Pernikahan & Seks

19 Juni 2021

Coba 7 Minuman Penambah Stamina Alami untuk Seks yang Memuaskan

Minuman penambah stamina ternyata juga bisa dibuat sendiri
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Karla Farhana

Biasanya, minuman penambah stamina dikonsumsi saat tubuh membutuhkan energi untuk meningkatkan kinerja atau memberikan dorongan fisiologis. Namun seringkali, minuman energi mengandung kafein, bahan buatan, dan gula dalam jumlah tinggi.

Meski begitu, saat ini banyak merk minuman energi yang menggunakan bahan-bahan yang lebih alami, dan diklaim oleh produsen menghasilkan efek peningkatan energi yang serupa. Jika ingin yang lebih alami, Moms bisa membuat sendiri minuman penambah stamina tersebut.

Baca Juga: Minuman Jahe Hangat Pengusir Masuk Angin

Manfat Minuman Penambah Stamina

Minuman Penambah Stamina -1.jpg

Foto: Food.ndtv.com/Istockphoto.com

Biasanya, minuman berenergi komersial mengandung gula tambahan dan kafein dalam jumlah tinggi. Food and Drug Administration (FDA) menyarankan bahwa orang dewasa yang sehat dapat mengonsumsi 400 miligram (mg) kafein per hari tanpa mengalami efek samping negatif atau berbahaya.

Produsen minuman energi alami cenderung menggunakan vitamin, mineral, dan antioksidan yang memberi energi, serta bahan yang lebih alami. Orang yang mengonsumsinya mungkin mendapatkan dorongan dari vitamin, buah-buahan, tumbuhan, dan kafein alami di dalam produk tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin ingin mengonsumsi minuman penambah stamina, misalnya:

  • Merasa lebih waspada di pagi hari,
  • Meningkatkan kinerja fisik,
  • Meningkatkan konsentrasi,
  • Mengkonsumsi suplemen tambahan,
  • Cepat berenergi setelah berolahraga.

Dalam hal konsentrasi, kafein dalam minuman penambah stamina dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan suasana hati, menurut penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Health Sciences.

Meski ada perbedaan hasil mengenai kinerja fisik yang dihasilkan oleh minuman penambah stamina, namun menurut studi yang dilakukan oleh Journal of Strength and Conditioning Research menyimpulkan bahwa minuman berenergi meningkatkan kinerja lari 5 kilometer.

Baca Juga: 4 Minuman Sehat untuk Anak

Efek Samping Minuman Penambah Stamina

Minuman Penambah Stamina -2.jpg

Foto: Familylivingtoday.com

Kurangnya penelitian yang secara khusus mengeksplorasi minuman energi alami. Namun, National Center for Complementary and Integrative Health menyarankan beberapa potensi risiko yang terkait dengan minuman penambah stamina khususnya yang banyak beredar di pasaran.

Misalnya, kafein dalam jumlah besar yang biasanya ada dalam minuman energi dapat menyebabkan masalah pada jantung. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan kecemasan, masalah pencernaan, masalah tidur, dan juga dehidrasi.

Sebuah tinjauan yang yang dilakukan oleh Innovation in Clinical Neuroscience menunjukkan bahwa sehari setelah mengonsumsi minuman energi, orang lebih cenderung merasakan kelelahan siang hari yang berlebihan. Ada juga yang menunjukkan bahwa konsumsi minuman tersebut dapat membuat seseorang berisiko mengalami erosi gigi.

Baca Juga: Berbagai Minuman Bernutrisi Untuk Ibu Hamil

Minuman Penambah Stamina yang Alami

Minuman Penambah Stamina -3.jpg

Foto: Womenfitnessmag.com

Ternyata ada banyak minuman penambah energi sehat yang dapat meningkatkan tingkat energi meski tanpa kafein. Di bawah ini adalah beberapa opsi untuk dipertimbangkan ketika ingin meningkatkan tingkat energi dengan cara yang aman dan sehat, tanpa harus minum secangkir kopi.

1. Kvass

Minuman yang populer di Rusia dan Eropa Timur ini merupakan minuman fermentasi yang merupakan cara sehat untuk meningkatkan energi tanpa kafein. Kvass dibuat melalui fermentasi alami gandum, gandum hitam, atau barley dan memiliki rasa yang mirip dengan bir, dikutip NPR .

Selain memberi energi, probiotik dalam kvass telah ditemukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu saluran pencernaan, dan bahkan melindungi diri dari kanker. Jenis kvass terbaik untuk meningkatkan tingkat energi akan dicampur dengan buah-buahan dan sayuran.

2. Air Kelapa

Dikenal sebagai minuman pelepas dahaga setelah olahraga alami, air kelapa adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi melalui kandungan mineral kelapa yang tinggi dan dosis potasium yang baik. Air kelapa terbaik berasal dari kelapa muda Thailand.

Air kelapa dapat diminum secara langsung untuk merasakan kesegarannya atau bisa dicampur dengan bahan lain. Misalnya dengan mencampurkannya dengan pisang dan stroberi untuk membuat smoothie yang enak dan segar.

Baca Juga: Air Kelapa Bermanfaat Untuk Ibu Hamil, Benarkah?

3. Kombucha

Teh probiotik yang difermentasi ini adalah cara yang enak untuk mendetoksifikasi, menyembuhkan, dan meningkatkan tingkat energi tubuh. Ini akan menjadi salah satu minuman penambah stamina alami terbaik.

Kombucha adalah campuran teh yang diseduh dan dilakukan simbiosis koloni bakteri dan ragi atau telah melewati tahapan SCOBY (symbiotic colony of bacteria and yeast) yang menghasilkan enzim organik, asam amino, dan vitamin.

Minuman ini tersedia di banyak toko makanan dan minuman kesehatan, atau dapat dibeli secara online. Atau bisa juga membeli peralatan pembuatan bir kombucha sendiri untuk membuat berbagai minuman beraroma dan bahkan produk kecantikan.

4. Acai Berry

Selain sifat nutrisi acai berry yang luar biasa, jus acai adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat energi. Acai mengandung sejumlah vitamin B, kalium, protein, dan asam lemak. Acai berry meningkatkan metabolisme, memberi lebih banyak energi, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Saat mencari minuman penambah stamina yang enak dan juga bernutrisi baik, pastikan untuk memeriksa label nutrisi dan cari yang mengandung acai tinggi dalam daftar bahan dan dengan jumlah gula yang rendah atau bisa mencoba untuk membuatnya sendiri.

Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Buah Delima dan Acai Berry untuk Kecantikan Kulit

5. Eleuthero dan Ginseng

Ginseng adalah ramuan yang membantu tubuh beradaptasi dengan stress dan membantu meningkatkan energi dan stamina. Ada berbagai jenis ginseng, dan ginseng Siberia, adalah jenis ginseng yang dikenal sebagai eleuthero yang paling efektif untuk meningkatkan tingkat energi.

Orang dewasa harus mengonsumsi sekitar 200-400 miligram ginseng setiap hari, dan ramuan ini dapat ditemukan di banyak minuman energi yang sehat. Selain itu, ginseng juga dapat diolah dengan baik dan dibuat sebagai minuman penambah staminda meski mengolahnya sendiri.

6. Minuman Jus Monster Hijau

Selain membantu menurunkan berat badan, membuat jus juga merupakan cara efektif untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayur sekaligus meningkatkan energi secara alami. Di bawah ini adalah resep yang bisa dibuat sebagai minuman penambah stamina yang enak dan alami.

Bahan:

Langkah:

  1. Bilas buah dan sayuran dengan baik.
  2. Kupas lemon jika mau.
  3. Masukkan ke dalam juicer.
  4. Tuang di atas es, dan minum dengan segera.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

7. Smoothie Berry, Bit, dan Wheatgrass

Ini adalah minuman penambah stamina buatan sendiri yang alami dan terbaik, karena mengandung dengan vitamin A, B, C, dan potassium. Bit adalah salah satu dari banyak makanan yang memiliki kemampuan untuk membantu tubuh menggunakan oksigen dengan lebih efisien.

Campurkan satu bit kecil, 1/4 cangkir stroberi, setengah alpukat, segenggam bayam, satu pisang, dan satu cangkir susu almond. Tambahkan satu sendok makan rumput gandum segar atau bubuk untuk menambah manfaat tambahan dari antioksidan, mineral, dan bahkan lebih banyak vitamin.

Jadi, minuman penambah stamina mana saja yang menjadi favorit? Beri masukan di kolom komentar ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait