Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Fertilitas | Apr 9, 2018

Mengenal Jasa 'Surrogate Mother', Ibu Pengganti untuk Mengandung Janin dalam Rahim

Bagikan


Mengenal Jasa 'Surrogate Mother', Ibu Pengganti untuk Mengandung Janin dalam Rahim

Akhir tahun lalu, pasangan Kim Kardashian dan Kanye West kembali menjadi perbincangan publik. Kim yang sudah memiliki dua anak dari Kanye, diberitakan ingin kembali hamil.

Namun, untuk anak ketiganya, ia tidak bisa hamil secara alamiah. Melainkan harus menggunakan jasa ibu pengganti atau surrogate mother. 

Nah, kondisi ini disebabkan karena alasan medis dimana dokter menyebut Kim memiliki keluhan komplikasi tekanan darah tinggi saat hamil. Ia juga sempat trauma dengan persalinan dua anak sebelumnya. Demi mencegah efek dari preeklampsia yang bisa membahayakan dirinya, ia pun memilih jasa ibu pengganti. 

Terkait dengan jasa surrogate mother atau ibu pengganti untuk memiliki bayi, memang masih terdapat beberapa kontroversi. Terlebih pada proses hukum yang juga terbilang rumit karena bervariasi dari satu negara bagian ke negara lain.

Meski demikian, entah karena masalah kesuburan atau alasan lain, surrogacy dinilai sebagai pilihan yang tepat bagi sebagian besar orang.

Baca Juga : 5 Selebritis Ini Mendapatkan Anak dari Bayi Tabung

Terlepas dari pro kontra yang ada, mari mengenal lebih dalam tentang apa sebenarnya surrogate mother?

Surrogate Mother atau Ibu Pengganti

Terdapat dua jenis ibu pengganti, yaitu:

Pengganti Tradisional

Pada tipe ibu pengganti tradisional, seorang wanita akan diinseminasi secara buatan dengan sperma suami. Kemudian membawa bayinya untuk diberikan pada Moms dan pasangan, secara biologis ibu pengganti tersebut adalah ibunya karena memang telurnya yang dibuahi oleh sperma sang ayah.

Pengganti Gestasional

Tipe lainnya disebut dengan pengganti gestasional, dimana hal ini merupakan suatu teknik yang disebut dengan "fertilisasi in-vitro" (IVF) yang di era sekarang ini memungkinkan untuk mengumpulkan sel telur dari sang ibu dan membuahi mereka dengan sperma dari sang ayah lalu menempatkan embrio ke dalam rahim pengganti kehamilan.

Ibu pengganti tersebut hanya bertanggung jawab hingga kelahiran saja, karena ia tidak memiliki ikatan genetik dengan anak karena bukan telurnya yang digunakan.

Namun, tahukah Moms, di Amerika Serikat pengganti kehamilan tak dipersulit secara hukum karena kedua orang tua yang dituju memiliki hubungan genetik dengan bayinya.

Akibatnya, surrogacy kehamilan telah menjadi lebih umum daripada pengganti tradisional di negara tersebut dan sekitar 750 bayi lahir setiap tahun menggunakan ibu pengganti kehamilan.

Baca Juga : Berapa Biaya Program Bayi Tabung?

Apa Alasan Memilih Ibu Pengganti?

Terdapat beberapa alasan bagi pasangan suami istri mengapa membutuhkan jasa surrogate mother atau ibu pengganti seperti  masalah medis yang terjadi pada rahim, seorang wanita menjalani histerektomi yang mengangkat rahim dan kondisi yang membuat kehamilan tidak mungkin atau berisiko bagi wanita, seperti penyakit jantung yang parah.

Baca Juga : Posisi Rahim Terbalik, Bisakah Hamil?

Kriteria untuk Memilih Ibu Pengganti

Memang  tidak ada peraturan tentang siapa yang bisa menjadi ibu pengganti. Tetapi para ahli sepakat tentang beberapa hal tentang cara memilihnya yaitu:

  • Setidaknya berusia 21 tahun
  • Telah melahirkan setidaknya satu bayi yang sehat sehingga dia memahami secara langsung risiko medis kehamilan dan persalinan dan masalah emosional ikatan dengan bayi yang baru lahir
  • Telah melewati pemeriksaan psikologis oleh seorang profesional kesehatan mental untuk mengungkap masalah apa pun dengan menyerahkan bayinya setelah lahir
  • Menandatangani kontrak tentang peran dan tanggung jawabnya dalam kehamilan, seperti perawatan sebelum melahirkan dan setuju untuk memberi bayinya setelah lahir

Baca Juga : Bisakah Hamil Apabila Sperma Sering Tumpah Setelah Berhubungan?

Selebriti yang Menggunakan Jasa Ibu Pengganti

Jasa ibu pengganti ini rupanya juga cukup marak di kalangan selebriti, simak saja beberapa selebirti mancanegara yang pernah menggunakan jasa ibu pengganti ini selain pasangan Kim Kardashian dan Kanye West:

Alexis Stewart

Selebriti yang Menggunakan Jasa Ibu Pengganti

Alex Stewart memang salah satu waniya yang pernah menghabiskan US$ 20 ribu atau sekitar Rp 188 juta setiap bulannya untuk melakukan perawatan kesuburan.

Namun demikian, usahanya tersebut tidak membuahkan hasil sehingga pada akhirnya Alexis memilih melakukan surrogacy sebagai upaya mendapatkan momongan.

Nicole Kidman

Selebriti yang Menggunakan Jasa Ibu Pengganti

Seorang Nicole Kidman pun ternyata menggunakan jasa ibu pengganti untuk mendapatkan momongan, dimana rupanya Faith Margaret, anak keduanya dengan Keith Urban merupakan bayi yang ia dapatkan melalui sosok ibu pengganti.

Sarah Jessica Parker

Selebriti yang Menggunakan Jasa Ibu Pengganti

Berikutnya ada Sarah Jessica Parker yang harus menunggu selama tujuh tahun demi mendapatkan buah hati. Pada akhirnya, dengan bantuan jasa ibu pengganti, pasangan Sarah Jessica Parker dan Matthew Broderick mendapatkan dua bayi sekaligus.

(MDP)

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.