Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
10 Juni 2020

4 Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan, Bisa Moms Tiru

Perut bisa sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, perut yang masih terlihat besar bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu. Kondisi ini tidak akan berubah dengan cepat setelah Moms melahirkan.

Mengutip dari jurnal BMC Pregnancy Childbirth, perubahan fisik yang berhubungan dengan kehamilan dapat memiliki dampak signifikan pada citra tubuh wanita. Salah satunya di bagian perut.

Baca Juga: Perut Terasa Keras, Tanda Hamil atau Sekadar Buncit?

Perubahan bentuk perut pada setiap wanita terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti seberapa besar kenaikan berat badan dulu, menyusui langsung, diet yang dilakukan, dan kebiasaan olahraga.

Namun sebenarnya jika Moms ingin mengecilkan perut setelah melahirkan tidak sesulit yang kita kira.

Cara Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Yuk kita lihat.

1. Jalan Kaki

mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Jalan kaki merupakan cara paling sederhana untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Mulailah dengan jalan-jalan kecil di sekitar kompleks rumah, lalu Moms bisa meningkatkannya dengan mulai menggendong Si Kecil di bagian depan untuk menambah beban ketika berjalan. Hal ini tentu akan membantu memaksimalkan manfaat dari berjalan kaki.

Baca Juga: 7 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

2. Coba Mengangkat Bagian Badan Tertentu

mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa coba untuk mengangkat kepala, bahu, dan melakukan curl up. Ketiga gerakan ini akan membantu mengecilkan perut setelah melahirkan dengan memperkuat otot punggung. Selain itu juga akan membantu mengencangkan perut dan abs serta membakar kalori.

Ketika melakukan ketiga gerakan ini, jangan lupa untuk bernapas. Buang napas ketika melakukan gerakan, dan ambil napas saat sedang bersantai.

3. Memiringkan Panggul

mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Gerakan ini akan membantu mengecilkan dan mengencangkan perut kita. Mengencangkan perut juga bermanfaat untuk meredakan sakit punggung lho.

Mulailah dengan merangkak, jari menyentuh lantai di belakang, lengan lurus ke bawah dari garis bahu, telapak tangan menyentuh lantai. Punggung harus rileks dan lurus, tidak melengkung.

Baca Juga: Penyebab Radang Panggul yang Harus Diwaspadai

Saat menarik napas, tarik bokong ke arah depan, miringkan panggul dan putar tulang kemaluan ke atas. Tahan selama tiga hitungan, dan lepaskan. Siap untuk mencoba di rumah Moms?

4. Senam Kegel

mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Latihan klasik ini akan membantu Moms mengencangkan otot kandung kemih, membantu mengurangi risiko inkontinensia akibat persalinan, dan tentunya mengecilkan perut juga lho.

Semakin sering melakukan senam kegel, dan semakin lama memegangnya, maka semakin banyak manfaat yang akan didapatkan.

Itu dia beberapa cara mudah untuk mengecilkan perut. Sekarang perut kecil setelah melahirkan bukan hanya impian saja, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait