggu tiga menit dan kemudian bilas sampai bersih.

"Anda dapat melakukannya tiga hari berturut-turut dan kemudian menggunakan sampo biasa yang bukan anti-ketombe di hari-hari selanjutnya," tambah Dr. Cindy.

3. Berkonsultasi ke Dokter Kulit

Dr. Cindy menambahkan, bila kiat-kiat ini masih tidak bisa membantu mengatasi ketombe pada anak agar tetap terkendali, Moms dapat berkonsultasi ke dokter kulit.

"Minta dokter anak Anda untuk merujuk ke dokter kulit. Para dokter ini membantu mengatasi penyakit kulit dan rambut, dan seringkali punya trik lain untuk membantu menghentikan ketombe pada anak," kata Dr. Cindy.

Baca Juga: Mengenal 9 Jenis Sampo dan Manfaatnya untuk Rambut

Gejala Ketombe pada Anak

cara mengatasi ketombe pada anak-2.jpg

Foto: welcomb.com

Untuk memastikan bila Si Kecil memiliki ketombe, ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan.

Mengutip Raising Children Network, jika Si Kecil memiliki ketombe, ia mungkin merasakan kulit kepala yang sangat kering atau gatal. Selain itu, akan terlihat banyak serpihan putih kecil yang merupakan sel kulit mati.

Tanda-tanda ketombe lainnya termasuk berikut ini:

  • Kulit kering dan bersisik
  • Kulit kering pada wajah, dahi, telinga, atau alis
  • Kulit terkelupas di daerah dada atau bagian tubuh lain yang punya rambut
  • Kulit berminyak di kulit kepala atau bagian tubuh lainnya
  • Kemerahan ringan di daerah yang memiliki ketombe
  • Kerontokan rambut sementara

Baca Juga: 4 Kriteria Sampo Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

Nah, itu dia Moms beberapa cara mengatasi ketombe pada anak yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait