Fashion & Beauty

19 April 2021

5 Cara Memilih Model Kacamata untuk Wajah Bulat, Jangan Sampai Salah Pilih!

Inilah cara memilih model kacamata untuk wajah bulat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Selain menjadi alat bantu baca dan pelindung dari radiasi sinar UV, kini kacamata juga bisa diandalkan untuk membuat penampilan seseorang menjadi lebih gaya. Namun agar proporsional, memilih kacamata perlu disesuaikan dengan bentuk wajah.

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah tidaklah mudah. Apalagi jika Moms memiliki bentuk wajah yang cenderung bulat.

Bentuk wajah bulat biasanya identik dengan dahi dan pipi yang lebar dibanding dagu.

Bagaimana cara memilih model kacamata untuk wajah bulat? Yuk kita cari tahu.

Cara Mudah Memilih Model Kacamata untuk Wajah Bulat

Apakah Moms sedang kesulitan memilih bentuk kacamatan yang tepat? Simak beberapa cara memilih model kacamata untuk wajah bulat berikut:

Baca juga: Bulat Sempurna, 5 Anak Artis Ini Punya Wajah seperti Bakpao

1. Pilih Frame Model Kacamata untuk Wajah Bulat

Agar lebih trendi dan enak dilihat, memilih kacamata yang tepat untuk wajah memang tidak bisa sembarangan. Terutama memilih model kacamata untuk wajah bulat.

Cara pertama adalah pilih frame kacamata yang tepat yang sesuai dengan bentuk wajah. Ada dua faktor utama yang sebenarnya perlu dipertimbangkan yaitu bentuk kacamata secara keseluruhan dan model bingkai kacamata itu sendiri.

Dilansir dari laman vogue.in, Moms disarankan untuk memilih kacamata dengan frame yang tegas dan berwarna bold. Warna bold membantu memberi ilusi bentuk wajah lebih proporsional. Sedangkan frame yang tegas membantu membuat tulang pipi menjadi lebih menonjol.

Hindari model kacamata untuk wajah bulat berukuran besar, berbentuk oval, dan jenis metal round a la tahun 1970-an. Frame pada kacamata yang identik dengan John Lennon ini memiliki tepian garis yang tipis. Model ini membuat bentuk wajah Moms menjadi terkesan makin bulat dan tembem.

Saat memilih model kacamata untuk wajah bulat, Moms disarankan untuk memilih frame yang menonjolkan sudut.

Frame kacamata model persegi panjang memberi kesan “memotong” wajah yang bulat dan tidak memiliki sudut. Dengan memilih frame kacamata model ini, bentuk wajah Moms akan menjadi lebih tirus.

Lain lagi dengan frame kacamata jenis geometris dan bersudut. Frame kacamata ini akan memberi kesan wajah lebih tirus dan menyudut di beberapa area. Hal ini membantu membentuk wajah menjadi lebih seimbang.

Di pasaran, pilihan frame kacamata model wayfarer, D-frame, cat eyes, aviator, dan square cocok membentuk wajah menjadi lebih tirus.

Baca juga: Selain Kacamata, Ini 7 Cara Menghilangkan Mata Minus Lainnya

2. Memilih Warna Kacamata yang Tepat

Sering Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru Ini Penyebabnya 02.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Dalam memilih model kacamata untuk wajah bulat, Moms juga perlu menentukan warna kacamata yang tepat.

Gagang kacamata berwarna transparan dapat membantu memberi ilusi tulang pipi tampak lebih naik. Dengan demikian, pemilihan warna ini dapat membantu sudut wajah menjadi lebih oval.

Ingin mengalihkan perhatian orang dari bentuk wajah yang bulat? Pilihlah kacamata dengan warna solid atau bold. Selain memberi kesan yang fun, ini adalah cara cerdik memberi ilusi bentuk wajah tampak lebih tirus.

Sedangkan pemilihan warna gagang dan frame jenis metal atau silver cenderung “aman” dan memperkuat kesan vintage serta lebih serius.

3. Memilih Ukuran Kacamata yang Tepat

Cara memilih model kacamata untuk wajah bulat selanjutnya adalah memilih ukuran kacamata yang tepat.

Pastikan kacamata yang Moms gunakan tidak kekecilan dan tidak kebesaran. Cobalah beberapa bentuk dan lebar kaca yang berbeda serta bridges (gagang kecil yang penghubung antar lensa di tengah hidung) yang paling sesuai di toko kacamata langganan.

Bingkai kacamata yang sesuai dan pas untuk wajah seseorang sebaiknya jatuh di atas pipi. Bukan di bawah pipi atau “menempel” di tengah pipi.

Apakah Moms ingin menggunakan kacamata model oversized? Boleh-boleh saja. Meski demikian, Moms perlu menentukan frame yang tepat yang sesuai dengan bentuk wajah dan karakter Moms.

Jangan menggunakan kacamata yang bergagang kecil. Kacamata bergagang kecil malah akan membuat bentuk wajah yang bulat menjadi lebih bulat.

Baca juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Balita

4. Memilih Bahan Kacamata yang Tepat untuk Wajah Bulat

ion-nano-kacamata.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Cara penting selanjutnya dalam memilih model kacamata untuk wajah bulat selanjutnya adalah memilih bahan kacamata.

Kacamata dengan bahan metal cenderung lebih universal. Biasanya, jenis logam yang seringkali dipakai sebagai frame kacamata ada beberapa macam.

Bahan metal monel cenderung tahan karat namun bereaksi terhadap kulit. Pemilik kulit sensitif perlu berhati-hati jika memilih kacamata jenis ini. Beta titanium memiliki bahan tahan karat, kuat, tapi juga ringan dengan nuansa silver keabuan.

Jika Moms lebih sering beraktivitas di luar ruangan, terutama di sekitar air asin, bahan kacamata metal jenis beryllium lebih cocok untuk Moms. Bahan kacamata jenis ini lebih tahan karat, fleksibel, dan lebih ringan.

Bagaimana dengan kacamata bahan metal jenis flexon dan aluminium? Bahan kacamata metal jenis flexon cenderung tahan karat, lebih ringan dari logam biasa, dan hypoallergenic. Sedangkan bahan aluminium merupakan bahan kacamata yang sangat ringan, tahan terhadap karat, dan paling sering digunakan karena unik.

Jika Moms ingin memilih model kacamata untuk wajah bulat berbahan metal, Moms hanya perlu memilih warna kacamata yang tepat sesuai tone warna kulit Moms.

Pemilik tone kulit cerah cocok menggunakan warna silver. Sedangkan pemilik tone kulit gelap dapat menggunakan frame warna keemasan atau rose gold.

Apakah Moms ingin tampil beda sekaligus memberi ilusi wajah tampak tirus dan gaya? Berarti, kacamata berbahan plastik bisa menjadi pilihan.

Baca juga: Apakah Makanan Setengah Matang Baik untuk Tubuh? Waspadai 3 Makanan Ini

Sesuaikan warnanya dengan bentuk wajah Moms. Bingkai plastik dengan warna kecokelatan atau kebiruan cenderung “aman” digunakan oleh pemilik bentuk wajah bulat.

Di pasaran, banyak model kacamata dengan bahan transparan atau plastik. Dilansir dari lamanallaboutvision.com, jenis plastik yang biasa digunakan dalam frame kacamata adalah zyl (zylonite atau cellulose acetate), nilon, dan minyak biji jarak.

Plastik jenis zyl mempunyai pilihan warna beragam selain hitam. Sedangkan jenis nilon lebih transparan dan halus. Lain lagi dengan plastik minyak biji jarak.

Penggunaan plastik dari minyak biji jarak memang terdengar janggal. Namun, penggunaan plastik dari bahan ini seringkali dipakai karena cenderung lebih murah.

Meski demikian secara umum, karakteristik frame berbahan plastik adalah ringan, tapi mudah pecah dibandingkan logam, bisa terbakar, dan cepat memudar warnanya.

5. Perhatikan Detail Kacamata

Faktor lain untuk memilih model kacamata untuk wajah bulat selain memilih frame, bahan, dan bentuk kacamata selanjutnya adalah berbagai detail yang terdapat pada kacamata.

Seperti yang disebutkan di atas, Moms juga perlu memerhatikan area bridge pada kacamata. Bridge yang berwarna transparan dapat membantu memberi kesan mata lebih lebar. Hal ini tentu membantu menyamarkan area pipi yang lebar.

Selain itu, bermain-mainlah pada detail kacamata yang bersudut unik. Sebut saja mulai dari model pointy, aksen metal, atau ornamen lainnya yang berada di sudut atas frame. Permainan pada area ini membantu memberi ilusi bentuk wajah menjadi lebih menyudut dan tidak bulat penuh.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

Itulah beberapa hal seputar cara memilih model kacamata untuk wajah bulat. Apapaun bentuk yang Moms pilih, jangan lupa untuk menyesuaikan juga dengan karakter dan kepribadian Moms, ya!

https://www.vogue.in/story/which-eyewear-to-choose-according-to-the-shape-of-your-face/

https://www.vogue-eyewear.com/rs/size-guide

https://www.allaboutvision.com/eyeglasses/eyeglass_frame_materials.htm

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait