Bayi

BAYI
26 Februari 2020

Bayi Sembelit? Yuk Coba 8 Obat Alami Ini!

Bubur pepaya bisa jadi solusi efektif Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu faktor kesehatan bayi bisa diperhatikan dari frekuensi bayi melakukan Buang Air Besar (BAB). Asupan yang diberikan kepada bayi sangat mempengaruhi frekuensi BAB pada bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics, bayi yang mengkonsumsi susu formula biasanya melakukan BAB setidaknya sekali sehari pada kebanyakan hari. Tetapi terkadang, jarak BAB bisa juga terjadi 1 sampai 2 hari lamanya.

Untuk bayi yang mengkonsumsi ASI, frekuensi BAB tergantung dari usia. Selama bulan pertama setelah kelahiran, buang air kecil kurang dari sekali sehari bisa menjadi tanda jika bayi tidak cukup asupan ASInya.

Namun untuk buang air besar, bayi yang mengkonsumsi ASI melakukan BAB hanya beberapa hari sekali, atau bahkan seminggu sekali. Hal ini dikarenakan hampir semua komponen ASI yang dikonsumsi bayi memiliki manfaat untuk pertumbuhan bayi.

Moms harus benar-benar memperhatikan frekuensi BAB buah hati. Jika frekuensi BAB bayi ternyata lebih jarang dari biasanya, maka kemungkinan bayi mengalami sembelit.

Jangan panik, Moms! Bayi yang konstipasi tidak langsung membutuhkan penanganan dokter. Moms bisa membantu buah hati untuk meredakan konstipasi dengan obat alami yang tersedia di rumah.

Baca Juga: 7 Cara Alami Mengatasi Sembelit pada Bayi

Cara Alami Mengatasi Sembelit pada Bayi

Beberapa buah-buahan dan jenis makanan alami yang kaya akan serat bisa diberikan kepada bayi untuk membantu meredakan konstipasi. Seperti apa cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi? Berikut ulasannya.

1. Jus Apel

Photo by Alexander Mils on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/Alexander Mills

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang pertama adalah dengan jus apel. Sama seperti orang dewasa, tidak adanya serat dapat menyebabkan konstipasi pada bayi juga.

Kehadiran pektin, serat yang larut dalam air dalam apel sangat bermanfaat dalam mengobati konstipasi.

Moms bisa membuat jus apel bersama kulitnya dan memberikan kepada Si Kecil dalam botol. Sebotol jus sehari dapat membantu bayi buang air besar dengan mudah.

2. Jus Plum

Photo by vijay verma on Unsplash.jpg

Foto: Unsplash.com/Vijay Verma

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan jus plum. Jus plum cukup efektif adalah berjuang melawan konstipasi pada bayi. Buah plum adalah pencahar alami.

Jadi jus buah plum bekerja sangat baik untuk meringankan buang air besar pada bayi. Mungkin diperlukan 4-5 jam untuk jus plum untuk menginduksi pergerakan usus.

3. Gula Aren

2-a127391be96970391d85b5c934e04a63.jpg

Foto: Idntimes.com

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan gula aren. Jika bayi berusia di atas satu tahun, maka gula aren dapat menjadi obat alami dalam mengatasi konstipasi. Moms dapat mencampur setengah sendok teh gula dan setengah ons air dan memberikan larutan ini kepada Si Kecil dua kali sehari.

Baca Juga: Kenali Sembelit Pada Anak dan 5 Cara Mengatasinya

4. Minyak Kelapa Organik

Coconut oil.jpg

Foto: freepik.com

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan minyak kelapa orgnaik. Minyak kelapa organik bekerja sangat baik sebagai obat alami jika Si Kecil sering buang air besar atau sulit buang air besar.

Moms dapat menambahkan dua hingga tiga mililiter minyak kelapa ke dalam makanan bayi jika bayi berusia lebih dari enam bulan. Jika bayi berusia kurang dari enam bulan, maka Moms dapat mengoleskan minyak kelapa di sekitar anus.

5. Tomat

Photo by Lars Blankers on Unsplash.jpg

Foto: Lars Blankers

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan tomat. Tomat sangat bermanfaat sebagai obat alami dalam memerangi konstipasi pada bayi yang berusia di atas 6 bulan. Moms bisa memberikan jus tomat untuk bayi.

Rebus satu tomat kecil dengan satu gelas air. Dinginkan dan saring campurannya. Berikan tiga hingga empat sendok jus ini kepada bayi setiap hari untuk menghindari konstipasi.

6. Biji Adas

fennel seeds.jpg

Foto: freepik.com

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan biji adas. Biji adas dikenal karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, dan biji ini sangat efektif dalam mengobati masalah pencernaan. Moms bisa merebus satu sendok teh biji adas dalam secangkir air.

Dinginkan dan saring larutan itu dan berikan ini kepada bayi tiga hingga empat kali sehari. Jika bayi Moms kurang dari 6 bulan, ibu dapat memberikan larutan biji adas dua kali sehari.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi

7. Pepaya

papaya.jpg

Foto: freepik.com

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan pepaya. Pepaya merupakan sumber serat yang kaya dan karenanya sangat efektif dalam mengobati konstipasi.

Untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, pepaya adalah obat yang bagus untuk mengatasi konstipasi.

Bubur pepaya, potongan atau smoothie dapat diberikan kepada bayi untuk mengatur pergerakan usus.

8. Buah Pir

pear.jpg

Foto: freepik.com

Cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi yang selanjutnya adalah dengan buah pir. Buah pir kaya akan pektin dan serat makanan. Pir bisa diparut untuk mengekstrak jusnya. Cara terbaik yang bisa Moms lakukan adalah memberikan jus pir dalam bentuk encer untuk Si Kecil.

Karena itu, campur 2 ons jus dengan jumlah air yang sama dan berikan pada Si Kecil untuk membantu buang air besar. Buah pir dapat diberikan kepada bayi setelah usia empat bulan.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi sembelit pada bayi. Selamat mencoba Moms!

Artikel Terkait