Bayi

BAYI
9 Juni 2020

Ini Alasan Kenapa Moms Harus Menunda Playdate selama Pendemi

Playdate fisik bisa diganti dengan playdate lewat video call
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pendemi COVID-19 telah memicu social distancing. Semua acara olahraga, konser, belajar di sekolah, dan konferensi ditiadakan menjaga agar virus tidak menyebar lebih luas.

Mengingat tentang bagaimana virus ini menyebar secara fisik, Moms mungkin berpikir bahwa playdate dengan satu anak yang tidak memiliki gejala masih dikatakan aman. Tapi benarkah demikian? Apakah playdate juga harus ditiadakan?

Jika Moms terjebak di rumah bersama Si Kecil dan mulai merasa sedikit stres, playdate mungkin terdengar seperti obatnya. Tetapi mengingat risiko dan pentingnya memperlambat penyebaran virus adalah alasan tidak menggelar playdate saat COVID-19, sebaiknya Moms mengingat hal tersebut.

“Orang tua harus mencoba dan menghindari playdate untuk anak-anak,” jelas Ronan Glynn BSc, PhD, fisioterapis dan dokter medis yang juga Wakil Kepala Petugas Medis dan Kepala Unit Perlindungan Kesehatan di Departemen Kesehatan di Irlandia.

Bayi dan anak sebenarnya bukan bagian dari golongan yang berisiko. Saat terkena virus ini, anak-anak mungkin akan sedikit menderita demam, batuk, dan sesak napas. Tetapi kemungkinan mereka akan selamat seperti dilansir Health.harvard.edu.

“Sulit untuk melarang anak-anak bermain dengan teman-teman mereka, tetapi kami tidak menyarankan untuk mencampurkan berbagai kelompok anak-anak, terutama jika ada orang dalam kelompok yang memiliki gejala,” jelas Dr Nuala O'Connor, penasihat utama COVID-19 dengan Irish College General Physician.

Baca Juga: 4 Tips Mengajak Si Kecil Ikut Playdate untuk Pertama Kali

Tunda Playdate saat Pandemi

Moms Tunda Playdate Selama Pendemi Covid-19 Ya Ini Alasannya -1.jpg

Foto: Nytimes.com

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), social distancing adalah menempatkan ruang di antara orang-orang. Ketika orang yang terinfeksi virus menjauh dari orang lain, mereka tidak dapat menularkannya kepada orang lain.

Dengan cara ini, semakin sedikit orang yang sakit pada saat yang sama. Ini membuat dokter dan rumah sakit lebih maksimal merawat pasien.

Social distancing dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti: tidak berkumpul secara pribadi dengan teman-teman, tidak pergi ke toko kecuali jika perlu, kerja dari rumah dan tidak menggunakan transportasi umum, termasuk bus, kereta, taksi, dan rideshare.

Ini adalah cara paling ampuh mengendalikan penyebaran virus yang dimulai dari dalam anggota keluarga. Ini berarti;

  • Jaga keluarga di rumah dan jauh dari orang lain sebanyak mungkin.
  • Tidak bepergian ke tempat-tempat seperti bioskop atau restoran, atau ke acara kelompok, kegiatan olahraga, dan bahkan untuk sekadar playdate.
  • Jika di luar, jaga jarak aman.
  • Ajari dan ajak anak untuk sering mencuci tangan, meski di rumah.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Menu Makanan Untuk Playdate Anak

Pilih Alternatif Berkumpul Lainnya

Moms Tunda Playdate Selama Pendemi Covid-19 Ya Ini Alasannya -2.jpg

Foto: Shutterstock.com

Jika biasanya playdate berarti datang atau mengundang bayi lain untuk bermain bersama, kini hal tersebut sebaiknya dihindari. Berada jauh dari teman, keluarga besar, dan kegiatan yang biasa dilakukan biasanya akan terasa sulit untuk anak-anak.

Untuk membantu bayi tetap terhubung, Moms bisa playdate menggunakan fitur video call di beberapa platform yang akan memudahkan komunikasi bersama keluarga dan teman yang lain secara langsung.

Anggap saja social distancing hanyalah mengatur fisik. Manfaatkan aplikasi media sosial dan video untuk saling mendukung, tertawa bersama, dan saling menjaga hingga virus terkendali.

Moms juga juga dapat merencanakan kegiatan keluarga inti. Misalnya dengan berjalan kaki pagi, bermain bola atau naik sepeda bersama sebagai cara untuk keluar dari rumah dan tetap beraktifitas tanpa melakukan kontak fisik.

“Ajari anak-anak Anda cara berinteraksi, cara mencuci tangan dengan benar dan etiket batuk atau bersin. Jika batuk atau bersin, tutupi dengan lekukan siku Anda atau tutupi dengan tisu dan tisu langsung dibuang ke tong sampah,” jelasnya.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengajak Anak Playdate!

Saat pergi bersepeda atau hiking, memungkinkan Moms untuk tetap bersama namun lebih sedikit berbagi kuman, karena membawa dan menggunakan pembersih tangan masih merupakan ide yang baik.

Alasan paling penting untuk tidak melakukan playdate saat pandemi adalah memilih untuk menjadi bagian yang mendukung tugas petugas kesehatan, sekaligus tidak menjadi orang tua yang abai terhadap anak dan lingkungan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait