Bayi

23 Juli 2020

8 Cara Menghadapi Anak Sulit Makan

Mengurangi porsi dan snack hariannya bisa dilakukan, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ada masanya di mana Moms dan Dads akan menghadapi anak sulit makan.

Padahal Moms harus bisa memastikan nutrisi dan gizi anak tercukupi dengan baik. Jika tidak, bukan tidak mungkin tumbuh kembang anak menjadi terganggu, parahnya bisa dapat mengakibatkan kekurangan gizi serta berpotensi terkena stunting.

Mungkin beragam cara telah Moms dan Dads coba untuk membujuknya makan, tapi belum juga berhasil.

Atau justru anak menjadi picky eater, yang membuat anak menyukai makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan natrium tinggi. Walaupun hal ini terjadi alamiah, karena anak cenderung memilih makanan yang mempunyai rasa kuat.

Ini 5 Cara untuk Menghadapi Anak Sulit Makan

Sebelum kekhawatiran Moms atau Dads bertambah hingga perlu bantuan ahli, coba beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghadapi anak sulit makan berikut ini.

1. Beri Ragam Makanan

1 Beri Ragam Makanan.jpg

Foto: avitalchn – Pixabay.com

Menghadapi anak sulit makan sebenarnya dapat dicegah sejak anak diberi MPASI pertamanya, yaitu dengan memberinya beragam variasi makanan.

“Menurut sebuah penelitian, anak yang diberi berbagai makanan sehat sejak enam bulan pertama dan seterusnya, cenderung mengembangkan kebiasaan makan yang sehat,” ungkap ahli biopsikologi di University of Leeds, Profesor Marion Hetherington, seperti dikutip dari motherandbaby.co.uk.

Agar anak menumbuhkan kebiasaan makan yang beragam, jangan berikan MPASI yang sama dua hari berturut-turut. Selain itu, bayi dan balita juga mudah meniru orang dewasa.

Sehingga tidak ada salahnya Moms dan Dads juga menikmati makanan yang bervariasi dari hari ke hari, sehingga lebih mungkin bagi anak untuk menerima makanan baru atau variatif.

Baca Juga: Balita Susah Makan? 8 Solusi Ampuh Ini Bisa Dicoba!

2. Berikan Buah dan Sayuran dengan Tampilan Menarik

anak sulit makan

Foto: Orami Stock Photos

Menurut dokter spesialis gizi klinik, DR. dr. Francisca A Tjakradidjaja, mengungkapkan bahwa salah ada cara untuk menghadapi anak yang sulit makan, khususnya buah dan sayuran.

Orang tua harus bisa kreatif dalam menyajikan makanan pada Si Kecil, termasuk buah dan sayuran yang harus ada di dalamnya, sehingga membuat anak mau untuk mengonsumsinya.

“Caranya bisa dengan membuat smoothies dari buah, es buah, pizza yang terbuat dari sayur-sayuran, nugget berbahan dasar sayur.” ujar dokter yang praktik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

3. Perhatikan Porsi Makan

2 Perhatikan Porsi Makan.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Seringkali orang tua memberikan anak porsi makan yang besar, sehingga membuat anak jadi malas makan. Untuk menghadapi bayi sulit makan, pastikan pada porsi selanjutnya sesuai dengan kebutuhan bayi.

“Biasanya dimulai dengan porsi sangat sedikit, sehingga anak merasa mudah untuk menghabisinya,” ungkap Direktur untuk Program Pemberian Makan di Penn State Hershey Medical Center, Pennsylvania, Keith E. Williams, Ph.D, seperti dikutip dari parents.com.

Di rumah, coba berikan porsi sedikit-sedikit dari beragam makanan. Misalnya, sedikit kacang polong, seperempat porsi mi, atau sedikit parutan keju.

Selain itu, Moms juga bisa menyajikan makanan yang memang disukainya bersamaan dengan makanan baru yang belum pernah dicobanya.

Cara ini akan membuat anak tidak merasa terintimidasi untuk mencoba makanan baru yang biasanya membuatnya menolak makan.

Baca Juga: Anak Susah Makan? Berikan 5 Ramuan Rahasia Ini Saja

4. Gigih Memberinya Makan

3 Gigih Memberinya Makan.jpg

Foto: freepik.com

Saat Moms memberinya makanan yang baru pertama kali dilihatnya atau dicobanya, maka cukup wajar jika anak menolaknya.

Menghadapi anak sulit makan sesuatu yang baru dicobanya, yang diperlukan Moms adalah kesabaran dan kegigihan untuk terus memperkenalkan makanan baru tersebut, tanpa memaksa.

“Sebagian besar sayuran perlu setidaknya lima hingga 10 kali percobaan untuk akhirnya diterima oleh anak – bahkan bisa jadi lebih dari 10 kali,” ungkap Profesor Marion.

5. Memberikan Pemahaman pada Anak

anak sulit makan

Foto: Orami Stock Photos

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Francisca A Tjakradidjaja, jika anak yang sudah cukup usia bisa diajak berdiskusi, di mana cara ini bisa digunakan untuk menghadapi anak sulit makan.

Moms bisa memberikan pemahaman kepada anak, bahwa dengan ia mengonsumsi buah dan sayur bisa bermanfaat bagi tubuh dan menunjang pertumbuhannya dengan baik.

“Cukup berikan pemahaman sederhana, logis, dan cerdas tentang alasan mengapa makan sayur dan buah sangat diperlukan oleh tubuh. Cara ini bisa mengatasi anak yang masih suka memilih makanan,” ujar dr. Francisca pada Kulwap Orami Community, Kamis (26/2).

Baca Juga: Anak Susah Makan? Berikan 5 Ramuan Rahasia Ini Saja

6. Biarkan Bermain Makanan

4 Biarkan Bermain Makanan.jpg

Foto: dhanelle – Pixabay.com

Menghadapi anak sulit makan dapat dilakukan dengan memberikannya kebebasan untuk bermain dengan makanannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Eastern Finland menemukan bahwa, anak yang menghabiskan waktu bermain menggunakan tangan, dengan sayuran dan beragam buah dalam kelas aktivitas, (seperti memasak, menanam buah dan sayur, atau banyak melihat buku dan permainan bertemakan makanan), lebih cenderung memilih jenis makanan sehat ini dibanding anak yang tidak mengikuti kelas aktivitas terkait.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengatasi Anak Sulit Makan Buah dan Sayuran

7. Kurangi Snack

5 Kurangi Snack.jpg

Foto: Myriam Zilles – Pixabay.com

Klinik kesehatan anak yang fokus pada pemberian makan mencoba mendata apa saja yang dikonsumsi dan diminum anak setidaknya tiga hari sebelum mengunjungi klinik.

“Dari hasil pendataan ditemukan bahwa banyak anak menolak makanan baru, karena telah banyak mengonsumsi snack atau minum seharian, sehingga mengurangi nafsu makan besar mereka,” ungkap praktisi perawat pediatrik di Children’s Hospitals & Clinics of Minnesota, Minneapolis, Nancy Entgelmeier, seperti dikutip dari parents.com.

Saat orang tua disarankan untuk mengatur pola makan menjadi tiga makan besar dan satu sampai tiga porsi snack di waktu yang sama setiap hari, Nancy Entgelmeier menemukan bahwa anak menjadi lebih mudah menerima jenis makanan baru, karena menjadi sangat lapar.

Cara mengurangi snack dapat diterapkan untuk menghadapi anak sulit makan.

Baca Juga: 5 Resep Masakan untuk Anak yang Susah Makan

8. Berikan Anak Contoh yang Baik

anak sulit makan

Foto: Orami Stock Photos

Moms sebagai role model utama bagi anak, gunakanlah dengan sebaik mungkin, termasuk dalam memberikan contoh makan yang baik untuk anak.

Jadi, ketika anak sulit makan atau anak tidak sulit makan buah dan sayur, apakah Moms dan Dads juga sudah menunjukkan pada anak bahwa makanan tersebut enak rasanya dengan memberikan ekspresi yang menyenangkan?

Cobalah lakukan hal tersebut saat makan bersama dengan anak. Berikan suasana yang menyenangkan ketika makan, khususnya saat menghadapi anak sulit makan sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: 10 Kiat Mengatasi Anak Sulit Makan Saat Sakit

Itu dia Moms 8 cara menghadapi anak sulit makan yang bisa diterapkan.

Namun, jika menghadapi anak sulit makan disertai dengan penurunan berat badan yang cukup mengkhawatirkan, ada baiknya Moms segera mencari bantuan ahli atau Dokter anak terkait ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait