Kesehatan

KESEHATAN
31 Januari 2021

Menu Diet Mayo untuk Moms, Efektif Turunkan Berat Badan

Makanan seperti apa yang harus Moms konsumsi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kurus dengan tetap mengonsumsi berbagai makanan tanpa berpantang, dapat dilakukan oleh mereka yang mengonsumsi menu diet mayo

Dalam melakukan diet, beberapa pola makan bisa jadi sulit untuk dipatuhi dan menyebabkan orang kehilangan motivasi.

Namun, Moms pasti tidak asing dengan salah satu metode diet yang disebut diet mayo.

Diet mayo tidak hanya berfokus pada apa yang Moms makan dan berapa berat yang Moms konsumsi, tetapi juga pada kesehatan dan gaya hidup Moms secara keseluruhan.

Diet mayo merupakan pola makan seimbang yang berfokus pada makanan sehat dan olahraga teratur.

Itukah kenapa, pola atau rencana diet mayo juga memberikan tips untuk menghentikan kebiasaan lama yang tidak sehat dan membentuk kebiasaan baru yang sehat seperti berolahraga.

Penelitian yang diterbitkan dalam Mayo Foundation for Medical Education and Research juga menyebutkan bahwa pembentukan pola diet untuk beberapa orang yang sakit misalnya untuk pasien diabetes, ternyata dapat mengontrol gula darah.

Karena secara signifikan mengurangi kalori, diet mayo juga mungkin membantu menurunkan berat badan.

Akan tetapi meskipun demikian, diet mayo mungkin tetap akan membatasi Moms dan sulit diikuti.

Baca Juga: Serba-serbi Diet Keto, yang Dianggap Ampuh Turunkan Berat Badan

Pengertian Diet Mayo

Piramida diet mayo.png

Foto: oldwayspt.org

Dikutip dari Healthline, diet mayo dikembangkan oleh para ahli penurunan berat badan di Mayo Clinic, salah satu sistem rumah sakit terbaik di Amerika Serikat.

Pola dan menu diet mayo didasarkan pada buku Mayo Clinic Diet asli yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1949 dan terakhir diperbarui pada tahun 2017.

Diet mayo menggunakan piramida untuk mendorong olahraga dan menggambarkan menu diet mayo yang harus Moms makan saat menjalani diet.

Buah-buahan, sayur mayur merupakan menu diet mayo yang utama. Ada juga aktivitas fisik yang membentuk dasar piramida.

Karbohidrat membentuk lapisan berikutnya, diikuti oleh protein, lemak, dan terakhir permen.

Sementara piramida mendefinisikan karbohidrat sebagai roti dan biji-bijian, perhatikan bahwa sayuran bertepung tertentu seperti jagung dan kentang, juga dihitung sebagai karbohidrat dalam poka makanan ini.

Diet ini mendorong Moms untuk membatasi ukuran porsi dan mengajari Moms cara merencanakan makanan di sekitar piramida makanannya.

Menu diet mayo mengandalkan piramida yang menekankan buah-buahan, sayuran, dan aktivitas fisik sebagai dasar gaya hidup sehat.

Baca Juga: Kisah Diet yang Sukses dan Jadi Viral

Cara Melakukan Diet Mayo

Cara melakukan diet mayo.jpeg

Foto: Healthline
Fase diet yang berlangsung selama dua minggu, dirancang untuk menghasilkan penurunan berat badan sebesar 2,7–4,5 kg.

Setelah itu, Moms bertransisi ke fase 'Live it!'.

Fase dimana Moms mengikuti aturan yang sama, tetapi diperbolehkan istirahat sesekali.

Sementara promotor diet mengklaim bahwa seseorang tidak perlu menghitung kalori, tetapi diet mayo tetap membatasi kalori.

Kebutuhan kalori seseorang ditentukan berdasarkan berat badan awal dan berkisar antara 1.200–1.600 kalori per hari untuk wanita dan 1.400–1.800 untuk pria.

Menu diet mayo kemudian menyarankan berapa banyak porsi sayuran, buah-buahan, karbohidrat, protein, produk susu, dan lemak yang harus dimakan berdasarkan target kalori.

Misalnya, pada diet 1.400 kalori, Moms diizinkan untuk mengonsumsi menu diet mayo masing-masing 4 porsi sayuran dan buah-buahan, 5 porsi karbohidrat, 4 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak.

Diet mayo mendefinisikan satu porsi buah sebesar ukuran bola tenis dan satu porsi protein seperti ukuran setumpuk kartu atau sekitar 3 ons (85 gram).

Diet ini dirancang untuk mengurangi asupan sebanyak 500–1.000 kalori per hari selama fase pertams sehingga Moms bisa kehilangan 0,5–1 kg per minggu. Hal ini jugs serupa dengan hasil penelitian Harvard Health Publishing.

Jika berat badan Moms turun terlalu cepat, Moms bisa menambahkan lebih banyak kalori.

Saat Moms mencapai berat badan yang Moms inginkan, Moms harus makan sejumlah kalori yang memungkinkan Moms mempertahankan berat badan.

Diet Mayo dimulai dengan fase lompatan dua minggu, yang diikuti dengan fase penurunan berat badan jangka panjang secara bertahap.

Baca Juga: Bagaimana Diet yang Baik untuk Pemula?

Pilihan menu diet mayo.jpeg

Foto: Healthline
Untuk menjalani diet mayo, biasanya seseorang akan menyusun daftar menu diet mayo yang harus dikonsumsi selama fase awal atau 13 hari.

Menu diet mayo mewajibkan Moms tidak menggunakan garam.

Berikut ini adalah contoh meal plan untuk menu diet mayo selama 13 hari.

1. Menu Diet Mayo Hari 1 - 7:

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 1

  • Menu Pagi: kopi / teh 1 gelas dengan 1 sdt gula
  • Menu Siang: 2 butir telur ayam rebus + 1 ikat daun bayam rebus dan tomat segar + 1 buah segar
  • Menu Malam: 100 gr daging goreng ditambah selada yang disiram lemon

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 2

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt gula
  • Menu Siang : 60 gr daging goreng + selada + 1 pcs buah segar (anggur, belimbing, pepaya)
  • Menu Malam: 120 gr ayam kukus + 1 cangkir susu non-fat tanpa gula

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 3

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt Gula + 1 pc roti
  • Menu Siang: 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam + 1 buah tomat + 1 buah segar
  • Menu Malam: 100 gr steak goreng + selada dengan kucuran jeruk nipis

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 4

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt gula + 1 pc roti
  • Menu Siang: 1 butir telur rebus + wortel (rebus sebentar) + 1 buah keju segitiga
  • Menu Malam: 1 cangkir penuh pepaya dikucuri jeruk nipis + 1 cangkir susu non-fat

Makanan Menu Diet Mayo Hari - 5

  • Menu Pagi: 1 wortel besar parut kasar ditaburi jeruk nipis + 1 cangkir kopi /teh dengan 1 sdt gula
  • Menu Siang: 120 gr ayam kukus dengan sedikit saus mentega tawar
  • Menu Malam: 60 gr daging goreng + selada + bayam rebus

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 6

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh tanpa gula + 1 pcs roti tawar bakar
  • Menu Siang: 120 gr ayam kukus + selada diberi jeruk nipis
  • Menu Malam : 2 butir telur rebus + 2 wortel besar mentah + jeruk nipis

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 7

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh tanpa gula
  • Makan Siang: 60 gr + 1 pcs steak goreng segar
  • Menu Malam: jangan makan

2. Menu Diet Mayo Hari 8 - 13:

Menu Makanan Diet Hari - 8

  • Menu Pagi: oatmeal dengan susu + buah pir
  • Menu Siang: tortilla bread, omellete paprika dan mushroom
  • Menu Malam: Ubi panggang, tumis buncis, tempe dan wortel + ayam panggang telur

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 9

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt gula pasir + 1 pisang + 1 telur rebus
  • Menu Siang: 1 roti bakar + 2 telur rebus + buah pir
  • Menu Malam: 120 gr ayam kukus + 1 cangkir susu non-fat tanpa gula

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 10

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt teh gula + 1 pcs roti
  • Menu Siang: 2 butir telur rebus + 1 ikat bayam / tomat + kangkung + 1 pcs buah segar
  • Menu Malam: 100 gr daging goreng + selada dengan jeruk nipis

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 11

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh dengan 1 sdt gula + 1 pcs roti
  • Menu Siang: 1 butir telur rebus + wortel (rebus sebentar) + 1 buah keju segitiga
  • Menu Malam: 1 cangkir penuh pepaya diberi perasan jeruk nipis + 1 cangkir susu non-fat

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 12

  • Menu Pagi: 1 buah wortel besar parut kasar ditaburi jeruk nipis
  • Menu Siang: 120 gram ayam kukus dengan sedikit saus mentega tawar
  • Menu Malam: 60 gram steak goreng + selada + bayam rebus

Menu Makanan Diet Mayo Hari - 13

  • Menu Pagi: 1 cangkir kopi / teh tanpa gula + 1 pcs roti tawar bakar
  • Menu Siang: 120 gr ayam kukus + selada diberi jeruk nipis
  • Menu Malam : 2 butir telur rebus + 2 wortel besar mentah + jeruk nipis

Baca Juga: 3 Minuman Pendukung Diet

Catatan penting untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan perut buncit hanya dalam 13 hari yaitu memastikan untuk tidak mengonsumsi garam (asin) dalam menu diet mayo.

Selain mengonsumsi menu diet mayo, Moms juga harus minum 8 gelas besar / 2 liter air sehari.

Namun ingat untuk tidak minum air dingin selama proses diet mayo sedang berlangsung.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait