Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
2 April 2021

Produksi ASI Kurang, Coba Konsumsi 9 Minuman Pelancar ASI Alami Ini!

Bisa Moms coba, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebelum Moms memiliki beberapa ide untuk minuman pelancar ASI, Moms pasti bertanya-tanya mengapa menyusui sangat bermanfaat pada awalnya.

Ada sejumlah manfaat yang ditawarkan menyusui bagi Moms dan Si Kecil.

Untuk bayi, Moms mentransfer antibodi dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh, terutama di kolostrum saat memulai menyusui.

Kemudian, Journal of Pediatrics mengungkap sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) pun dapat diturunkan risikonya dengan menyusui ASI.

Sementara, Journal of Pediatrics Clinic North America menunjukkan bahwa bayi yang disusui cenderung memiliki lebih sedikit masalah dengan asma, diare, infeksi telinga, dan obesitas pada anak-anak.

Dengan berbagai manfaat, tentu Moms yang menyusui akan mencari tahu cara melimpahkan ASI seperti dari makanan hingga minuman pelancar ASI.

Baca Juga: 21+ Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Salah Satunya Melancarkan ASI

Minuman Pelancar ASI

Jadi penasaran bukan apa saja minuman pelancar ASI, berikut ini beberapa jenisnya:

1. Air Putih

Air putih sebagai minuman pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Air adalah komponen kimia utama tubuh dan membentuk sekitar 50% hingga 70% dari berat tubuh. Tubuh bergantung pada air untuk bertahan hidup.

Menurut Mayo Clinic, Moms disarankan untuk minum lebih banyak air daripada biasanya saat menyusui.

Rata-rata disarankan agar kita minum 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga fungsi rutin.

Tubuh memproses lebih banyak air saat Moms menyusui sehingga mereka merekomendasikan minum hampir 13 gelas, atau 3,1 liter, setiap hari. Sehingga, air putih masuk rekomendasi minuman pelancar ASI.

2. Air Kelapa

Minuman pelancar ASI yaitu air kelapa

Foto: Orami Photo Stock

Kelapa adalah makanan serta minuman pelancar ASI yang luar biasa untuk menyusui dan mungkin salah satu makanan terbaik untuk dimakan saat menyusui untuk meningkatkan suplai ASI.

Kelapa sebagai minuman pelancar ASI pun sangat bergizi dan Moms pun bisa melihat hasilnya dengan cepat.

Manfaat air kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang meliputi asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat. Peningkatan kadar asam laurat dan asam kaprat dalam ASI membantu melindungi bayi dari bakteri dan virus.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 1998 menemukan bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi produk kelapa dan minyak kelapa memiliki kadar asam laurat dan asam kaprat yang jauh lebih tinggi dalam ASI mereka.

Hal ini menciptakan suplai ASI yang kaya akan nutrisi yang meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: 10+ Manfaat Daun Sukun, Efektif Melancarkan ASI Lho Moms!

3. Teh Fenugreek

Minuman pelancar ASI bisa seperti teh fenugreek

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms pernah membaca sesuatu tentang minuman pelancar ASI, mungkin pernah menemukan sebuah testimoni para ibu menyusui yang mengoceh tentang galaktagog atau fenugreek ini.

Fenugreek adalah ramuan dan bumbu yang biasa digunakan dalam makanan Asia Selatan dan Tengah.

Banyak ibu yang melaporkan melihat peningkatan suplai ASI dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah pertama kali mengonsumsi ramuan ini.

Jadi tidak mengherankan jika fenugreek adalah tambahan yang bagus untuk diet menyusui Moms. Banyak ibu menyusui memilih untuk melengkapi dengan kapsul fenugreek.

Namun, suplemen bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan manfaat fenugreek dalam meningkatkan susu. Tapi, fenugreek pun sudah ada yang berbentuk teh.

Hindari fenugreek jika Moms memiliki alergi kacang. Jika Moms menderita asma, itu bisa memperburuk gejala dan bisa menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes.

Jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh yang mengandung fenugreek.

4. Susu Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi minuman pelancar ASI dengan dicampur susu

Foto: Orami Photo Stock

Bawang putih adalah makanan super yang enak dan galaktagog untuk ditambahkan ke diet menyusui Moms.

Dilansir dari Healthline, manfaat bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu pencernaan, dan pembengkakan. Ini juga mengandung banyak nutrisi penting dan asam amino. Ini tinggi mangan, B6 dan vitamin C.

Banyak Moms khawatir bawang putih terlalu kuat dan akan memberi ASI rasa yang tidak enak. Ini tidak terjadi, selama Moms makan bawang putih secukupnya saat menyusui.

Makan bawang putih sebenarnya merangsang produksi susu dan meningkatkan suplai ASI.

Beberapa bayi sensitif terhadap bawang putih. Jadi jika Si Kecil menderita sakit perut, ini mungkin makanan yang harus dihilangkan.

Nah, tak cuman sekedar dimakan, bawang putih pun dikonsumsi sebagai minuman pelancar ASI.

Caranya parut 2 atau 3 siung bawang putih, rebus di dalam air dan tunggu air hingga setengah surut, masukkan segelas susu ke dalam campuran ini dan rebus kembali.

Biarkan dingin beberapa menit dan tambahkan gula atau madu sesuai keinginan kemudian minum selagi hangat.

Baca Juga: 15 Makanan untuk ASI Booster Terbaik, Catat!

5. Rebusan Daun Kelor

Rebusan daun kelor dianggap sebagai minuman pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Sebagian besar Moms yang di Indonesia kerap diminta untuk memasukkan daun kelor sebagai minuman pelancar ASI. Caranya dengan merebus daun kelor kemudian diambil airnya untuk dikonsumsi.

Rasanya? Silakan tanyakan kepada beberapa Moms yang telah melakukan kegiatan ini.

Tak aneh, karena menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Philippine Journal of Pediatrics, ibu dari bayi prematur yang mengonsumsi suplemen kelor komersial mengalami peningkatan suplai ASI sebanyak 125 persen.

Seperti biasa, konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengonsumsi suplemen apa pun.

6. Susu Almond

Selain enak, susu almond juga dikenal sebagai minuman pelancar asi

Foto: Orami Photo Stock

Banyak bayi yang tampak rewel sebenarnya bereaksi terhadap produk susu yang telah diminum ibunya. Menurut Kelly Mom, produk susu adalah penyebab masalah bayi menyusui.

Jika Moms ingin atau perlu mengurangi produk olahan susu tetapi tetap menginginkan susu, susu almond adalah alternatif yang bagus sebagai minuman pelancar ASI.

Susu almond tersedia di sebagian besar toko bahan makanan dan tersedia dalam rasa manis, tanpa pemanis, vanila, dan madu.

Dengan rasa yang lebih manis, lebih lembut daripada susu kedelai, ini adalah transisi yang lebih mudah dilakukan bagi banyak ibu.

Meskipun begitu mencicipinya, Moms mungkin meminumnya hanya karena rasanya yang sangat enak.

Moms sendiri juga bisa membuatnya sendiri hanya dengan kacang almond, air, dan blender berkecepatan tinggi seperti Vitamix dan hemat bahan tambahan apa pun.

Baca Juga: 7 Rekomendasi ASI Booster untuk Melancarkan Produksi ASI

7. Smoothies Hijau

Smoothies hijau sebagai minuman pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Saat tangan Moms penuh untuk merawat Si Kecil, mungkin membutuhkan sumber kalori yang cepat. Smoothie hijau ini adalah cara mudah untuk memasukkan sayuran saat menyusui.

Karena minuman pelancar ASI ini vegan, sebaiknya Moms memilih kedelai atau susu kacang yang diperkaya sebagai bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan laktasi.

Bahan yang dibutuhkan yaitu, 1 cangkir susu almond, ½ cangkir daging kelapa muda segar, 2 sdm bubuk protein rami, 2-3 kurma medjool lunak, ½ sdt perisa vanilla, 2 genggam besar bayam segar, 1 cangkir stroberi beku, dan segenggam es.

Cara membuat smoothies hijau sebagai minuman pelancarASI adalah campurkan susu almond, daging kelapa, kurma, bayam dan vanilla dalam blender, lalu blender hingga benar-benar mencair.

Tambahkan stroberi beku dan es, dan haluskan lagi hingga lembut.

8. Infused Water

Infused water sebagai tambahan minuman pelancar ASI

Foto: Orami Photo Stock

Air putih tidak berasa dan mungkin tidak memuaskan selera Moms ketika harus minum yang banyak saat menyusui. Lalu, pernahkan Moms mencoba memasukkan air dengan buah atau herbal favorit?

Air infus atau infused water rasanya enak dan akan memuaskan keinginan Moms akan minuman manis tanpa menambahkan gula ekstra ke dalam minuman pelancar ASI.

Apa yang harus Moms lakukan adalah mengisi teko dengan 8 gelas air dan menambahkan 1 gelas buah pilihan ke dalamnya.

Dinginkan semalaman. Moms bisa mencampur dan mencocokkan dengan buah segar dan bumbu dapur. Mulailah dengan saran berikut:

  • Air + Lemon + irisan mentimun
  • Air + irisan stroberi + blueberry
  • Air + Irisan Stroberi + Kemangi segar
  • Air + Lemon + irisan jeruk
  • Irisan air + semangka + jeruk nipis
  • Air + Semangka + daun kemangi cincang

Baca Juga:7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

9. Teh Herbal

Teh herbal sebagai minuman pelancar asi

Foto: Orami Photo Stock

Teh herbal adalah pilihan yang bagus untuk Moms, yang menyukai minuman panas. Teh herbal rasanya enak dan menenangkan.

Namun, Moms perlu waspada terhadap konsumsi jamu yang digunakan untuk teh karena beberapa jamu digunakan secara medis untuk mengurangi suplai susu.

Ada banyak beberapa merk teh herbal seperti Mama Bear yang terkenal di kalangan ibu menyusui untuk meningkatkan suplai ASI.

Karena telah diformulasikan dengan ramuan galaktagog yang secara tradisional digunakan untuk mendukung produksi ASI dan meningkatkan laktasi yang sehat.

Jika Moms mencari beberapa pilihan teh herbal buatan sendiri, cobalah teh jahe sebagai minuman pelancar ASI. Jahe adalah ramuan tradisional yang menambah rasa pada makanan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Jahe tidak hanya membantu meredakan mabuk perjalanan dan masalah pencernaan atau membantu meredakan gejala pilek dan flu tetapi juga telah digunakan untuk meningkatkan suplai ASI saat menyusui.

Sebagai ibu menyusui, Moms membutuhkan semua nutrisi yang bisa didapatkan.

Jadi, bukan hanya membutuhkan minuman pelancar ASI, tetapi juga harus berusaha memiliki pola makan yang seimbang dengan semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan.

Konon, ada juga makanan tertentuk lebih laktogenik daripada yang lain.

Karena Moms sedang mencari minuman pelancar ASI, daftar di atas adalah tempat yang tepat untuk memulai. Selamat mencoba!

  • https://momlovesbest.com/foods-for-lactation
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/324290#oatmeal
  • https://www.birtheatlove.com/foods-that-increase-milk-supply/
  • https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-health-benefits-of-garlic#section2
  • https://draxe.com/nutrition/coconut-oil-benefits/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4585338/
  • https://empiricalmama.com/8-beverages-to-keep-breastfeeding-moms-hydrated-other-than-water/
  • https://www.thebump.com/a/lactation-teas-bars-supplements
  • https://www.babycenter.in/x1049938/will-drinking-milk-increase-my-breastmilk-supply
  • https://www.gentlenursery.com/breastfeeding/increase-milk-supply/
  • https://cafemom.com/parenting/214174-ways-naturally-increase-breast-milk-supply/247311-try_blessed_thistle_tea
  • https://www.researchgate.net/publication/262917216_Moringa_oleifera_Malunggay_as_a_Galactagogue_for_Breastfeeding_Mothers_A_Systematic_Review_and_Meta-Analysis_of_Randomized_Controlled_Trials
  • https://www.theindusparent.com/5-all-natural-drinks-to-increase-breast-milk-supply
  • https://www.todaysparent.com/baby/breastfeeding/7-foods-to-boost-your-breastmilk/
  • https://www.magnolia.com.sg/health/oat-milk-the-best-and-easiest-way-to-increase-breast-milk-supply/
  • https://babygenderpros.com/10-foods-beverages-that-increase-your-milk-supply/
  • https://www.foxnews.com/health/8-ways-to-increase-low-breast-milk-supply
  • https://www.healthline.com/health/parenting/lactation-boosting-recipes
  • https://detoxinista.com/green-lactation-smoothie/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29084835/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3508512/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3508512/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29084835/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3508512/
  • https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-increase-milk-supply

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait