Newborn

NEWBORN
2 Agustus 2020

10 Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Bayi

Menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pijat bisa menyebabkan eksim
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika berbicara mengenai anak-anak, tentu orang tua menginginkan hal terbaik untuk diberikan pada anak-anaknya.

Setiap orang tua pasti akan memberikan perhatian ekstra dalam menyediakan setiap kebutuhan dan membuat hidup mudah dan bahagia untuk buah hatinya.

Salah satu cara orang tua memastikan bayinya mendapatkan yang terbaik adalah dengan menggunakan produk-produk berkualitas untuk kesehatan kulit bayi. Produk biasa yang bisa Moms gunakan adalah minyak alami untuk memijat kulit anak.

Sebagian besar minyak alami adalah pilihan yang aman untuk memijat kulit bayi yang halus. Moms
bahkan dapat menggunakan minyak sayur tanpa membuat Si Kecil memiliki bau seperti makanan. Salah satu minyak yang Moms bisa gunakan adalah minyak zaitun.

Sayangnya jenis minyak satu ini tidak bisa dioleskan secara reguler pada kulit bayi, atau Si Kecil yang memiliki kulit kering, pecah-pecah, dan eksim.

Minyak zaitun terdiri dari beberapa jenis lemak:

  • asam lemak omega-6
  • asam lemak omega-3
  • asam linoleat
  • asam oleat

Minyak zaitun juga baik untuk kesehatan jantung kita saat mengonsumsinya. Di bagian luar tubuh, asam lemak omega-3 membantu menenangkan peradangan, dan asam linoleat dapat meningkatkan penghalang alami kulit.

Namun kandungan lemak asam oleat pada minyak zaitun inilah yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit jika sering digunakan.

Bagaimana dengan minyak zaitun untuk bayi? Sebab minyak zaitun memberikan banyak manfaat bagi kulit orang dewasa. Apakah hal itu juga berlaku untuk buah hati?

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Minyak Zaitun untuk Bayi

Nah, untuk Moms yang ingin lebih maksimal dalam menggunakan minyak zaitun untuk bayi, yuk coba cara di bawah ini Moms.

1. Jangan Gunakan Sebagai Minyak Pijat

memaksimalkan minyak zaitun

Sebenarnya boleh saja sesekali menggunakan minyak zaitun untuk memijat kulit Si Kecil, selama kulitnya tidak kering dan pecah-pecah. Namun ingta, tidak boleh sering dipijat karena dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit anak ya, Moms.

Memang beberapa mengatakan bahwa menempatkan anak-anak dalam risiko eksim dan masalah kulit lainnya dengan memijat tubuh menggunakan minyak zaitun atau bunga matahari karena mengira produk alami itu aman.

“Minyak terurai menjadi asam lemak yang merusak struktur kulit, sehingga memungkinkan iritasi karena kulit menjadi kering, retak, dan kondisi seperti eksim,” jelas Dr. Alison Cooke, bidan terdaftar di Inggris, dosen kebidanan, sekaligus kepala investigator untuk sidang OBSeRvE (minyak dalam skincare bayi).

Dr. Alison dalam penelitiannya di The University of Manchester, menemukan bahwa kelompok yang menggunakan minyak zaitun untuk memijat menunjukkan keterlambatan dalam pengembangan pelindung kulit.

Namun, studi lainnya menemukan bahwa minyak zaitun yang mengandung lemak, vitamin E dan vitamin K, juga sarat dengan antioksidan, yang dapat membantu menenangkan peradangan dalam tubuh.

Penelitian dalam U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa bayi yang dipijat dengan minyak zaitun atau minyak bunga matahari memiliki kulit yang lebih lembap daripada mereka yang diberi pijatan kering.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

2. Bisa Mengobati Cradle Cap

memaksimalkan minyak zaitun

Kebanyakan bayi menderita cradle cap sebelum tumbuh menjadi balita. Ini merupakan kejadian yang cukup umum, dan solusinya atasi dengan minyak zaitun!

Campurkan minyak zaitun dengan air yang sama banyaknya, lalu pijat lembut pada bagian kulit kepala bayi yang berkerak. Jika kulitnya tebal, gunakan lebih banyak minyak zaitun daripada air.

Biarkan selama minimal 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jangan menggosoknya, biarkan minyak yang melonggarkan bagian yang berkerak.

3. Jadikan Sebagai Penumbuh Rambut

memaksimalkan minyak zaitun

Beberapa bayi mungkin dilahirkan dengan kepala penuh dengan rambut, namun ada juga yang tidak memiliki rambut, bahkan setelah beberapa bulan lahir.

Hal ini mungkin tidak terlalu dipermasalahkan. Namun, bila Moms ingin membuat rambut buah hati tumbuh lebih lebat, Moms bisa menggunakan minyak zaitun untuk mempercepat pertumbuhan rambut bayi.

Baca Juga: Cara Aman Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat

4. Mengobati Ruam Popok

memaksimalkan minyak zaitun

Ruam popok merupakan penyakit umum yang biasa dialami bayi. Krim ruam popok memang cukup efektif, tapi Moms bisa juga gunakan minyak zaitun untuk mengatasi ruam popok bayi secar alami.

Tidak hanya itu, sifat pelembap dari minyak zaitun juga mampu mencegah masalah berulang. Campurkan 2:1 minyak zaitun dan air, kocok campuran ini dan oleskan ke area popok bayi.

5. Membersihkan Bayi

memaksimalkan minyak zaitun

Moms selanjutnya bisa memaksimalkan minyak zaitun untuk membersihkan kulit bayi. Minyak zaitun akan membantu menghilangkan kotoran dari tubuh anak, terutama dari lipatan-lipatan, seperti lipatan pusar, telinga, dan hidung.

Caranya dengan celupkan cotton bud batang panjang ke dalam minyak zaitun dan gunakan untuk melembutkan dan menghilangkan kotoran yang tersangkut di bagian yang terlipat.

6. Mengobati Batuk pada Bayi

minyak zaitun untuk bayi bisa mengobati batuk

Foto: Orami Photo Stock

Ini adalah salah satu cara menggunakan minyak zaitun pada bayi yang belum banyak diketahui. Minyak zaitun, yang dicampur dengan beberapa tetes minyak rosemary, minyak kayu putih dan minyak peppermint akan membuat ramuan yang kuat untuk digosokkan di dada bayi.

Asam oleat dalam minyak zaitun meningkatkan kapasitas penyerapan kulit, memungkinkan minyak esensial untuk membuat jalan mereka ke tubuh bayi lebih mudah. Waktu terbaik untuk menerapkan campuran ini adalah malam hari sebelum bayi Moms tidur.

7. Gunakan sebagai Pelembap

minyak zaitun untuk melembapkan kulit bayi

Foto: Orami Photo Stock

Kualitas yang paling penting dalam pelembap untuk bayi adalah mudahnya diserap ke dalam kulit. Minyak zaitun karenanya merupakan pelembap yang bagus, karena Moms tidak perlu menggosoknya dengan keras agar bisa diserap oleh kulit bayi.

8. Mengobati Sembelit

minyak zaitun untuk sembelit pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Sembelit jarang terjadi pada bayi, terutama mereka yang disusui secara eksklusif. Namun, bukan berarti tidak pernah terjadi ya Moms.

Sembelit merupakan kondisi yang sangat menyakitkan bagi bayi, jadi jika Moms mencari solusi rumah sederhana untuk mengatasi sembelit pada bayi, pertimbangkan untuk menggunakan minyak zaitun.

Panaskan sedikit minyak zaitun hingga hangat, dan gosok dengan gerakan searah jarum jam pada perut bayi. Moms juga dapat menggunakannya dalam diet bayi jika ia berusia sedikit di atas 6-8 bulan.

9. Bisa Menambah Berat Badan Bayi agar Ideal

minyak zaitun pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms khawatir Si Kecil badannya tidak bertambah gemuk, Moms bisa lho membantu anak menambah timbangannya sesuai dengan keinginan kita. Caranya tentu dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan bayi.

Lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalam minyak zaitun akan memberikan berat badan yang ideal pada bayi.

10. Gunakan untuk Membantu Perkembangan Otak Anak

menggunakan minyak zaitun pada bayi

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa lemak tak jenuh penting untuk perkembangan otak Si Kecil? Faktanya, telah ditemukan bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal lebih memengaruhi kemampuan belajar, memori, dan kesehatan otak anak secara keseluruhan.

Memelihara pola makan anak dengan minyak zaitun sejak usia dini dapat memastikan bahwa perkembangan kognitifnya akan bertumbuh dengan baik. Ini juga akan mencegah anak Moms dari gangguan neuro-degeneratif seperti penyakit Alzheimer saat usianya sudah tua nanti.

Itu dia Moms beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan minyak zaitun pada bayi. Sudahkah Moms mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait