Kehamilan

26 April 2020

Mengatur Menu Makanan Ibu Hamil Selama Berpuasa

Penting untuk mengonsumsi makanan dengan nutrisi tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan puasa untuk menyambut Hari Idul Fitri di bulan Mei mendatang. Puasa ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagian sebagian besar orang. Namun bagaimana dengan ibu hamil?

Saran keseluruhan dari pakar kesehatan seperti dokter, tidak menyarankan ibu hamil untuk menjalankan yang namanya puasa, demi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Jika Moms berencana untuk puasa selama masa kehamilan, mungkin Moms akan punya beberapa pertanyaan seperti apakah aman untuk janin atau makanan apa saja yang harus dikonsumsi ibu hamil selama puasa?

Baca Juga: Tetap Puasa Saat Hamil, Kenapa Tidak?

Jika Moms penasaran dengan jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini ya.

Amankah Puasa saat Hamil?

makanan ibu hamil selama puasa

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian masih berlangsung di sekitar pertanyaan ini dan meskipun bukti yang belum jelas, banyak ahli percaya bahwa berpuasa selama kehamilan bukan ide yang baik.

Jurnal artikel dalamBritish Nutrition Foundation, beberapa bukti menunjukkan bahwa wanita hamil yang puasa selama bulan Ramadan mungkin memiliki plasenta yang lebih kecil dan atau bayi dengan berat lahir yang sedikit lebih rendah, dibandingkan dengan wanita yang tidak berpuasa.

Puasa juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, terutama jika Ramadan jatuh selama musim panas, dan ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan jumlah cairan di sekitar bayi kita

Dampak puasa selama kehamilan mungkin tergantung pada kesehatan ibu secara keseluruhan, tahap kehamilan, dan waktu puasa terjadi. Oleh karena itu, untuk Moms yang ingin menjalankan puasa selama kehamilan, wajib memperhatikan nutrisi makanan yang masuk ke tubuh.

Baca Juga: 6 Menu Kaya Gizi untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

Asupan Makanan Ibu Hamil Selama Puasa

makanan ibu hamil selama puasa

Foto: Orami Photo Stock

Apa saja yang harus ibu konsumsi saat hamil jika ingin berpuasa? Yuk kita simak.

1. Mempersiapkan Diri Sebelum Berpuasa

“Sangat penting untuk tetap terhidrasi beberapa hari sebelum Moms berencana untuk berpuasa dan meningkatkan asupan makanan kadar air tinggi seperti buah-buahan dan sayuran,” jelas Emily Mitchell, ahli diet untuk kesehatan ibu selama prakonsepsi hingga periode postpartum.

Saat berbuka puasa, Moms harus mengonsumsi beberapa buah kering (seperti 2-4 kurma) untuk dapat membantu mempromosikan proses rehidrasi.

Baca Juga: 4 Aturan Puasa Bagi Ibu Hamil yang Perlu Moms Ketahui

2. Makanan Berenergi Tinggi untuk Sahur

Makan pagi sangat penting untuk memulai hari. Harus cukup lengkap untuk memenuhi energi tubuh sepanjang hari. Moms yang akan berpuasa selama hamil wajib mempersiapkan makanan sahurnya dengan baik.

Makanan berenergi tinggi, terutama karbohidrat, serat, dan makanan yang mengandung protein penting dikonsumsi saat sahur. Kombinasi nutrisi dari makanan ini akan memberikan tubuh energi yang dibutuhkan sepanjang hari.

Contoh makanan sahur yang dianjurkan untuk ibu hamil selama berpuasa:

  • Energi: makanan biji-bijian yang terbuat dari tepung gandum utuh, gandum, jelai atau beras merah.
  • Protein: susu, telur, kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil.
  • Serat: buah segar dan buah kering.

Baca Juga: Tips Mengatasi 3 Gangguan Kehamilan Saat Puasa

3. Makanan Kaya akan Gula untuk Buka Puasa

Saat akan berbuka puasa, penting untuk terlebih dahulu mengonsumsi makanan yang kaya gula yang dapat digunakan tubuh untuk mendapatkan energi dengan cepat.

Buah segar atau kering adalah pilihan pertama yang baik. Kurma merupakan sumber energi yang sangat baik. Susu juga dianjurkan karena sangat bergizi dan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil selama puasa.

Ibu hamil harus memiliki makanan enak yang terdiri dari makanan dari kelompok makanan Canada’s Food Guide untuk memastikan tubuh memiliki energi yang cukup dan mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk kesehatannya.

Makanan yang bisa ibu hamil konsumsi saat akan buka puasa, antara lain:

  • Makanan pembuka: susu, buah segar, atau buah kering
  • Makanan utama: makanan yang dipanggang atau dibakar, lalu hindari makanan yang digoreng.
  • Makanan manis: makanan yang mengandung susu atau buah segar dan kering.
  • Minuman: air putih, susu ibu hamil, atau jus buah.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini secara tepat, Moms sudah menjaga kesehatan selama kehamilan.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait