Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Masalah Fertilitas | Jun 4, 2018

Mengenal Penyebab dan Cara mengatasi PCOS, Masalah Hormon yang Membuat Sulit Hamil

Bagikan



Moms mungkin masih jarang mengenal istilah PCOS. Padahal PCOS banyak terjadi pada wanita usia subur ini sebenarnya gejalanya sudah sering diketahui.

PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan masalah hormonal yang dapat menyebabkan sulit hamil. Pada kondisi ini terdapat ketidakseimbangan kadar hormon antara hormon estrogen dan progesterone.

Akibat dari ketidakseimbangan hormon ini biasanya wanita penderita PCOS akan memiliki periode menstruasi yang tidak teratur, hal tersebutlah yang berujung membuat mereka menjadi sulit hamil.

Tak hanya periode menstruasinya saja yang tak teratur, biasanya seorang wanita dengan PCOS akan memiliki gejala lain seperti tumbuhnya rambut yang berlebihan, jerawat hingga obesitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai PCOS, Rumah Sakit Pondok Indah mengadakan forum diskusi bertajuk Masalah Utama Kewanitaan bersama dr. Grace Valentine, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Yuk cari tahu apa saja penyebab dan cara mengatasi PCOS!

Baca Juga : 10 Kesalahan Yang Umum Terjadi Saat Program Hamil

Penyebab PCOS

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan PCOS pada wanita, seperti:

Peradangan Rendah

Wanita dengan PCOS memiliki peradangan dengan tingkat rendah dimana kondisi ini merangsang ovarium polikistik untuk menghasilkan androgen.

Kelebihan hormon androgen inilah yang menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan PCOS. Androgen adalah hormon seks laki-laki yang juga diproduksi oleh tubuh perempuan dalam jumlah kecil.

Genetik

Faktor genetik atau keturunan merupakan salah satu penyebab yang paling memungkinkan dari PCOS.

Biasanya seorang wanita menderita PCOS bila sang ibu atau saudaranya juga mengalami hal yang sama. PCOS ini ternyata tak hanya dapat diturunkan dari sang ibu saja, namun bisa pula dari keluarga ayah.

Bila pada salah satu silsilah keluarga tersebut ada yang memiliki periode menstruasi tidak teratur serta diabetes, makan kemungkinan untuk menderita PCOS akan menjadi semakin besar.

Insulin Berlebih

Faktor berikutnya bisa disebabkan apabila tubuh Moms resisten terhadap insulin, sehingga pankreas akan mengeluarkan insulin yang lebih banyak untuk memproduksi energi atau glukosa.

Lebihnya kadar insulin dalam tubuh inilah yang kemudian akan berpengaruh pada indung telur dengan meningkatnya produksi androgen. Produksi androgen berlebih ini yang nantinya akan menganggu kemampuan berovulasi.

Mengatasi PCOS

Boleh dikatakan bahwa PCOS merupakan kondisi yang tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikendalikan dengan:

Perubahan Pola Hidup

Bagi para penderita PCOS yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, mulailah untuk mengurangi berat badan dan berhenti merokok (apabila Moms perokok).

Karena wanita yang merokok umumnya memiliki kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita yang tidak merokok.

Pembedahan

PCOS dapat pula ditangani melalui pembedahan kecil yang disebut Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD).

Terapi Hormon

Cara lainnya dapat ditempuh dengan melakukan terapi hormone, dimana terapi ini dapat menormalkan siklus menstruasi, mencegah kanker uterus, mengurangi pertumbuhan rambut yang berlebihan, meminimalisir munculnya jerawat, dan rontoknya rambut kepala.

Jika merasakan berbagai gejala PCOS, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ya!

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.