Newborn

NEWBORN
8 Agustus 2017

Tahapan Perkembangan Bayi Minggu Ke-24

Saatnya memberi bayi Moms makanan padat pertamanya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Bayi:

Selamat, bayi Moms kini sudah berusia 6 bulan! Saatnya memberi bayi Moms makanan padat pertamanya.

Tidak perlu kecewa bila bayi masih menolak atau hanya mau mencoba sedikit saja, bayi Moms masih akan mendapatkan sebagian besar makanannya dari susu, kok. Teruskan menyusui atau memberinya susu formula seperti biasa.

Perkenalkan makanan baru satu per satu selama tiga hari sampai empat hari sebelum mengenalkan makanan lain untuk memastikan apakah bayi Moms alergi terhadap bahan makanan yang diberikan.

Tips Minggu Ini :

Kurangi risiko alergi dengan menghindari memberikan bayi Moms makanan-makanan di bawah ini –terutama jika ada riwayat alergi makanan di keluarga Anda atau pasangan:
• Selai kacang, gandum, telur dan kerang sebelum usia 12 bulan jika Anda memiliki riwayat keluarga alergi.
• Garam dan gula. Ginjal bayi Moms tidak bisa mengatasi terlalu banyak garam dan gula, jadi jangan menambahkan garam dan gula ke makanan bayi.
• Madu. Tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 12 bulan. Madu bisa mengandung spora botulism, yang bisa membuat bayi mengalami keracunan serius.

Moms, Coba Deh:

Tidak perlu pusing bila ada banyak masukan yang Moms dapat mengenai makanan apa yang sebaiknya diberikan pertama kali pada bayi. Moms bisa mulai dengan memberi bayi bubur beras yang terbukti aman dan tidak berisiko memicu alergi.

Bukan berarti Moms tidak boleh memilih bahan makanan lain, lho! Banyak Moms yang lebih memilih buah untuk MPASI karena rasanya yang manis paling mudah diterima dan disukai.

Namun ada juga yang memilih memberi sayur dengan alasan agar anak kelak tidak menolak sayur yang rasanya hambar.

Sebenarnya, tidak masalah mengenalkan anak sayur atau buah lebih dulu asal tahu triknya. Misal, dengan memberi sayuran yang rasanya cenderung manis, seperti wortel, kentang dan labu. Keputusan ada di tangan Moms.

Narasumber ahli : dr.Aryana Diani Sp.A (RS. Mitra Keluarga CIbubur)

(AK)

Foto : Shutterstock

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait