Bayi

BAYI
20 Juni 2020

Rayakan Ulang Tahun Online dengan Menyenangkan Saat Pandemic Covid-19

Merayakan ulang tahun secara online dapat membuat Si Kecil bahagia saat hari istimewanya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pandemi Covid-19 saat ini membuat banyak acara yang mengumpulkan banyak orang harus mundur, termasuk saat ingin merayakan ulang tahun untuk Si Kecil.

Salah satu alasannya nya karena anak-anak masih sulit memahami konsep social distancing atau menjaga jarak. Yang dipahami adalah keriuhan suasana pesta dan bahagia melihat banyaknya makanan dan bermain dengan teman-teman.

Ternyata, Moms tetap bisa merayakannya meskipun secara online. Kehadiran orang lain dalam masa pandemic ini bisa digantikan dengan hadirnya banyak aplikasi konferensi video online yang bisa terhubung dalam satu waktu.

Tips Merayakan Ulang Tahun Online saat Pandemi

Merayakan ulang tahun online mungkin tampak membingungkan, tapi beberapa tips ini akan berguna untuk menyemarakkan hari istimewa untuk Si Kecil.

1. Buat Undangan dan Dresscode

Rayakan Ulang Tahun Online dengan Menyenangkan Saat Pandemic Covid-19 -1.jpg

Foto: Wehearit.com

Jika berencana merayakan ulang tahun online sesua tanggal lahir, Moms bisa memasukannya dalam undangan. Moms bisa membuat undangan virtual dengan desain dan grafis yang menarik, serta memasukkan link konferensi video seperti Zoom, FaceTime, Google Hangouts, atau Skype. Atau, Moms bisa juga membuat undangan fisik dan mengirimnya jauh-jauh hari kepada undangan.

Jangan lupa untuk menyisipkan balon dan beberapa ornamen pesta bersama undangan tersebut untuk menyeragamkan konsep dalam merayakan ulang tahun online Si Kecil.

Para ahli mengatakan kemungkinan virus menempel melalui surat tidak memungkinkan, dan menerima undangan fisik mungkin akan terasa sangat istimewa saat ini karena akan memberi kesan memorable.

Seri Kertzner, chief party officer di Little Miss Party Planner mengatakan, ada beberapa detail yang harus disertakan dalam undangan.

“Termasuk waktu yang jelas untuk kapan tamu harus untuk masuk, ID/tautan rapat untuk pesta, dan tentu saja detail tentang kegiatan yang Anda inginkan agar orang berpartisipasi di dalamnya. Termasuk waktu yang Anda rencanakan untuk menyanyikan ‘Selamat Ulang Tahun!’ secara bersamaan,” jelasnya.

Memakai dandanan khusus juga akan membantu pesta terasa lebih spesial, meski berada di rumah masing-masing. Si Kecil juga akan merasa gembira saat teman-temannya melakukan hal yang sama. Masukkan dresscode juga dalam undangan agar temannya yang lain ikut mempersiapkannya.

Baca Juga: Gemas! Balita Ini Merayakan Ulang Tahun Pertamanya dengan Photoshoot Sebagai Pangeran Disney

2. Hiasi Latar Belakang Ruangan

Rayakan Ulang Tahun Online dengan Menyenangkan Saat Pandemic Covid-19 -2.jpg

Foto: Aliexpress.com

Sama seperti peraayaan ulang tahun pada umumnya, Moms bisa memilih latar belakang ruangan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Moms juga bisa meminta undangan untuk melakukan hal yang sama di ruangan tempat konferensi video saat merayakan ulang tahun online Si Kecil.

Misalnya, jika Si Kecil menyukai spiderman, hias latar belakang ruangan dengan gambar spiderman dan balon-balon senada. Minta hal serupa dilakukan pada teman-teman Si Kecil dengan mendekor nuansa dominan merah biru sesuai konsep spiderman di lokasi mereka menerima telepon. Dengan cara ini, Si Kecil akan melihat bahwa meskipun jauh, nuansa pesta dan teman-teman serta saudaa masih merayakan hari istimewanya.

“Anda ingin tamu Anda benar-benar dapat melihat semuanya melalui layar mereka. Spanduk dan latar belakang yang berwarna-warni, lampu yang berkelip, dan balon akan membuat ruang Anda terasa lebih meriah,” tambah Seri.

Baca Juga: 5 Tips Merayakan Pesta Ulang Tahun dengan Budget Rendah

3. Berkreasilah dengan Makanan dan Games

Rayakan Ulang Tahun Online dengan Menyenangkan Saat Pandemic Covid-19 -3.jpg

Foto: Redtri.com

Biarkan Si Kecil memilih makanan impianya. Biasanya Si Kecil akan meminta camilan, terutama es krim. Taruh cake ulang tahun sebagai latar belakang beserta balon dan cupcake untuk memeriahkan perayaan. Tata makanan tersebut sedemikian rupa agar Si Kecil senang melihat dan memakannya.

Untuk games, Moms dapat menyembunyikan hadiah-hadiah kecil di sekitar rumah atau halaman dan memberikan petunjuk bagi Si Kecil untuk menemukannya. Berkreasilah dengan itu dan jadikan itu permainan yang menyenangkan bagi Si Kecil hingga dia menikmati hadiah hasil pencariannya.

Pesta dansa virtual adalah cara meriah lainnya untuk menghabiskan waktu. Pastikan Moms memiliki sound yang kencang, jernih dan berkualitas baik agar saat konferensi video, teman-teman Si Kecil bisa mendengarkannya dengan baik. “Anda bisa memainkan permainan beku. Nyalakan musik dan biarkan mereka bergoyang. Kemudian hentikan lagu dan biarkan orang lain membeku,” kata dia.

Baca Juga: 5 Ide Tema Pesta Ulang Tahun Anak Laki-Laki

4. Kado

Rayakan Ulang Tahun Online dengan Menyenangkan Saat Pandemic Covid-19 -4.jpg

Foto: Catchmyparty.com

Tidak ada pesta yang meriah tanpa adanya kado. Meski masih memungkinkan Moms untuk menerima kado dari teman-teman Si Kecil, akan lebih baik lagi untuk Moms memberikan goodie bag sebagai oleh-oleh bagi undangan yang telah berpartisipasi, misalnya dengan mengirimkan paket goodie bag.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengajarkan berbagi pada SiKecil di hari istimewanya. Misalnya dengan memberikan kue-kue kepada tetangga, mengirimkan paket makanan kepada anak yatim, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini Kado Yang Cocok Untuk Ulang Tahun Pertama Si Kecil

Meski tahun ini harus merayakan ulang tahun secara online, ajak Si Kecil untuk tetap menikmatinya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait