2-3 tahun

9 Februari 2020

3 Tips Mengatasi Rasa Cemburu Balita terhadap Adik Barunya, Layak Dicoba!

Moms, ini beberapa cara menghadapi balita cemburu kepada adik bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyambut kehadiran anak kedua membutuhkan proses adaptasi tersendiri, baik bagi orang tua maupun bagi Si Sulung. Terutama bila ia masih balita. Bukan suatu hal yang aneh bila nantinya balita cemburu kepada adik bayi.

Kekhawatiran akan balita cemburu kepada adik bayi ini kerap menjadi persoalan tersendiri bagi orang tua. Meski Moms dan Dads sudah berusaha mengantisipasinya sejak jauh-jauh hari, misalnya dengan memberi tahu tentang bayi dan melibatkan Si Sulung dalam berbagai persiapan melahirkan, sikap balita cemburu kepada adik tetap saja bisa muncul.

Apalagi, mendekati tanggal persalinan, orang tua, terutama Moms, biasanya makin fokus pada segala persiapan untuk menyambut kehadiran Si Adik.

Menurut Val Mullally, pakar parenting dan penulis buku Baby and Toddler on Board – Mindful Parenting When a New Baby Joins the Family, Moms akan kelelahan dan kewalahan dengan kondisi tubuh yang makin membesar dan tidak nyaman, sehingga perhatian kepada Si Sulung bisa jadi berkurang.

Baca Juga: Anak Cemburu dengan Adik Barunya, Ini 9 Cara Mengatasinya

Tanda Balita Cemburu kepada Adik Barunya

7-Things-to-Remember-in-Juggling-A-Toddler-And-A-Newborn-4.jpg

Foto: Stay at Home Mum

Dikutip dari situs Baby Center, sebenarnya anak balita belum mampu memahami konsep cemburu. Namun, ia akan melakukan tindakan tertentu untuk mendapatkan perhatian Moms karena ia melihat Moms terlalu banyak memperhatikan bayi baru dalam kehidupan keluarganya.

Berikut beberapa tanda sikap balita cemburu kepada adik bayi:

  • Balita makin menempel pada Moms, padahal biasanya ia sudah lebih mandiri
  • Balita minta menyusui lagi, padahal ia sudah disapih
  • Balita minta digendong, padahal biasanya ia bisa jalan sendiri
  • Balita mengganggu Moms saat sedang menyusui bayi
  • Balita mencubit adiknya

Baca Juga: Cara Memberi Tahu Anak Tentang Kehamilan Kedua agar Bisa Menyambut Adik Baru

Tips Mengatasi Balita Cemburu kepada Adik Barunya

Moms bisa jadi kesal melihat perilaku Si Sulung yang membuat Moms makin kewalahan. Alih-alih mengomeli Si Kecil, coba praktikkan tips berikut untuk mengatasi sikap balita cemburu kepada adik bayi.

1. Berempati Terhadap Perasaan Si Sulung

gettyimages-509640236_web.jpg

Foto: Getty Images

Tunjukkan kepada Si Kecil bahwa Moms memahami apa yang sedang ia rasakan.

Moms bisa berkata, misalnya, “Mama tahu Kakak sekarang sedang belajar jadi kakak. Mama akan bantu Kakak supaya jadi kakak yang paling hebat, ya.” atau “Waktu kecil dulu, Mama juga bingung pas ada adik baru dan harus jadi kakak. Tenang ya, Kak, Mama akan bantu Kakak supaya bisa jadi kakak yang paling baik.”

2. Sisihkan Waktu Khusus untuk Si Sulung

mom-and-child.jpg

Foto: Recipe Calendar

Mengurus bayi baru lahir memang akan menguras sebagian besar tenaga dan waktu Moms. Bila memungkinkan, tiap hari sisihkan sedikit waktu khusus untuk Si Sulung.

Misalnya, Moms menemaninya makan di pagi hari, memandikan dan menemaninya mengenakan baju, atau membacakan sebuah cerita menjelang ia tidur siang atau malam. Sekitar 10-20 menit saja sudah sangat berarti, Moms.

Menurut American Academy of Pediatrics, kehadiran adik baru juga bisa memberikan peluang Si Sulung untuk lebih dekat dengan Dads. Selain mereka jadi makin akrab, Moms juga jadi punya waktu untuk berkonsentrasi kepada Si Kecil yang baru lahir.

Baca Juga: Menyiapkan Anak untuk Kelahiran Adik Baru

3. Libatkan Si Sulung

BabiesToddlers-B.jpg

Foto: Durham

Alasan balita cemburu kepada adik barunya adalah Moms dan Dads memberikan perhatian yang sangat banyak kepada Si Bayi. Psikolog anak Dr Amanda Gummer menyarankan orang tua melibatkan Si Sulung dalam mengurus bayi.

Bikin Si Sulung merasa dirinya mempunyai peran penting dalam mengurus adiknya. Misalnya, Moms bisa meminta Si Sulung memilihkan baju bagi adiknya, “membantu” Moms memandikan bayi, atau menyanyikan lagu agar bayi berhenti menangis.

Contoh lain adalah Moms dapat mengajak Si Sulung duduk di dekat Moms saat Moms sedang menyusui bayi, sehingga balita tidak merasa dilupakan.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa cemburu balita kepada adik barunya. Selamat mencoba!

(AN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait