Rupa-rupa

24 September 2021

10 Mitos Telinga Caplang yang Masih Banyak Dipercaya

Pemilik telinga caplang dipercaya mudah move on, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bentuk telinga masing-masing orang tentunya berbeda-beda, ada yang bulat, persegi hingga telinga caplang.

Masyarakat Indonesia memang masih cukup banyak yang percaya dengan mitos.

Berbeda dengan fakta, mitos yang beredar biasanya dipengaruhi oleh banyak sumber non-ilmiah. Mulai dari kepercayaan yang berkaitan dengan makhluk ghaib, fenomena alam, sampai tradisi masa lalu yang seringkali di luar nalar dan logika

Banyak yang masih percaya bahwa bentuk telinga yang kita miliki mempunyai makna tertentu dan menggambarkan kepribadian pemiliknya. Mitos tentang telinga caplang misalnya yang masih cukup banyak diyakini sebagai pertanda bahwa seseorang cerdas.

Yuk Moms pahami arti memiliki telinga caplang berdasarkan pandangan medis dan juga pandangan primbon Jawa yang mungkin saja ada benarnya!

Baca Juga: ISK pada Ibu Hamil: Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Mitos Telinga Caplang

Walaupun sebatas mitos, akan tetapi tidak ada larangan untuk tidak memercayainya sama sekali.

Sayangnya mitos ini sendiri tak diketahui asal mulanya sebab kebanyakan mitos ini disebar melalui mulut ke mulut atau bahkan dari generasi ke generasi.

Menurut kepercayaan masyarakat, seseorang yang memiliki telinga caplang dinilai sangat cerdas. Bukan hanya itu, berikut ini adalah beberapa mitos tentang telinga caplang:

1. Beruntung

telinga caplang

Foto: Orami Photo Stock

Telinga caplang mengindikasikan bahwa seseorang tersebut aktif dan rajin bekerja. Seseorang yang memiliki telinga caplang juga percaya diri dan tegas.

Hal ini bisa jadi membawa keberuntungan sendiri karena pembawaannya bisa membuat orang-orang di sekitarnya merasa nyaman.

Dengan begitu, orang dengan telinga caplang setiap memiliki masalah akan selalu ditolong oleh orang sekitarnya dan merasa dirinya beruntung

2. Menarik Perhatian

Sebuah penelitian JAMA Facial Plastic Surgery menemukan bahwa, anak dengan telinga caplang memang lebih menarik perhatian tetapi bukan dalam konteks yang negatif.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengambil foto dari 20 anak, usia 5 sampai 19 tahun, yang sedang mempertimbangkan untuk menjalani otoplasty, prosedur pembedahan yang mengurangi tonjolan telinga.

Mereka juga membuat versi Photoshop dari setiap gambar, mengubah telinga untuk menunjukkan bagaimana anak-anak akan terlihat setelah operasi.

Para peneliti menunjukkan gambar ke 20 pengamat, menggunakan alat pelacak mata untuk mengukur dengan tepat berapa lama pengamat menghabiskan waktu untuk melihat setiap bagian dari wajah anak-anak dan juga meminta pengamat untuk menebak kepribadian anak-anak berdasarkan gambar.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengamat menghabiskan sekitar 7 detik untuk melihat setiap wajah, dan melihat ke telinga selama sekitar 10 persen dari waktu itu untuk foto dengan telinga menonjol, dibandingkan dengan hanya 6 persen waktu untuk gambar yang di-Photoshop.

"Telinga capang mungkin menambah kelucuan (cuteness) mereka," kata Dr Ralph Litschel, ahli bedah pastik wajah dari Cantonal Hospital St Gallen di Swiss, yang memimpin penelitian ini, seperti dikutip dari Livescience.

Baca Juga: 10 Cara Menghadapi Mertua Ikut Campur tanpa Menyakiti Hatinya

3. Cerdas

anak-anak telinga caplang.jpg

Foto: istockphoto.com

Selama ini mitos yang dipercayai tentang pemilik telinga caplang adalah sosok yang cerdas. Ternyata, pernyataan tersebut di dukung oleh bukti ilmiah, lho Moms.

Masih dalam penelitian yang sama, mengungkapkan bahwa anak-anak telinga caplang memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi ketimbang anak dengan telinga berukuran umum.

Bahkan, mereka cenderung menilai anak-anak yang telinganya paling menonjol sebagai yang paling aktif dan menyenangkan.

Banyak orang yang percaya bahwa semakin tinggi letak telinga, semakin pintar karena bisa menerima segala informasi jauh lebih banyak ketimbang orang yang bentuk kupingnya standar atau bahkan kecil.

4. Lebih Sabar

Seseorang yang memiliki telinga caplang dipercaya cenderung sangat terbuka dan sabar. Mereka suka menerima hidup apa adanya dan tidak keberatan melepaskan sesuatu dengan mudah.

Mereka juga cenderung ekstrovert dan lebih mudah bergaul dengan orang lain, karena mereka adalah orang yang lucu dan ramah.

Baca Juga: Yuk Lihat Kepribadian Berdasarkan Bentuk Dagu, Mulai Dagu Belah Hingga Bulat

5. Memiliki Rumah Tangga yang Lebih Bahagia

keluarga

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang yang percaya bahwa seseorang dengan telinga caplang akan memiliki rumah tangga yang harmonis dan jauh dari permasalahan.

Sebab, bentuk telinga ini dipercaya memiliki karakteristik ceria dan penuh toleransi sehingga punya banyak teman. Karena kehangatan yang diberikannya, rumah tangganya juga akan dilewati dengan bahagia.

6. Mudah Move On

Seseorang dengan telinga caplang termasuk populer di kalangan lawan jenisnya karena menarik perhatian.

Ia tipe yang akan punya banyak pengalaman cinta dalam hidup. Ketika putus cinta, mudah baginya mendapatkan cinta yang baru karena ia mudah jatuh cinta danmove on, lho.

Nantinya, meski sering mengalami jatuh bangun dalam hal cinta, ia tidak akan merasa kesepian dan sedih terlalu lama karena mudah mencari pengganti.

Baca Juga: Alergi Kucing: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Perawatannya

7. Perfeksionis

kuping caplang perfeksionis

Foto: Orami Photo Stock

Mitos selanjutnya tentang telinga caplang adalah memiliki sifat perfeksionis.

Orang dengan bentuk telinga ini dikenal sebagai pengamat dan peneliti yang jeli. Mereka bisa merasa sulit untuk mencari sahabat karena ingin semuanya benar.

Terkadang mereka lupa bahwa setiap manusia pasti melakukan kesalahan. Tetapi, kepekaan yang tajam membuat orang dengan telinga caplang membantu menjadi teman yang baik sehingga seseorang merasa nyaman.

8. Penuh Insiatif

Telinga caplang menunjukkan bahwa pemiliknya adalah orang yang penuh inisiatif. Ia sosok perintis ide-ide baru dan menarik.

Tak heran jika mereka sering menjadi sosok pertama dalam melakukan segala sesuatu. Mereka dipercaya bisa merintis banyak hal baru di berbagai bidang, tergantung pada minatnya.

Sebab, bagi mereka berada di garis terdepan merupakan kesenangan tersendiri. Jika mereka bisa melahirkan banyak gagasan baru, diterima banyak orang, dan bisa bermanfaat untuk orang banyak, mereka akan sangat bangga dan senang.

Baca Juga: 22 Cara Seks Tahan Lama untuk Pria Secara Alami, Perhatikan Dads!

9. Mudah Tersinggung

telinga caplang mudah tersinggung

Foto: Orami Photo Stock

Mitos laing dari seseorang telinga caplang adalah mudah tersinggung. Hal ini dikaitkan bentuk telinganya yang cenderung lebar dan tegak dipercaya mengetahui semua informasi.

Mereka cenderung mengkaitkan semua informasi dengan dirinya sehingga mudah curiga saat teman atau keluarga dekatnya sedang berdiskusi tanpa mereka.

10. Rezeki selalu Mengalir

Dalam ilmu filosofi wajah Tiongkok, apabila daun telinganya lebar dan juga besar, maka orang ini sangatlah lapang dada dan melambangkan banyak rezeki. .

Otaknya bisa berpikir cepat dan cerdas, sehingga bisa memanfaatkan peluang yang ada. Kegigihan ini membuat setiap peluang memberikan mereka rezeki.

Telinga yang besar juga berpikir logis dan sangat haus akan pengetahuan dan rasa ingin tahunya sangatlah besar. Karena tidak pernah tamak dan tidak haus kekayaan, dengan sendirinya rezeki pun menghampiri orang ini.

Baca Juga: Benarkah Batuk Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung? Kenali Gejala Lain dan Pengobatannya

Nah itu dia Moms seputar mitos tentang telinga caplang. Mitos mana yang paling Moms percaya?

  • https://www.researchgate.net/publication/273780715_Effect_of_Protruding_Ears_on_Visual_Fixation_Time_and_Perception_of_Personality
  • https://www.livescience.com/50211-ears-protrusion-stigma-personality.html
  • https://www.cosmopolitan.in/life/features/a16961/7-types-earlobes-and-secrets-they-reveal-about-your-personailty
  • https://her.womenworking.com/fun-test-what-does-the-shape-of-your-earlobe-reveal-about-your-personality
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait