Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Rupa-rupa | Apr 3, 2018

Mengenal Gerakan yang Dijalani Istri Anies Baswedan

Bagikan


Sebagai Ibu Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur, Fery Farhati Ganis dan Nur Asia memang mengemban tugas untuk ikut memajukan kesejahteraan Ibukota. Tugas kedua wanita ini memang cukup beragam, meliputi urusan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), hingga Bunda PAUD DKI Jakarta.

Kiranya, apa saja ya yang menjadi fokus dari masing-masing kegiatan tersebut? Mari simak hasil penuturan dari acara Cerita Ibu Ibukota:

Baca juga: Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini Jika Ingin Sukses

Kesejahteraan Keluarga Ibukota

Salah satu konsentrasi pemerintah tentunya berkaitan dengan kesejahteraan, di mana Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan lembaga yang bersentuhan langsung dengan kelompok terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga.

Di dalam PKK, terdapat beberapa konsentrasi yang dijalankan pemerintah meliputi: pola asuh anak, perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, pemberdayaan ekonomsi keluarga hingga pemberdayaan lanjut usia. Dalam menjalankan sejumlah program yang dimilikinya, PKK juga menggandeng sejumlah lapisan masyarakat yang disebut dengan kader PKK yang merupakan pribadi pembelajar yang adaptif dan mendorong warganya untuk saling berkolaborasi untuk kesejahteraan keluarga.

Memajukan Para Pengerajin

Ada PKK ada pula Dekranasda yang memiliki konsentrasi berbeda, bila PKK berfokus pada kesejahteraan keluarga maka Dekranasda merupakan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi kerajinan yang ada di daerah. Sejauh ini, sudah ada 337 pengerajin yang terdaftar di dalamnya.

Tak hanya sebagai wadah penampung kerajinan, Dekranasda ini ternyata juga memberikan pelatihan dan juga seminar guna meningkatkan keahlian para penegrajin lho. Karya-karya mereka nantinya akan terpampang dalam berbagai pameran seperti Inacraft, Indonesia Fashion Week, Jakcraft dan masih banyak lagi. Para pengerajin ini juga tak perlu khawatir karena mereka akan mendapatkan akses dalam hal permodalan hingga publikasi.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Membawa Anak Ikut Bekerja

Pendidikan Anak Usia Dini

Selain keluarga dan para pengrajin, pemerintah juga tentunya fokus dalam memperhatikan tumbuh kembang penerus bangsanya yaitu anak-anak. Untuk itu, Bunda PAUD (pendidikan anak usia dini) hadir sebagai bentuk kepedulian yang ditawarkan.

Bunda PAUD merupakan sebuah simbol Ibu yang mengayomi dan diharapkan dapat memotivasi PAUD yang ada di daerahnya masing-masing. Tak hanya itu, para bunda juga akan ikut serta untuk meningkatkan fasilitas dan program yang menunjukan pendidikan anak-anak usia dini. Kehadiran Bunda PAUD ini juga sangat diharapkan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kemajuan kualitas pendidikan anak di Indonesia.

Terakhir, selain menggandeng keluarga, pengerajin serta ana-anak, tentunya pemerintah memiliki satu konsentrasi lagi yang dikhususkan untuk perempuan. Lewat Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) pemerintah mengajak para perempuan DKI Jakarta mengembangkan potensi diri guna membangun negeri.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.