Tren

16 Februari 2019

Mengantuk Saat Bekerja? Ini 4 Trik Mengatasinya Agar Kembali Segar

Lakukan cara-cara ini agar bebas kantuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika kita sudah jenuh bekerja selama beberapa jam, wajar jika kita mengantuk atau bosan. Rasa kantuk ini tentunya dapat menghambat kreativitas dan kinerja otak.

Menurut penelitian secara ilmiah, istirahat singkat di kantor dapat memacu kreativitas, meningkatkan fokus, dan juga produktivitas. Agar tetap segar, ini beberapa trik mengatasi rasa mengantuk saat bekerja!

1. Berjalan Sejenak

1 tuk

Moms tentunya akan mengantuk jika berdiam diri di satu tempat secara terus-menerus. Makanya beranjak dari kursi dan berjalan-jalanlah sejenak.

Robert Thayer, PhD, profesor di California State University pernah melakukan penelitian bahwa orang akan kembali berenergi setelah berjalan singkat selama 10 menit. Hal ini dikarenakan berjalan akan memompa oksigen ke aliran darah, otak, dan otot.

Baca Juga: Suntuk? Ini 5 Cara Mudah Mengatasi Jenuh di Kantor!

2. Mengobrol

2 tuk

Ketika Moms sudah hampir tertidur, segeralah ajak teman kantor untuk mengobrol.

Jangan membatasi topik pembicaraan, berbincanglah tentang film yang sedang tayang, gagasan yang sedang Moms pikirkan, atau bahkan tentang politik.

“Berbicaralah pada rekan kerja mengenai ide bisnis atau politik. Obrolan tentang politik adalah stimulasi yang paling kuat,” ujar Dr. Krakow Barry MD, medical director di Maimonides Sleep Arts and Sciences.

3. Power Nap

3 tuk

Ada kalanya, Moms tidak perlu melawan rasa kantuk yang datang dan lakukanlah power nap.

Power nap ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja, lho.

Power nap cukup dilakukan selama 20 menit sebelum pukul 2 siang.

Pilih tempat yang sunyi, tenang, dan redup. Asyiknya, saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan ruangan untuk tidur siang.

“Kalau tidak memungkinkan untuk tidur siang, cukup istirahatkan mata dengan cara menutupnya selama 10 menit,” tutur llison T. Siebern, PhD dari Stanford University Sleep Medicine Center.

Baca Juga: Agar Wawancara Kerja Sukses, Kenakan 5 Warna Pakaian Ini

4. Ngemil

4 tuk

Untuk menyegarkan mata dan tubuh secara instan, tidak ada salahnya untuk ngemil Moms!

Moms bisa menyeduh kopi atau teh, atau bisa juga berjalan ke coffee shop dekat kantor.

Untuk camilan, pilih snack yang tidak membuat gemuk ya, seperti biskuit dengan selai kacang, yogurt, kacang, atau buah-buahan.

Pastikan Moms juga sesekali melihat ke pemandangan lain selain layar ya. Melihat dedaunan hijau bisa membuat mata lebih rileks dan membantu pikiran kembali segar.

Istirahatkan mata selama 1 jam sekali untuk mencegah kantuk dan lelah. Selamat mencoba!

(INT)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait