Kesehatan

20 Mei 2021

Mencoba Mindfulness, Meditasi untuk Mengeluarkan Pikiran Negatif

Mindfulness berguna untuk mengeluarkan pikiran dan perasaan negatif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi pecinta yoga ataupun meditasi, istilah mindfulness tentu tak asing lagi. Mindfulness adalah jenis meditasi di mana seseorang belajar mengatur pernapasan untuk menenangkan tubuh, pikiran, serta membantu mengurangi stres.

Bagaimana cara mudah menerapkan mindfulness di rumah? Yuk cari tahu langkah-langkah dan manfaat dari mindfulness itu sendiri.

Pengertian Mindfulness

5 Manfaat Mindfulness untuk Tingkatkan Hubungan Pernikahan

Foto: Orami Photo Stocks

Mindfulness adalah bentuk meditasi dalam upaya memahami diri dan mengeluarkan pikiran serta perasaan negatif.

Ini berkembang dari budaya meditasi Buddha, dan memasuki negara barat melalui karya Jon Kabat-Zinn dan program Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR), yang ia luncurkan di Fakultas Kedokteran Universitas Massachusetts pada tahun 1979.

Sejak saat itu, ribuan penelitian telah mendokumentasikan manfaat mindfulness, kesehatan fisik dan mental untuk berbagai kepentingan.

Melansir Mindful, mindfulness dimulai dan berakhir di tubuh. Merasa cemas, sulit menemukan solusi masalah, banyak melamun, atau memikirkan pikiran negatif dapat menguras tenaga.

Ini juga dapat membuat diri lebih mungkin mengalami stres, kecemasan, dan gejala depresi. Berlatih latihan kesadaran dengan mindfulness dapat membantu Moms mengalihkan perhatian dari jenis pemikiran negatif.

Mindfulness juga melibatkan penerimaan, artinya kita memperhatikan pikiran dan perasaan kita tanpa menghakiminya dan menilai benar ataupun salah.

Saat kita melatih mengatur apa yang dipikirkan, pikiran kita selaras dengan apa yang kita rasakan saat ini atau atau membayangkan masa depan.

Mindfulness berpotensi menjadi fenomena sosial transformatif karena siapapun bisa mencobanya.

Praktik mindfulness memupuk rasa keyakinan manusia untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mudah untuk mempelajarinya. Serta yang paling penting adalah membuat hidup kita lebih baik.

Baca Juga: 8 Pose Yoga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan, Yuk Coba!

Cara Mudah Mindfulness di Rumah

Manfaat Mindfulness.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Meditasi mindfulness bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus. Menariknya, meditasi ala Buddha ini bisa dilakukan di rumah maupun tempat terbuka lainnya.

Mengutip American Psycological Association, para peneliti meninjau lebih dari 200 studi, bahwa mindfulness merupakan salah satu bentuk terapi untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Meditasi ini juga dapat membantu menangani orang-orang dengan masalah tertentu termasuk depresi, nyeri, merokok, dan kecanduan.

Meski demikian, mindfulness ini mungkin akan sulit dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan psikologis tertentu. Oleh karenanya, bagi seseorang yang mengalami gangguan kecemasan atau psikologis, untuk meminta saran dari ahli terkait dulu.

Stres kronis dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan memperburuk banyak masalah kesehatan lainnya. Dengan menurunkan respons stres, mindfulness mungkin memiliki efek baik untuk tubuh.

Mari simak cara mudah lakukan mindfulness di rumah.

1. Perhatian Penuh

Sulit untuk tidak memikirkan sesuatu di dunia atau yang membuat kita gelisah.

Cara mudah pertama yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk meluangkan waktu untuk perhatian penuh pada diri sendiri.

Berikan perhatian pada indra sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, dan rasa.

2. Atur Pernapasan

Hampir sama dengan meditasi, cara muda selanjutnya pada mindfulness adalah atur pernapasan.

Ketika memiliki pikiran negatif, cobalah duduk, tarik napas dalam-dalam, dan pejamkan mata. Fokuskan pada napas, tarik napas dan hembuskan. Duduk bersila dengan santai selama beberapa menit.

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Tingkatkan Hubungan Pernikahan

3. Terima Diri Sendiri

Cara mudah selanjutnya adalah menerima diri sendiri. Perlakukan diri sendiri sebagaimana Moms memperlakukan teman yang baik.

Cobalah untuk memberikan perhatian penuh, terbuka terhadap semua hal serta menerima pada segala sesuatu yang diakukan. Temukanlah kegembiraan dalam hal-hal yang sederhana.

4. Berbaring

Mengutip dalam Mayo Clinic, cara mudah selanjutnya dalam mindfulness juga bisa dilakukan secara berbaring. Berbaring telentang dengan kaki sejajar, lengan di samping, telapak tangan menghadap ke atas.

Fokuskan perhatian secara perlahan pada setiap bagian tubuh. Mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala. Rasakan sensasi, emosi, atau pikiran yang terkait dengan setiap bagian tubuh Moms.

5. Duduk

Mindfulness dengan cara duduk ini juga bisa dipilih. Duduklah dengan nyaman dengan punggung lurus, telapak kaki rata di lantai dan tangan di pangkuan.

Bernapas melalui hidung, fokuslah pada alur napas yang masuk dan keluar dari tubuh.

Jika fisik atau pikiran mengganggu mindfulness Moms, hilangkan perasaan ersebut dan kemudian kembalikan fokus ke pernapasan.

6. Berjalan

Mindfulness cara jalan ini juga banyak dicoba bagi sebagian orang.

Temukan tempat yang tenang sepanjang 500 meter dan mulailah berjalan perlahan. Fokus pada cara Moms berjalan, waspadai berbagai gangguan yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.

Saat Moms telah mencapai ujung jalan, berbelok dan lanjutkan berjalan, pertahankan kesadaran akan perasaan dalam diri.

Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Moms bisa menggunakan seluruh panca indera untuk mengamati dan merasakan kondisi sekitar.

Fokuskan diri pada emosi yang sedang dirasakan. Kenali bagaimana emosi itu muncul dan terimalah apa pun yang menyebabkan emosi itu keluar.

Lakukan cara mudah mindfulness di atas selama beberapa kali dalam sehari. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, metode mindfulness bisa membuat tubuh merasa lebih tenang dan mampu berpikir lebih jernih.

Baca Juga: 16 Ciri-ciri Orang Depresi yang Harus Diwaspadai

Manfaat Meditasi Mindfulness

4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Fokus-3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam beberapa dekade terakhir, minat publik terhadap meditasi mindfulness telah melonjak. Ini juga sejalan dengan manfaat ilmiah bagi kesehatan dari teknik meditasi ini sendiri.

Dalam Harvard Health Medicine, penelitian telah menunjukkan manfaat meditasi terhadap berbagai kondisi baik fisik maupun mental, termasuk sindrom iritasi usus besar, psoriasis, kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma.

Manfaat yang bisa dirasakan juga meningkatkan imunitas tubuh. Ketika tubuh menghadapi virus dan organisme penyebab penyakit lainnya, tubuh memerlukan sel-sel untuk melawan bakteri dalam tubuh.

Ternyata, dengan menerapkan teknik mindfulness, ini dapat memengaruhi sel-sel yang melawan penyakit ini.

Dalam beberapa penelitian, meditasi mindfulness tampaknya meningkatkan tingkat sel-T (sel dalam tubuh) pada pasien dengan HIV atau kanker payudara. Ini menunjukkan bahwa meditasi sangat berperan dalam melawan kanker dan penyakit lain yang memerlukan sel-sel kekebalan.

Menariknya lagi, meditasi ini juga efektif dalam mencegah penuaan dini. Penelitian telah menemukan bahwa stres yang disebabkan oleh kurang tidur meningkatkan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, elastisitas berkurang, dan pigmentasi tidak merata.

Hilangnya elastisitas kulit juga dapat berkontribusi pada pembentukan kantung di bawah mata.

Sehingga, mindfulness ini selain bermafaat untuk kesehatan, ia juga berperan penting dalam mengurangi stres atau tingkat kecemasan pada seseorang.

Baca Juga: Perhatikan 8 Gejala Kecemasan pada Anak Secara Fisik

Mulai saat ini coba kita terapkan mindfulness yuk Moms! Meski masih berlangsung pandemi, kita harus selalu waras ya.

  • https://www.mindful.org/what-is-mindfulness/
  • https://www.apa.org/topics/mindfulness/meditation
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/consumer-health/in-depth/mindfulness-exercises/art-20046356
  • https://news.harvard.edu/gazette/story/2018/04/harvard-researchers-study-how-mindfulness-may-change-the-brain-in-depressed-patients/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait