Trimester 2

TRIMESTER 2
13 April 2020

4 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Jangan abaikan kondisi nyeri punggung saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Banyak perubahan yang terjadi pada Moms saat tengah mengandung, salah satunya perubahan fisik yaitu ukuran perut yang membesar dan berat badan bertambah. Hal ini ternyata dapat berdampak pada munculnya nyeri punggung saat kehamilan.

Tidak hanya itu, ternyata postur tubuh yang berubah dan hormon yang merilekskan ligamen pada sendi panggul juga dapat menyebabkan nyeri punggung saat kehamilan.

Nyeri punggung saat kehamilan memang kondisi yang umum terjadi dan biasanya bukan merupakan tanda bahaya bagi ibu hamil dan bayi.

Namun, tentunya nyeri punggung membuat rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas jika dibiarkan begitu saja. Jadi, sebaiknya ketahui cara untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil.

Baca Juga: Akupunktur untuk Meringankan Nyeri Punggung saat Hamil, Apakah Aman?

Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Penyebab utama nyeri punggung saat hamil karena otot-otot yang tegang dan rahim yang menjadi lebih berat.

Menurut studi dari American College of Obstetricians and Gynecologists, cara untuk menangani nyeri punggung tersebut agar tidak semakin parah, yaitu:

1. Perhatikan Postur Tubuh yang Tepat

X Cara Atasi Nyeri Punggung saat Hamil-1.jpg

Foto: lifehacks.io

Ketika hamil, pusat gravitasi tubuh bergeser ke depan. Untuk menghindari sakit punggung selama kehamilan, biasakan memiliki postur tubuh yang tepat.

Hal ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot di punggung bagian bawah dan berkontribusi pada sakit punggung selama kehamilan.

Postur tubuh yang tepat selama kehamilan adalah berdiri tegak dan tinggi, jaga bahu agar selalu rileks, hindari mengunci area lutut.

Ketika harus berdiri dalam waktu yang lama, sebaiknya berikan waktu untuk istirahat pada kaki.

Ingat Moms, postur duduk yang baik juga penting. Pilih kursi yang menopang punggung atau letakkan bantal kecil di belakang punggung.

2. Penggunaan Sepatu yang Tepat

X Cara Atasi Nyeri Punggung saat Hamil-2.jpg

Foto: momtricks

Tentunya bagi ibu hamil harus memerhatikan kenyamanan alas kaki yang digunakan. Kenakan sepatu dengan dukungan lengkung yang baik.

Sepatu flat biasanya memberikan sedikit lengkungan dan sepatu hak tinggi dapat membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Jadi, pilih sepatu yang tepat agar kaki juga mudah letih untuk berjalan.

Baca Juga: Apakah Aman Pijat Prenatal Untuk Nyeri Punggung Saat Hamil?

3. Posisi Tidur yang Menyamping

X Cara Atasi Nyeri Punggung saat Hamil-3.jpg

Foto: myhealthonline

Sebaiknya ibu yang sedang hamil tidur menyamping dan bukan telentang. Perhatikan juga posisi tidur, sebaiknya biarkan satu atau kedua lutut ditekuk.

Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan bantal penopang di antara kedua lutut, di bawah perut, dan di belakang punggung.

Pastikan pula bahwa kasur tempat Moms tidur adalah kasur yang kokoh. Kasur yang kokoh dapat memberikan menjaga kesehatan punggung.

4. Hindari Membungkuk

X Cara Atasi Nyeri Punggung saat Hamil-4.jpg

Foto: momjunction

Hal yang satu ini bisa saja Moms lakukan tanpa disadari. Sebaiknya hindari membungkuk dari pinggang untuk mengambil sesuatu.

Jika harus mengambil barang yang terjatuh, sebaiknya berjongkok perlahan, tekuk lutut, dan jaga punggung agar tetap lurus untuk menghindari nyeri punggung saat hamil.

Waspada pada Nyeri Punggung Saat Hamil

X Cara Atasi Nyeri Punggung saat Hamil-5.jpg

Foto: babycentre

Moms, nyeri punggung saat hamil memang kondisi yang umum terjadi.

Namun sebaiknya, waspada pada beberapa kondisi ini dan sebaiknya segera minta pertolongan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Salah satunya kondisi yang ditandai dengan nyeri punggung saat hamil adalah kelahiran prematur.

“Waspada ketika nyeri punggung saat hamil terjadi dibarengi dengan perdarahan pada vagina dan sensasi kram perut yang digambarkan ‘rahim yang mengencang’. Hal ini dapat mengindikasikan masalah plasenta atau ketuban pecah dini,” ujar Dr. Damla Karsan Dryden, dokter kandungan dari Texas Children’s Pavilion for Women.

Baca Juga: Bumil Harus Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Selain itu, apabila nyeri punggung menyebar ke area tubuh yang lain bahkan hingga sebabkan mati rasa, sebaiknya segera temui dokter agar mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Artikel Terkait