Newborn

17 Februari 2020

7 Terapi Fisik untuk Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Membuat bayi tengkurap bisa membantu mengeluarkan gas dalam perutnya lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendapati Si Kecil terus menangis kesakitan dengan kondisi perut kembung? Jika iya, Moms tentu akan panik dan kebingungan bagaimana cara mengatasi perut kembung yang dialami Si Kecil.

Moms, perut kembung pada bayi bisa terjadi karena beberapa hal. Bahkan dengan pemberian makanan yang sesuai, bayi mungkin masih merasa tidak nyaman karena ada udara yang terperangkap dalam tubuh yang terkadang menyebabkan cegukan.

Terapi Fisik untuk Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Langkah pertama yang Moms lakukan mungkin membalurkan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh dan membuat gas yang terperangkap keluar. Selain itu, Moms juga bisa melakukan terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

Ada beberapa terapi fisik sederhana yang bisa Moms lakukan untuk membantu mengeluarkan udara berlebih pada bayi setelah sekitar 30 menit setelah menyusui atau saat timbul gejala. Seperti apa? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Merawat Bayi yang Mengalami Perut Kembung

1. Menggendong Bayi dengan Posisi Football Hold

football-hold_1000px_grande_happiestbaby.jpg

Foto: happiestbaby.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah mengendong bayi dengan posisi football hold. Moms bisa melakukan football hold pada bayi dengan menggendong bayi dalam posisi tengkurap. Posisi ini membantu meredakan perut kembung pada bayi.

Pertama, angkat bayi dalam posisi tengkurap dengan perut menempel di lengan. Posisi kaki mengangkang di pergelangan tangan. Moms bisa meletakkan dagu bayi agar beristirahat di dekat siku tangan.

Menggendong bayi dengan posisi ini membantu memberikan tekanan pada perut Si Kecil sehingga dapat membantu menenangkan dan melepaskan udara. Gerakan menggosok punggung bayi dengan lembut bisa memberikan tekanan tambahan pada perut bayi.

2. Membuat Bayi Tengkurap

freepik8.jpg

foto: freepik.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah membuat bayi tengkurap. Memposisikan bayi tengkurap menjadi salah satu terapi fisik ketika bayi mengalami perut kembung. Moms bisa meletakkan bayi dalam posisi tengkurap sambil mengamati bayi.

Dengan posisi tengkurap, perut bayi akan mendapat tekanan lembut sehingga membantu mendorong keluar udara yang yang menyebabkan perut kembung. Posisi tengkurap pada bayi juga membantu untuk mengembangkan kekuatan badan, lengan, dan leher bayi.

American Academy of Pediatrics juga menyarankan posisi ini untuk mengeluarkan gas dari bayi Moms. Posisi tengkurap atau tummy time ini tidak hanya dapat membantu menjaga kepalanya agar tidak rata sambil memperkuat tubuh bagian atasnya, tetapi dapat memberikan banyak tekanan pada gas yang berada dalam perut agar bergerak ke jalan keluar.

3. Pijat Perut Bayi

Photo by Khoa Pham on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/Khoa Pham

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah memijat perut bayi. Moms bisa membantu meredakan perut kembung pada bayi dengan melakukan pemijatan perut. Bayi diposisikan dalam keadaan berbaring secara telentang.

Kemudian, Moms bisa menggosok perut bayi dengan lembut dengan gerakan searah jarum jam sampai ke arah bawah lekuk perut bayi. Moms bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali untuk membantu melepaskan udara berlebih pada perut bayi yang membuat perut kembung.

Baca Juga: Hindari 5 Penyebab Perut Bayi Kembung

4. Menggerakan Kaki Bayi seperti Mengayuh Sepeda

freepik1.jpg

foto: freepik.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah menggerakan kaki bayi seperti mengayuh sepeda. Gerakan kaki mengayuh sepeda ternyata mampu membantu bayi melepaskan udara berlebih saat bayi mengalami perut kembung.

Moms bisa melakukannya dengan membaringkan bayi dalam keadaan telentang. Dengan perlahan-lahan, Moms menggerakkan kedua kaki melingkar ke depan dan ke belakang, seperti kaki yang sedang mengayuh sepeda.

Gerakan kaki yang melingkar akan menyebabkan gerakan di usus, yang dapat membantu melepaskan udara berlebih yang terperangkap di perut.

5. Menggendong Bayi dalam Posisi Tegak

freepik13.jpg

foto: freepik.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah menggendong bayi dengan posisi tegak. Moms bisa memperhatikan jika bayi dalam keadaan berbaring, udara dalam perut bayi tidak akan mudah keluar.

Untuk membantu bayi mengeluarkan udara berlebih penyebab perut kembung, Moms bisa menggendong bayi dengan posisi tegak. Dengan begitu, membantu udara turun ke bawah.

6. Memakaikan Gendongan Bayi

baby sling feepik.jpg

foto: freepik.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah memakaikan gendongan bayi. Menggendong bayi dengan gendongan juga salah satu cara meredakan sakit kembung bayi.

Tapi Moms harus memastikan bayi berada dalam posisi nyaman dan mampu menggerakkan kepalanya dan bernapas dengan bebas saat berada dalam gendongan.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Mengurangi Perut Kembung pada Bayi

7. Mengisap Dot

pacifier freepik.jpg

foto: freepik.com

Terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah mengisap dot. Beberapa bayi bisa menjadi lebih tenang ketika mengisap dot.

Tetapi mengisap dot dengan keras dapat membuat bayi mengisap udara dan memperparah perut kembung. Pastikan ya Moms, ketika mengisap dot, bayi tidak dalam keadaan lapar.

Nah, itulah beberapa terapi fisik untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Mudah dan terbukti efektif. Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait