Bayi

24 Januari 2020

Ruam di Leher Bayi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tersembunyi dalam lipatan leher bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Simak penjelasan tentang ruam di kulit bayi ini yuk, Moms. Ruam sering terjadi pada bayi baru lahir. Selama beberapa minggu pertama kehidupan, bayi yang baru lahir dapat mengalami berbagai masalah kulit dermatologis, yang sebagian besar tidak bermasalah dan hanya bersifat sementara.

Salah satu jenis ruam yang sering muncul adalah ruam leher, yang kadang-kadang tidak terlihat karena tersembunyi di dalam lipatan kulit leher. Namun ruam leher bukanlah masalah yang serius, namun perawatan segera diperlukan, menjaga tekstur kulit bayi yang lembut dalam pikiran.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Ruam pada leher bayi terlihat seperti benjolan kecil di kulit. Benjolan ini mungkin terlihat merah, terutama pada bayi dengan warna kulit terang. Kondisi kulit ini dapat disebabkan penyebab yang berbeda.

Cara Mengatasi Ruam pada Leher Bayi

Namun tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Di simak yuk di bawah.

1. Gunakan Kain yang Ringan dan Bisa Bernapas

ruam di leher bayi

Foto: shutterstock.com

Saat bayi mengalami ruam di leher, jangan pernah gunakan baju berbahan gaun yang kaku, tidak nyaman, dan berat untuk bayi. Selalu mencari kain berbahan ringan dan bisa masuk udara.

Terlebih lagi di musim panas, Moms dapat mendandani bayi dengan popok dan atasan katun. Jangan pernah mencuci pakaian bayi menggunakan pemutih dan deterjen yang kuat. Bahan kimia yang keras ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan ruam.

2. Oleskan Krim dan Lotion pada Ruam Bayi

ruam di leher bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Sebelum menggunakan krim kulit dan lotion apa pun pada ruam di kulit bayi, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter anak dulu, terutama yang berusia di bawah enam bulan untuk menyingkirkan kemungkinan alergen yang mungkin terjadi.

Untuk ekstra hati-hati, Moms juga dapat melakukan tes dengan mengoleskan krim pada siku bayi terlebih dahulu. Tunggu dan periksa gejalanya. Jika tidak ada gejala, gunakan krim di daerah yang terkena ruam.

3. Oatmeal

ruam di leher bayi

Foto: shutterstock.com

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menyatakan bahwa oatmeal adalah bahan yang aman dan efektif dalam produk perawatan kulit.

Ini mungkin sangat efektif untuk meringankan kulit kering dan gatal. Moms dapat mencoba menambahkan gandum di bak mandi bayi. Kita juga dapat mencoba ekstrak oat untuk menenangkan kulit bayi.

4. Kompres Dingin

ruam di leher bayi

Moms dapat mencoba menggunakan kompres dingin pada daerah yang terkena untuk menenangkan peradangan kulit.

Ambil bak air dingin dan rendam handuk bersih. Letakkan kompres ke daerah yang terkena ruam selama 5-10 menit untuk menenangkan kulit yang meradang. Setelah selesai, tepuk area tersebut hingga kering. Moms dapat mengulangi prosedur ini saat dan ketika dibutuhkan.

Cara-cara mengobati ruam pada leher bayi di atas bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Jadi coba lakukan salah satunya ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait