Bayi

BAYI
19 Juni 2020

Cara Mudah Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi, Yuk Coba!

Pelajari bagaimana cara meningkatkan penglihatan bayi untuk mendukung perkembangannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pada usia hanya beberapa minggu, bayi dapat menunjukkan penguasaan keterampilan melihat jika objek berada pada jarak yang tepat. Menurut American Optometric Association, sebagai bayi baru lahir, jarak ideal yang dimilikinya adalah delapan hingga 30 cm.

Bayi baru lahir juga dapat melacak objek dengan warna atau desain yang kontras dengan lebih baik, tetapi mainan atau benda menarik apa pun bisa dilihatnya.

“Bayi tidak dilahirkan dengan mengetahui cara melihat, mereka harus mengusahakannya. Bagian visual otak harus 'belajar' cara melihat dengan baik," jelas Melanie Kazlas, MD, direktur medis oftalmologi anak dan strabismus di Massachusetts Eye & Ear Infirmary di Boston.

Untuk membantu mendorong perkembangan penglihatan bayinya, ada beberapa game sederhana yang bisa dimainkan bersama dan juga memberi stimulus untuk bayi.

Kate Land, MD, seorang dokter anak di The Permanente Medical Group mengatakan, meskipun penglihatan bayi belum berfungsi secara matang, penting baginya untuk terus berlatih.

“Pepatah yang ingin saya gunakan dengan orang tua adalah: 'Jika seorang bayi tidak menggunakan penglihatan mereka, mereka akan kehilangan penglihatan mereka,” kata dia.

Baca Juga: 4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

Tips Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi

Setiap bayi adalah unik dan berkembang dengan kecepatannya sendiri, tetapi ada beberapa rentang usia umum yang bisa Moms perhatikan untuk mengaplikasikan cara meningkatkan penglihatan bayi. Yuk simak!

1. Bayi Usia 0-3 bulan

Coba 4 Tips Mudah Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi -1.jpg

Foto: Parents.com

Pada minggu pertama hingga berusia 3 bulan, bayi hanya bisa fokus pada benda dan orang yang berada sekitar 25 hingga 30 cm dari wajahnya.

"Itu adalah jarak antara bayi dan orang yang dicintai yang memegang dan memberinya makan, yang menunjukkan manusia dibangun untuk terhubung," kata Kate.

Jika bayi tidak memperhatikan wajah Moms saat menyusui atau tidak mulai mengikuti benda bergerak dalam waktu ini, disarankan untuk melakukan kunjungan ke dokter spesialis mata anak untuk menentukan apakah ada masalah penglihatan pada bayi atau tidak.

Sekitar usia 3 minggu, bayi dapat mulai fokus pada pandangannya sedikit lebih lama, rata-rata 10 hingga 12 detik. Jangan khawatir jika mata bayi tampak menyilang karena itu hal yang normal.

"Dalam beberapa bulan pertama kehidupan, mata bayi bisa terlihat sedikit juling, seperti tidak terkoordinasi dengan sempurna," kata Kate.

Saat usia ini, Moms bisa mengajaknya ngobrol saat menyusui. Ini adalah salah satu cara untuk membuat Si Kecil belajar fokus dan meningkatkan daya penglihatan bayi. Pertahankan juga jarak ideal dengan bayi untuk membantunya melihat wajah Moms.

2. Bayi Usia 4-6 bulan

Coba 4 Tips Mudah Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi -2.jpg

Foto: Everydayhealth.com

Saat ini bayi lebih mampu melihat warna dan merasakan kedalaman. “Inilah saat kedua mata bayi harus melihat ke arah yang sama dan bekerja bersama untuk memproses informasi,” jelas Kate.

Moms bisa mulai mendekatkan mainannya yang berwarna sambil bercerita. Ini bisa dilakukan setiap saat, apalagi saat Si Kecil belajar tummy time. Menjaga fokus mata bayi akan diperlukan saat ini. dan tak jarang Si Kecil mulai menunjukkan senyumnya saat mampu melihat sesuatu dengan jelas.

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai seperti tidak mengikuti objek atau wajah, mata yang lebih sering juling, atau refleks merah abnormal. Sementara rentang visi bayi dan keterampilan koordinasi mata-tubuh akan terus meningkat, pada usia 6 bulan kejernihan dan persepsi visi bayi hampir sepenuhnya berkembang.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Ketahui Tahap Perkembangan Penglihatannya

3. Bayi Usia 7-9 bulan

Coba 4 Tips Mudah Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi -3.jpg

Foto: Plano.co

Pada tahap ini, penglihatan bayi berkembang lebih jauh. Daya penglihatan bayi terus menajamkan dalam hal ketajaman visual dan kedalaman warna. Waspadai gejala yang sama dari tahap sebelumnya yang membutuhkan perhatian medis.

"Secara umum, orang tua harus mendasarkan kekhawatiran mereka pada bagaimana bayi merespons orang-orang di sekitarnya," jelas Melanie.

Perlihatkan benda-benda di dalam rumah yang berwarna mencolok sambil melihat responsnya sebagai cara meningkatkan penglihatan bayi. Biasanya bayi akan menunjukkan ketertarikan dengan berusaha menggapai benda tersebut.

Dalam hal ini, bayi juga sedang mengembangankan kordinasi mata dan tangan.

4. Bayi Usia 10-12 bulan

Coba 4 Tips Mudah Meningkatkan Daya Penglihatan Bayi -4.jpg

Foto: Healthline.com

Dalam usia ini, bayi bisa melihat dengan jelas semua hal di sekitarnya. "Penelitian klinis memberi tahu kita bahwa ketika bayi mendekati ulang tahun pertama mereka, bagian mata dan bagian visual otak telah matang, dan mereka telah memperoleh pengalaman visual yang cukup untuk penglihatan mereka mendekati 20/20," kata Melanie.

Jika bayi tidak menunjukkan gejala kelainan pada matanya, bayi akan menyukai segala benda di sekitarnya. Bayi juga akan melihat semua hal yang menarik perhatiannya dan mendapatkan persepsi yang sama sekali berbeda tentang lingkungan sekitarnya.

Moms bisa sering mengajaknya bermain, seperti permainan bola, memisahkan mainan berdasarkan warna, dan sebagainya.

Baca Juga: Ketahui 5 Tahapan Penglihatan Bayi Baru Lahir Hingga Bisa Melihat Sempurna

Itulah beberapa cara meningkatkan penglihatan bayi sesuai dengan usianya. Cara meningkatkan penglihatan bayi yang mana saja yang pernah Moms coba pada Si Kecil?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait