Parenting Islami

15 April 2021

Ketahui Tips Mempersiapkan Menu Buka Puasa, Penting Lho Moms!

Memilih bahan berkualitas adalah hal penting dalam mempersiapkan menu buka puasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Bulan Ramadhan telah darang. Selain memiliki agenda harian untuk lebih banyak beribadah, tidak ada salahnya juga bagi Moms untuk mulai menyusun menu buka puasa.

Ini bukan hanya memudahkan saat memasaknya, tapi juga bagus untuk mempersiapkan bahan yang bergizi dan segar.

Sebab, saat bulan Ramadhan, pola makan akan berubah. Salah satunya adanya perpindahan waktu makan selama 30 hari. Iranian Red Crescent Medical Journal mencatat, studi ini menunjukkan adanya pola makan khusus Ramadhan.

Ada beragam menu buka puasa yang menarik, lezat, dan bisa dengan mudah dibuat. Moms bisa membuat menu buka puasa dengan menuliskan ide masakan selama 30 hari.

Dengan menghadirkan cinta saat memasaknya, Moms bisa memberikan hidangan terbak setiap harinya.

Baca Juga: 3 Kandungan Wajib dalam Makanan Berbuka Puasa

Kompilasi Menu Buka Puasa Selam 30 Hari

Menu Buka Puasa -1

Foto: Orami Photo Stock

Memilih menu buka puasa yang tepat bukan hanya akan menyegarkan, tetapi juga memulihkan energi yang sudah dilepaskan selama beraktivitas sepanjang hari.

Makanan tepat untuk berbuka puasa yaitu makanan yang kaya akan kandungan gizi agar tubuh tetap segar.

Berikut ini adalah beberapa ide menu buka puasa yang bisa digunakan untuk menemani momen berbuka yang penuh berkah.

Hari ke 1

Hari ke 2

  • Es teler
  • Sayur lodeh
  • Ayam panggang bumbu kecap
  • Rempeyek teri atau ikan asin
  • Tempe atau tahu goreng
  • Sambal bajak

Hari ke 3

  • Es kelapa muda
  • Rawong daging
  • Perkedel kentang
  • Tempe goreng
  • Sambal terasi
  • Kerupuk udang

Hari Ke 4

  • Es dawet sagu
  • Sayur asam Jakarta
  • Pepes ikan
  • Ikan goreng
  • Dadar jagung
  • Sambal terasi

Hari Ke 5

  • Es cincau
  • Capcay kuah
  • Ayam tepung saus lemon
  • Mie goreng sayuran
  • Bola-bola tahu

Hari ke 6

  • Kolak pisang dan labu kuning
  • Soto ayam lengkap
  • Balado ceker pedas
  • Kerupuk udang
  • Sambal kemiri

Hari ke 7

  • Es teh manis
  • Sayur kunci bayem dan jagung manis
  • Ikan goreng
  • Dadar jagung
  • Sambal goreng udang/kerang
  • Sambal terasi

Hari ke 8

  • Es garbis serut
  • Sayur lodeh nangka muda
  • Empal gepuk
  • Rempeyek udang
  • Kerupuk

Hari ke 9

  • Es mutiara
  • Sup makaroni
  • Krengseng daging
  • Tempe goreng tepung
  • Kerupuk

Hari ke 10

  • Es kopyor
  • Rendang daging
  • Oseng daun singkong dan teri
  • Tempe goreng
  • Sambal cabai ijo bonus rendang

Hari ke 11

  • Setup tape manis (es tape)
  • Cah baso sayuran
  • Mie kuah baso
  • Udang goreng tepung
  • Tempe goreng tepung
  • Sambal bajak

Hari ke 12

  • Es timun suri
  • Sayur asem kangkung
  • Sate ampela pedas
  • Perkedel jagung
  • Sambal terasi
  • Ikan asin goreng tepung

Hari ke 13

  • Es cao gula gendheng
  • Bali ayam
  • Pecel sayuran
  • Perkedel kentang
  • Telur dadar

Hari Ke 14

  • Es jeruk manis
  • Ikan bakar pedas
  • Cap cay goreng
  • Tahu telur isi bihun
  • Cah kacang panjang

Baca Juga: 5 Cara Mix and Match Baju Hamil untuk Acara Buka Puasa Bersama

Hari ke 15

Hari ke 16

Hari ke 17

  • Teh manis panas
  • Tahu isi
  • Sayur asem betawi
  • Ikab pedak
  • Sambal terasi

Hari ke 18

  • Es sirup cocopandan
  • Serabi solo
  • Tekwan
  • Empal goreng
  • Asem-asem buncis

Hari ke 19

  • Teh manis panas
  • Tahu isi
  • Sayur sawi putih
  • Telur dadar
  • Udang tumis pedas

Hari ke 20

  • Kolak labu kuning
  • Ayam cabai hijau
  • Udang tumis pedas
  • Cap cay goreng
  • Bakwan sayur

Hari ke 21

Hari ke 22

Hari ke 23

  • Talam hijau
  • Ayam bumbu rujak
  • Sayur asem
  • Tahu tempe bacem
  • Kerupuk udang

Hari ke 24

  • Es jeruk
  • Daging lada hitam
  • Cah bokcoi
  • Perkedel udang
  • Kerupuk

Hari ke 25

  • Putu mayang
  • Ayam goreng
  • Rawon komplet
  • Kecap telur asin
  • Pecel sayuran

Hari ke 26

  • Teh manis panas
  • Bakwan toge
  • Gule daun singkong
  • Peyek teri
  • Sambal padang

Hari ke 27

  • Es teler
  • Udang tumis pedas
  • Gadon daging
  • Sapo tofu
  • Kerupuk merah

Hari ke 28

  • Ketan hitam saus santan
  • Kalio daging sapi
  • Selada padang
  • Kering kentang ebi

Hari ke 29

  • Puding cokelat fla vanila
  • Soto ayam bening
  • Empal gepuk
  • Perkedel kentang
  • Kerupuk

Hari ke 30

  • Teh manis panas
  • Opor ayam
  • Sayur godok kacang panjang
  • Sambal kentang
  • Kerupuk

Baca Juga: Agar Anak Tidak Bosan Menunggu Buka Puasa, Lakukan 4 Aktivitas Ini!

Tips Buka Puasa lebih Sehat

Menu Buka Puasa -2

Foto: Orami Photo Stock

Saat matahari terbenam, keluarga biasanya berkumpul di sekitar meja makan yang penuh dengan menu buka puasa.

Meskipun buka puasa adalah pengalaman yang menyenangkan, namun bisa menjadi ini akan menakutkan bagi orang yang berusaha mempertahankan kebiasaan makan baik selama bulan suci ini.

Memiliki menu buka puasa yang seimbang itu penting, karena makanan yang mengisi kembali simpanan energi dan membantu mempertahankan puasa keesokan harinya.

Moms melakukan persiapan ekstra dalam menghadirkan makanan yang tepat agar mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ramadhan adalah kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik yang akan menjadi pola makan yang baik dan bisa terus dilakukan setelah bulan puasa berakhir.

Ada bebeberapa tips yang bisa dilakukan untuk membantu agar momen berbuka puasa lebih sehat.

1. Hidrasi Sebelum Makan

Minum banyak cairan seperti air, jus segar, atau susu sebagai menu buka puasa akan membuat tubuh terhidrasi lebih banyak. Ini akan mencegah dehidrasi dan memberi tubuh cairan esensial yang dibutuhkannya.

Moms juga bisa memilih cairan lain yang mengandung isotonik jika dibutuhkan.

Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik. Minumlah 1 hingga 2 gelas air sebelum makan dan bukan selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan.

Waspadai juga minuman manis yang terlalu banyak karena mengandung gula dan kalori yang berlebih yang tidak baik untuk tubuh.

2. Berbuka Puasa dengan Kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal makanan berbuka puasa. Karena kurma merupakan sumber gula alami yang bergizi, yang akan mengisi tubuh dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Ada banyak manfaat kurma yang akan dirasakan, terutama untuk kesehatan. Tak heran ini menjadi makanan yang cocok sebagai menu buka puasa.

Jika Moms atau salah satu anggota keluarga menderita sakit kepala selama melakukan puasa, ini kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah. Memulai berbuka puasa dengan 2 buah kurma dan mengembalikan kadar gula.

3. Makan Semangkuk Sup

Karena sup adalah hidangan yang sangat diperlukan dalam buka puasa. Ini kaya akan air dan membantu melembabkan kulit dan saluran pencernaan. Beli sup miju-miju, tomat, atau sayuran dan hindari sup berbahan dasar krim.

Ini juga akan menjadi menu buka puasa yang akan menghangatkan perut dan memperbaiki sistem pencernaan. Jika Moms tidak menikmati sup hangat selama musim panas, sup dingin bisa menjadi alternatif yang bagus.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa dan Maknanya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

4. Makan Sayuran

Ini menjadi makanan untuk menu buka puasa yang penting karena sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan ini juga memberikan begitu banyak nutrisi dengan sedikit kalori.

Semakin banyak warna salad, semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Sayuran juga memberikan perasaan kenyang, yang dapat memastikan seseorang untuk makan hidangan utama lebih sedikit. Usahakan untuk makan 2 porsi sayuran setiap kali makan.

Satu porsi sama dengan 1/2 cangkir sayuran mentah atau dimasak atau jus sayuran atau 1 cangkir sayuran mentah berdaun.

5. Pilih Karbohidrat yang Baik

Dalam deretan menu buka puasa juga jangan melupakan kehadiran makanan yang mengandung sumber karbohidrat, dan lebih disukai yang kompleks. Ini bisa merupakan nasi merah, pasta atau roti gandum, kentang atau burghul.

Sebab, karbohidrat kompleks dapat menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral. Hadirnya karbohdrat baik juga akan menyempurnakan hidangan istimewa Moms di atas meja makan.

6. Protein Tanpa Lemak

Saat menentukan menu buka puasa, Moms juga harus menghadirkan makan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh akan menggunakannya untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan unggas semuanya merupakan protein berkualitas tinggi yang lengkap. Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh. Sertakan juga ikan, ayam atau kalkun tanpa kulit dan produk susu rendah lemak.

7. Makan dengan Santai

Jangan terburu-buru menghabiskan makanan. Setelah dilarang makan sepanjang hari, makanan yang berlebihan dan terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. Cukup makan dengan santai dan menikmati setiap suapannya.

Hadirkan menu buka puasa ringan dengan porsi makan yang wajar. Mengontrol ukuran porsi makan adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

Sebagai aturan praktis, jangan melebihi jumlah yang akan disantap untuk makan siang atau makan malam pada umumnya.

8. Hindari Makanan Tinggi Lemak, Garam dan Gula

Jika memungkinkan, jauhi makanan berat untuk buka puasa yang mengandung terlalu banyak lemak tidak sehat, garam, dan tambahan gula. Moms bisa memasak makanan berbuka secara lebih sehat dengan merebus, memanggang, mengukus dan hindari menggoreng.

Tambahkan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam untuk membumbui makanan. Terakhir, ganti permen dan minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah-buahan kering, dan salad buah.

Pastikan untuk mempersiapkan bahan terbaik dalam mempersiapkan menu buka puasa agar dapat menghadirkan hidangan yang bukan hanya enak, tapi juga sehat selama bulan Ramadhan.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4270674/
  • https://makananoleholeh.com/menu-buka-puasa/#Menu_Buka_Puasa_1_Bulan_Penuh_2021
  • http://resepdamai9.blogspot.com/2016/05/menu-buka-puasa-sahur-selama-30-hari.html
  • https://english.alarabiya.net/life-style/healthy-living/2016/06/22/Are-you-feasting-after-fasting-Top-8-healthy-eating-tips-for-Ramadan-iftars
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait