3-12 bulan

3-12 BULAN
7 Desember 2020

Ini 9 Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan yang Recommended!

Bingung memilih merk bubur bayi penambah berat badan? Cari solusinya di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Setelah mulai MPASI, banyak Moms yang bersemangat untuk memberikan makanan terbaik untuk Si Kecil. Moms mngkin juga sedang mencari merk bubur bayi penambah berat badan.

Namun, ketika berat badan bayi tidak bertambah seperti seharusnya meski telah melakukan usaha tersebut, hal itu dapat menimbulkan banyak pertanyaan dan banyak malam yang dilalui tanpa tidur karena gelisah lho, Moms.

Ada banyak alasan berbeda mengapa berat badan bayi tidak bertambah sebagaimana mestinya.

Misalnya saja karena masalah genetik, memiliki masalah saat makan, makanan yang tidak higienis, dan sebagainya. Moms perlu memperhatikan bayi saat makan agar bisa segera mencari solusinya.

Tapi salah satu solusinya adalah menambahkan beberapa makanan berkalori tinggi ke dalam makanan bayi.

Menurut Healthy Eating SFGate, bayi membutuhkan antara 50-55 kalori per kilo berat badan per hari selama 6 bulan pertamnya. Dan ini bisa didapatkan salah satunya dari bubur bayi.

Mendapatkan nutrisi yang optimal tentu saja akan mendukung bayi untuk mendapatkan berat badan yang seimbang.

“Pada usia sekitar 6 bulan, bayi membutuhkan makanan padat selain ASI atau susu formula untuk pertumbuhan dan nutrisi,” kata Dr. Tracey Agnese, dokter anak di New York City.

Para dokter di UpToDate juga mencatat bahwa kenaikan berat badan yang lambat pada bayi mungkin merupakan sebuah tanda adanya penyakit menyertainya dan biasanya tidak disadari oleh Moms sebelumnya.

Karena MPASI hanyalah makanan pendamping pada bulan-bulan pertamanya, penting bagi Moms untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehingga dapat menghasilkan ASI yang berkualitas.

Menurut sebuah studi 2018 di Journal of Pediatrics, bayi yang menyusui eksklusif hingga setidaknya berusia enam bulan, memiliki peluang lebih baik untuk memiliki berat badan yang sehat usia satu tahun.

Selain ASI dan makanan berkalori, ada pula solusi lain yakni dengan memberikan bubur bayi penambah berat badan.

Akan ada banyak pilihan merk bubur bayi penambah berat badan yang tersedia di pasaran. Ada beberapa pertimbangan sebelum Moms memutuskan akan membeli bubur yang mana.

Baca Juga: Tips Memasak Bubur Tim untuk MPASI Bayi 6-12 Bulan

Makan Terbaik Pertama untuk Bayi

makanan pertama untuk bayi

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mencari tahu apa saja rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan, Moms dapat memberikan dulu puree alami untuk makanan pertama Si Kecil.

Dr. Tracey biasanya merekomendasikan untuk memulai dengan pure sayuran atau buah berbahan tunggal apa pun, seperti alpukat, labu butternut, ubi jalar, wortel, atau kacang polong adalah pilihan yang baik.

American Academy of Pediatrics (AAP) bahkan merekomendasikan untuk memulai dengan bubur daging, karena ini adalah sumber zat besi yang baik,” jelasnya.

Moms dapat menambahkan susu formula atau ASI ke makanan pertama ini untuk mendapatkan tekstur yang baik untuk bayi.

Meski sebenarnya semua sayur, buah dan daging bagus untuk bayi, namun ada beberapa makanan yang harus dihindari pada bayi di bawah usia satu tahun, meliputi:

  • Memiliki potensi bahaya tersedak, misalnya seperti kacang, popcorn, dan anggur,
  • Madu, karena risiko botulisme pada bayi,
  • Makanan dengan tambahan gula atau garam, seperti jus, dan
  • Susu sapi yang tidak dimodifikasi

Mengenai makanan yang bisa menjadi alergen, dokter anak ini merujuk pada penelitian baru dari Healthy Children yang menunjukkan bahwa paparan dini sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko alergi makanan pada bayi di kemudian hari.

Memperkenalkannya terlebih dahulu pada bayi bukan menjadi masalah.

“Makanan seperti telur, ikan, kacang tanah, dan kacang lainnya dapat diperkenalkan pada bayi pada usia 4-6 bulan selama bahaya tersedak dapat diatasi dan telah melewati beberapa makanan padat lainnya terlebih dahulu,” jelasnya.

Selanjutnya, seperti apa tips memilih rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan? Simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bubur Bayi Enak dan Sehat, Sudah Coba?

Tips Memilih Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan

tips memilih merk bubur bayi penambah berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Karena Moms memiliki misi lain yakni menambah berat badan, Moms harus mencari tahu mana saja merk bubur bayi penambah berat badan yang bagus.

Ini juga akan bergantung pada beberapa faktor, seperti bahan baku yang digunakan, variasi rasa, dan mempertimbangkan harga.

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih bubur bayi, yakni:

  • Baca label lebih dulu. Ini akan memberikan informasi awal tentang bubur yang akan dipilih. Cobalah untuk tetap memilih makanan bayi berbahan alami. Meski makanan herbal dan rempah-rempah memang enak, tetapi sebaiknya menghindari makanan seperti sirup jagung, gula, dan garam sebelum usai Si Kecil memasuki 1 tahun.
  • Pilih bubuh berbahan gandum daripada nasi. Jika Moms memutuskan untuk memberi sereal untuk bayi, pilihlah sereal berbahan dasar, dan cobalah mengenalkan berbagai biji-bijian lainnya, seperti gandum atau barley. Ini karena beras mengandung arsenik, dan Moms sebaiknya membatasi paparan ini pada Si Kecil sebanyak mungkin.
  • Bebas BPA. Pilih makanan bayi dalam kemasan bebas BPA untuk menjaga keamanan bayi.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Ini Berbahaya untuk Bayi!

Rekomendasi Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan

rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menambah gizi dan membantu menambah menambah berat badan Si Kecil, berikut ini adalah rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan yang bisa Moms berikan agar nutrisi bayi terjaga dengan baik:

1. Bubs Organic

Salah satu rekomendasi merk bubur bayi penambah berat yaitu Bubs Organic.

Sesuai dengan namanya, bubur ini berbahan dasar organik yang baik dan aman dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI.

Produk ini diklaim tidak mengandung zat pewarna, bahan pengawet, serta pemanis buatan.

Bubur bayi berbahan organik tentunya akan sangat mudah dicerna oleh bayi di bawah 1 tahun.

Merk bubur bayi asal Australia ini sudah memiliki sertifikasi ACO (Australia Certified Organic). Jadi, Moms tidak perlu khawatir lagi terhadap keamanan dan kualitas bahan-bahan dari bubur ini.

2. Heinz Smooth Baby Rice

9 Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Heinz Smooth Baby Rice juga bisa masuk dalam deretan merk bubur bayi penambah berat badan yang bisa Moms beli dan berikan untuk Si Kecil. Bubur ini memiliki tekstur yang lembut dan memiliki varian rasa yang lezat.

Mengandung 12 vitamin dan mineral, merk bubur bayi penambah berat badan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi teman tumbuh Si Kecil.

Moms pun akan mudah membuatnya, sebab Moms hanya perlu menuangkan air hangat dan produk ini dan mengaduknya hingga menghasilkan tekstur yang diinginkan.

3. Milna Goodmil

Selanjutnya, merk Milna Goodmil bubur bayi ini juga bisa jadi merk bubur bayi penambah berat badan.

Selain itu, produk ini juga dapat mencegah terjadinya alergi protein susu sapi pada bayi karena sistem pencernaannya yang belum sempurna.

Selain tidak mengandung protein susu sapi, bubur bayi yang satu ini juga bebas dari gluten.

Produk ini juga menggunakan protein soya dan protein ayam untuk menggantikan peran protein susu sapi. Milna Goodmil memiliki empat varian rasa, yakni wortel labu, beras merah, beras merah pisang, dan beras merah ayam.

4. Nestle Cerelac

9 Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan -4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan lainnya adalah Nestle Cerelac.

Bubur ini juga dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih maksimal, karena diperkaya dengan zat besi, zinc, vitamin A, dan vitamin C.

Memiliki rasa yang gurih dan diklaim tanpa bahan pengawet, bubur ini terbuat dari tepung beras dan kedelai serta minyak nabati yang mengandung antioksidan askorbil palmitat.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan 11 kandungan vitamin dan 5 kandungan mineral.

5. Bubur Bayi Organik Nayz

Sesuai namanya, merk bubur bayi penambah berat badan yang satu ini terbuat dari bahan-bahan organik.

Produk ini memiliki komposisi yang beragam seperti beras organik, kacang merah, tomat, wortel, bawang putih, prisa sintetik, dan inulin.

Bubur bayi ini menyediakan empat varian rasa, yaitu rasa tuna, salmon, ayam, dan kakap. Banyak menjadi pilihan para ibu, produk ini dapat menjadi solusi masalah Moms yang khawatir dengan berat badan Si Kecil.

6. Oatmeal Gerber

9 Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan -6.jpg

Foto: Amazon.com

Mengkonsumsi Oatmeal tidak hanya bagus untuk orang dewasa saja, tapi juga untuk bayi dan balita.

Salah satunya adalah Oatmeal Gerber yang juga merupakan merk bubur bayi penambah berat badan yang memiliki kandungan luar biasa dan bagus untuk pertumbuhan Si Kecil.

Memiliki kandungan nutrisi vitablok esensial serta 10 vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang, produk ini berbahan dasar organik yang tidak mengandung pewarna dan perasa buatan.

Namun, karena teksturnya yang agak kasar, disarankan untuk memberikannya pada bayi usia 8 bulan ke atas.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

7. Promina Bubur Bayi

Rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan selanjutnya yaitu Promina bubur bayi.

Produk ini dilengkapi dengan komposisi gizi yang baik untuk Si Kecil, yakni omega 3, omega 6, lesitin, dan prebiotik FOS yang akan membantu perkembangan dan tumbuh kembang bayi.

Produk ini menggunakan beras pilihan yang aman untuk sistem pencernaan bayi.

Selain itu, produk ini juga mengandung minyak ikan yang baik untuk kecerdasan otak, serta antioksidan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil.

8. Sun Bubur Sereal Susu

9 Merk Bubur Bayi Penambah Berat Badan -8.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bubur sereal susu Sun hadir dengan rasa yang lezat dan bergizi sebagai merk bubur bayi penambah berat badan.

Bubur ini dilengkapi dengan komposisi gizi yang akan membantu perkembangan Si Kecil, yaitu 15 vitamin dan 8 mineral, DHA, zat besi, kalsium, serta lisin.

Selain itu, bubur bayi ini juga mengandung prebiotik FOS yang dapat menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil yang bagus karena membantu kinerja pencernaannya yang belum terbentuk dengan sempurna.

Bubur bayi ini dapat dikonsumsi oleh bayi berumur enam bulan ke atas.

9. Yummy Bites Cereal

Yummy Bites Cereal masuk dalam rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan karena mengandung 9 vitamin dan 3 mineral yang bagus untuk tumbuh kembang anak.

Bubur bayi instan ini boleh dikonsumsi untuk bayi yang berumur 9 bulan ke atas.

Produk ini juga memiliki beberapa varian rasa yang enak, seperti cauliflower broccoli and cheese, cheesy veg dengan pasta, strawberry, raspberry, dan blueberry muesli.

Namun, Moms tidak perlu khawatir, sebab Yummy Bites Cereal ini tidak mengandung pemanis buatan dan cocok untuk Si Kecil yang belajar mengenal rasa.

Catat rekomendasi merk bubur bayi penambah berat badan ini agar tidak kebingungan saat akan membelinya untuk Si Kecil.

Artikel Terkait