Kesehatan

KESEHATAN
21 Februari 2020

Mengenal Favipiravir dan Chloroquine, Obat untuk Virus Corona

Keduanya menunjukkan hasil yang signifikan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Maraknya wabah virus Corona menimbulkan kekhawatiran dari berbagai pihak, karena banyak korban berjatuhan akibat terserang virus Corona.

Kini kekhawatiran tersebut boleh sedikit berkurang, karena para ilmuwan di China, kabarnya telah berhasil menemukan obat untuk mengobati virus Corona yang mewabah di berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Review 7 Masker Pelindung untuk Antisipasi Virus Corona, Mana yang Terbaik?

Dilansir dari Asia One, ini merupakan obat antiviral pertama yang disetujui oleh National Medical Products Administration China, yang secara khusus diedarkan untuk mengobati pasien virus corona Covid-19.

Favipiravir dan Chloroquine Phosphate untuk Covid-19

obat virus corona

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan hasil uji klinis, obat antimalaria, Chloroquine Phosphate, dinyatakan memiliki efek penyembuhan tertentu pada penyakit coronavirus yang baru (Covid-19).

Sun Yanrong, Wakil kepala Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China mengatakan bahwa Chloroquine, dipilih setelah dilakukan serangkaian putaran screening terhadap ribuan obat yang ada.

Dilansir dari laman Clinical Trial Area, data dari penelitian obat menunjukkan 'efek kuratif tertentu' dengan 'kemanjuran yang cukup baik'.

Baca Juga: Anti Panik, Ini Cara Melindungi Keluarga dari Virus Corona Novel Menurut Pakar

Menurut Sun, pasien yang diobati dengan chloroquine menunjukkan penurunan demam yang signifikan, perbaikan gambar CT paru, dan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk pulih dari kondisi tersebut.

Mengutip dari lama China Daily, Chloroquine keamanannya telah divalidasi secara menyeluruh, karena merupakan obat malaria yang telah digunakan bertahun-tahun lamanya.

Obat ini sedang diuji pada lebih dari 100 pasien di lebih dari 10 rumah sakit di provinsi Beijing dan Guangdong, dengan uji coba di provinsi Hunan. Hasil klinis awal menunjukkan Chloroquine memiliki beberapa efek terapi terhadap Covid-19.

Favipiravir merupakan obat influenza, yang banyak digunakan untuk mengobati Covid-19. Uji coba klinisnya dilakukan pada 70 pasien di Shenzhen, provinsi Guangdong. Jenis obat untuk Covid-19 ini terbukti efektif melawan virus, dengan sedikit efek samping yang dihasilkan.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Wabah Virus Corona

Versi generik dari obat ini telah disetujui oleh Administrasi Produk Medis Nasional China pada hari Sabtu (15/2/2020), menurut pemerintah Taizhou, provinsi Zhejiang. Hisun Pharmaceutical, sebuah perusahaan yang berbasis di kota, telah mulai memproduksi obat ini.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait