Newborn

1 Februari 2020

Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Sesuai dengan Jenis Rambut

Apakah Moms sudah mengetahuinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Si Kecil yang baru lahir membutuhkan banyak perawatan. Tidak hanya perawatan tubuh dan kulit, tetapi juga rambut, terutama jika rambut Si Kecil tumbuh lebat.

Tubuh bayi baru lahir belum memiliki perlindungan yang maksimal, Si Kecil bisa mengalami beberapa kondisi dan masalah ketika terpapar dengan polutan luar.

Baca Juga: Rambut Bayi Rontok, Normalkah?

Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir

Karena setiap bayi memiliki ketebalan rambut yang berbeda-beda, berikut ini tips merawat rambut bayi baru lahir dengan beberapa langkah mudah yang bisa Moms lakukan.

1. Bayi Tidak Memiliki Rambut

merawat rambut bayi-botak

Foto: Orami Stock Photos

Mengutip Parents, bila Si Kecil tidak memiliki rambut saat baru lahir, Moms tetap memberikan sampo dua kali seminggu untuk menghindari cradle cap yang merupakan kondisi bersisik di kulit kepala.

Untuk melindungi kulit kepala bayi dari paparan sinar matahari, penting untuk selalu mengenakan topi atau pelindung kepala lain yang menutup kepala Si Kecil dengan optimal.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Bayi Baru Lahir Agar Sehat dan Lebat

2. Rambut Bayi Tipis

merawat rambut bayi-rambut tipis

Foto: Orami Stock Photos

Selain perlu rutin membersihkan rambut dan kulit kepala dengan sampo, jangan lupa untuk menyisir dengan lembut dan rapikan gumpalan yang jatuh ke telinga atau mata bayi untuk merawat rambut bayi.

Untuk anak laki-laki, Moms bisa memotong tipis untuk menjaga rambutnya pendek dan mudah diatur. Sementara, bagi anak perempuan bisa dibiarkan rambutnya tumbuh panjang sehingga tampak lebih menggemaskan.

3. Rambut Bayi Tebal dan Keriting

merawat rambut bayi-keriting.jpg

Foto: pixy.org

Untuk merawat rambut bayi yang tebal dan keriting, Moms dapat mengolesi kondisioner atau baby oil setelah keramas seminggu sekali jika Si Kecil memiliki rambut yang sangat kering.

Sisir rambut keriting Si Kecil dengan lembut, dari akar ke arah keluar. Bagi anak dengan rambut keriting, mungkin akan lebih mudah untuk memotong pendek rambut Si Kecil.

Baca Juga: 4 Cara Alami Mengatasi Kutu Rambut Bayi

4. Rambut Bayi Tebal dan Lurus

merawat rambut bayi-lebat lurus

Foto: Orami Stock Photos

Tidak dapat disangkal, bahwa bayi dengan rambut tebal sangat lucu dan menggemaskan. Tetapi, Moms juga harus rajin-rajin untuk merawat rambut bayi yang tebal dan lurus, salah satunya rutin mencuci dengan sampo.

Mengutip Indian Journal of Dermatology, sampo tidak hanya membersihkan kulit kepala dan rambut, tetapi juga berfungsi untuk merawat dan memperindah rambut dan membantu mengatasi berbagai masalah kulit kepala.

Sikat rambut dengan sangat lembut, agar menjaga rambut tetap halus dan berkilau. Bila tidak ingin terlalu ribet, Moms bisa memotong rambut Si Kecil untuk memberikan penampilan yang tak kalah imut.

Meskipun mencuci rambut penting, tetapi jangan terlalu sering ya Moms. Mengutip Cleveland Clinic, terlalu sering mencuci rambut membuatnya kering, rapuh dan rusak.

Selain itu, kulit kepala kering, teriritasi, atau gatal. Ketika kulit kepala kering, maka dapat meningkatkan kerontokan rambut.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait