Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Bayi | Nov 17, 2018

Metode Kanguru untuk Perawatan Bayi Prematur

Bagikan


 

Metode kanguru merupakan perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah ( kurang dari 2.500 gram ), terutama yang terlahir dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Bayi dalam kondisi ini membutuhkan pengawasan khusus untuk mencegah hypothermia atau keadaan dimana bayi mengalami cidera dingin akibat pengaturan suhu dalam sistem syaraf pusatnya belum sempurna. Diperlukan perawatan bayi sederhana untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan dasar bayi, antara lain kehangatan, ASI, perlindungan infeksi, dan stimulasi.

 

Perawatan bayi dengan berat badan rendah maupun prematur tentu membutuhkan bantuan alat penghangat atau inkubator. Namun bila keadaan tidak memungkinkan seperti tidak tersedianya alat penghangat, maka pilihan alami adalah dengan menggunakan metode kanguru. Metode kanguru adalah melakukan kontak dari kulit ke kulit secara langsung antara ibu dan bayi. Metode ini dapat dilakukan dua minggu setelah kelahiran.

  

Apa Manfaat Dari Metode Kanguru?

Manfaat Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau perawatan bayi lekat yang kerap disebut kangaroo mother care ini sebenarnya sudah banyak dibicarakan. Metode yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983 oleh Rey dan Martinez dari Bogota, Kolombia, ini merupakan metode perawatan bayi kecil atau bayi prematur yang diilhami cara ibu kanguru merawat anaknya yang selalu lahir prematur. 

Metode kanguru mampu memenuhi kebutuhan bayi dengan berat lahir rendah, yakni dengan memberikan situasi dan kondisi yang mirip dengan rahim ibu, sehingga memungkinkan bayi beradaptasi lebih baik dengan dunia luar. Metode kanguru juga lebih disenangi bayi dan bermanfaat karena dapat memberikan rasa aman, nyaman, serta menguatkan insting bayi dengan merasakan detak jantung ibunya lalu mencari-cari sendiri puting sang ibu.

 

Bagaimana  Metode Kanguru Ini Dilakukan?

Metode kanguru untuk bayi baru lahir ini dilakukan dengan cara meletakkan bayi di dada ibu (skin to skin) untuk menyalurkan kehangatan pada bayi. Tujuannya untuk mengurangi hilangnya panas melalui konduksi dan radiasi serta bertujuan mempertahankan neutral thermal environment (NTE), yaitu kisaran suhu lingkungan. Jadi, bayi dapat menjaga suhu tubuhnya tetap normal dengan metabolisme basal minimum dan kebutuhan oksigen terkecil. Metode ini dapat juga diterapkan pada bayi sehat, sehingga kebutuhan dasar dari bayi berupa kehangatan, ASI, kasih sayang, dan perlindungan bisa dipenuhi.

 

Langkah-langkah Metode Kanguru Untuk Bayi Prematur:

  1. Berikan bayi Moms pakaian, topi, popok, dan kaus kaki yang telah dihangatkan terlebih dahulu.

 

  1. Letakkan bayi di dada Moms dengan posisi tegak dan bersentuhan langsung dengan kulit. Pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk, kepala dan dada bayi terletak di dada dengan kepala agak sedikit mendongak. Moms juga dapat mengenakan baju dengan ukuran besar sehingga posisi bayi bisa diletakkan di antara payudara lalu baju ditangkupkan. Kenakan selendang yang dililitkan di perut Moms agar bayi tidak terjatuh.

 

  1. Jika baju tidak dapat menyokong bayi, Moms dapat menggunakan handuk atau kain lebar yang elastis atau kantong yang khusus dibuat untuk menjaga tubuh bayi.

 

  1. Selama melakukan metode kanguru ini, Moms masih dapat beraktivitas dengan bebas, dapat bergerak bebas walaupun berdiri, duduk, berjalan, makan, dan mengobrol. Namun pastikan, saat tidur, posisi Moms setengah duduk atau meletakkan beberapa bantal di belakang punggung.

 

  1. Jika Moms lelah, metode ini dapat dilakukan juga oleh Ayah atau orang lain.

 

  1. Perhatikan persiapan sang ibu, bayi, posisi bayi, pemantauan bayi, cara pemberian ASI, dan kebersihan ibu juga bayinya.

 

Apakah Moms pernah melakukan metode kanguru ini? Bagaimana menurut Moms? Sharing pengalaman di kolom komentar, yuk!

  

<HEI>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.