Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
7 Juli 2020

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak

Lakukan cara-cara berikut ini agar daya ingat Si Kecil jadi lebih baik, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, daya ingat adalah bagian penting untuk membangun fondasi yang kuat bagi proses belajar Si Kecil. Memiliki ingatan yang baik akan membantu ia berprestasi dan mencapai nilai yang sempurna.

Tetapi daya ingat yang baik tidak lahir dengan sendirinya, melainkan harus dikembangkan dan ditingkatkan sejak dini.

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Menurut studi dari Harvard Health Medical School, daya ingat perlu ditingkatkan sejak usia anak-anak masih kecil. Hal ini guna mencegah penyakit-penyakit serius yang berkaitan dengan ingatan seseorang di masa tua, seperti demensia, penyakit neurologis, atau bahkan alzheimer.

Sebagian besar daya ingat seseorang dapat menurun seiring bertambahnya usia. Untuk itu, penting melakukan berbagai strategi yang dapat mempertajam serta meningkatkan daya ingat sejak usia anak-anak. Berikut ini adalah 6 cara untuk meningkatkan daya ingat anak.

1. Memberinya Makanan Bergizi

meningkatkan daya ingat anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Dilansir dari Academy of Nutrition and Dietetics, menu makan terbaik untuk mendukung daya ingat dan fungsi otak akan mendorong aliran darah yang baik. Untuk itu, Moms perlu menyediakan makanan-makanan bergizi seperti ikan salmon, tuna, dan sarden yang mengandung omega 3 dan asam docosahexaenoic yang membantu meningkatkan daya ingat anak.

Selain ikan, Moms juga bisa menyajikan sayuran hijau seperti brokoli, kol, dan sayuran berdaun gelap lainnya untuk membantu meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Baca Juga: Manfaat Tidur Siang pada Bayi, Dapat Tingkatkan Daya Ingat?

2. Buat Sistem Pembelajaran Aktif

meningkatkan daya ingat anak 2.jpg

Foto: Freepik.com

Moms, salah satu cara melatih daya ingat anak adalah dengan membuat waktu belajar menjadi menarik. Ajak anak untuk berdiskusi tentang berbagai topik ringan tentang kehidupan sehari-hari.

Sesi ini akan mendorong Si Kecil untuk menyimpan informasi dalam pikiran mereka dalam waktu yang lama.

Mendorong Si Kecil untuk mengeluarkan pendapatnya juga dapat membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis sambil meningkatkan daya ingat, lho.

3. Gunakan Visualisasi

meningkatkan daya ingat anak 3.jpeg

Foto: Unsplash.com

Cara selanjutnya adalah mendorong Si Kecil untuk menggunakan alat bantu visual agar membantunya mengingat informasi yang baru saja dibaca atau didengar.

Misalnya dengan menggunakan kartu flash yang menyertakan kata-kata dan bergambar. Alat ini dapat digunakan untuk melatih mereka agar lebih mahir mempraktikkan definisi kata.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Bermain Flash Cards Bersama Balita

4. Gunakan Semua Indera

meningkatkan daya ingat anak 4.jpg

Foto: Freepik.com

Ambil pendekatan multisensori untuk belajar dengan menggunakan penglihatan, sentuhan, dan suara. Bacakan dengan suara keras, lakukanlah praktik percakapan, dan gunakan alat peraga agar suasana belajar menjadi lebih hidup.

Menggunakan semua indera dapat membantu melibatkan Si Kecil lebih dalam dan akan membuatnya lebih mudah paham dan mengingat.

5. Belajar dengan Lagu

meningkatkan daya ingat anak 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Dorong Si Kecil untuk membuat sajak, puisi, atau lagu dari informasi yang ia pelajari. Otak manusia sebenarnya didesain untuk lebih mudah mengingat musik dan pola, sehingga menggunakan musik atau sajak dapat membantu meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Belajar dengan lagu juga merupakan cara kreatif yang akan memudahkan proses belajar Si Kecil dan memudahkannya untuk mengingat materi yang dipelajari.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Perkembangan Balita

6. Dorong Anak untuk Bertanya

meningkatkan daya ingat anak 6.jpg

Foto: Freepik.com

Dalam proses belajar, memahami subjek adalah langkah pertama untuk bisa mengingat materi. Mendorong Si Kecil untuk mengajukan pertanyaan membantu memastikan mereka mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tertentu.

Cara ini juga membantu Si kecil berpikir kritis dan mengasah keterampilannya untuk memecahkan masalah.

Nah, Moms, itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat anak yang bisa coba dilakukan. Selain melalui cara-cara di atas, asupan gizi yang baik dan seimbang tentu dibutuhkan. Anak-anak pun butuh tidur dan istirahat yang cukup agar daya fokusnya lebih optimal. Semoga berhasil!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait