Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
21 Februari 2021

11 Model Rambut Pria Pendek yang Trendi Sepanjang Masa

Model rambut pendek ini pasti tetap keren hingga kapan pun.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Siapa bilang model rambut pria itu-itu saja? Nyatanya potongan atau model rambut pria pendek pun banyak jenisnya.

Apalagi belakangan ini model rambut pria pendek lebih banyak diminati dan punya banyak variasi dari pada sebelumnya.

Tampaknya era potongan rambut yang lebih panjang dan berantakan akan semakin sedikit diminati.

Bahkan kini model rambut pria yang memiliki kesan profesional dan bersih telah menjadi sangat populer di kalangan pria muda, remaja, dan anak lelaki di seluruh dunia.

Jika Dads ingin tetap mengikuti perkembangan, segera pangkas rambut yang sudah agak panjang dan pilihlah sesuatu yang baru.

Dengan model rambut pria pendek, Dads akan mendapatkan tampilan yang lebih menarik, bahkan mungkin akan semakin disukai istri.

Model rambut pria pendek juga umumnya sangat sederhana dan tidak memerlukan perawatan yang merepotkan.

Hanya dengan gel rambut, pomade, atau bahkan wax rambut matte, produk ini akan bekerja sangat baik untuk menciptakan bentuk yang Dads inginkan.

Dads juga bisa menatanya tanpa bantuan styling tools lain yang mungkin saja bisa merusak rambut.

Dads bisa menggerakkan tangan saja dan mengatur bagian atas dengan gerakan tertentu sehingga menciptakan sentuhan akhir yang mengesankan.

Baca Juga: 7 Perawatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat

Yuk lihat rekomendasi model rambut pria pendek di bawah ini.

Model Rambut Pria Pendek Rapi Namun Tetap Trendi

Apa saja sih model rambut pria pendek yang bagus namun tidak ketinggalan zaman, berikut ini adalah beberapa model rambut pria pendek yang bisa dicoba!

1 .Undercut

Model Rambut Pria Pendek Anti Monoton Namun Trendi Sepanjang Masa - 1

Foto: damanhairstyles.com

Meskipun belakangan ini banyak bermunculan model rambut pria pendek yang variatif, seperti misal yang terinspirasi dari pria-pria Korea, namun gaya rambut undercut masih menjadi andalan banyak pria.

Sebenarnya, undercut adalah teknik memotong rambut yang digunakan untuk memberikan dimensi tipis pada bagian samping kepala.

Bagian bawah rambut kemudian dicukur pendek, dengan bagian atas dibiarkan tebal. Oleh karena itu, model rambut pria pendek bisa diaplikasikan pada banyak model rambut, seperti pada pria yang memiliki gaya rambut cepak.

Variasi dari model rambut pria pendek ini juga banyak, seperti fade bald pada sisi rambut yang cocok untuk pemilik wajah bulat karena bisa membantumu memberi dimensi panjang pada proporsi wajah.

Undercut adalah model rambut yang cukup sederhana dan masih menjadi tampilan panutan dan primadona banyak pria muda.

Model rambut ini juga cukup ikonik, karena tak akan ketinggalan zaman. Potongan rambut undercut juga cukup sederhana, praktis dan akan memberikan penampilan yang segar dan awet muda.

2. French Crop

Model Rambut Pria French Crop

Foto: coolmenshair.com

Model rambut pria pendek sangat ideal untuk mereka yang memiliki rambut yang halus karena pria dengan rambut kasar akan mendapatkan bagian atas yang kurang baik.

Potongan ini dibuat dengan menjaga agar ujung-ujungnya rapat dan kencang sehingga memberi rambut potongan lurus namun dengan sedikit volume di bagian atas.

Model rambut pria pendek ini sudah umum selama bertahun-tahun dan tetap trendi jika Dads baru ingin mencobanya sekarang.

Baca Juga: Mengenal 9 Jenis Sampo dan Manfaatnya untuk Rambut

3. Buzz Cut

Model Rambut Pria Pendek Anti Monoton Namun Trendi Sepanjang Masa -3

Foto: manforhimself.com

Model rambut pria pendek rapi seperti model buzz cut juga cukup menjadi favorit banyak pria.

Potongan ini juga memiliki ciri khas rambut yang terbilang tipis, dan bahkan mungkin menjadi potongan standar untuk pria-pria anggota militer.

Nama potongan rambut ini diambil dari tekniknya, yakni menghabiskan seluruh bagian rambut dan hanya menyisakan satu hingga dua sentimeter saja.

Umumnya barber tak akan menggunakan attachment pada clipper saat mencukur rambut, sehingga hasilnya sangat pendek.

Namun, jangan gunakan warna cerah jika hendak menggunakan model rambut pria pendek ini. Dads disarankan untuk memilih warna alami saja, seperti hitam atau coklat.

Dalam perawatannya, Dads pun cukup fokus pada perawatan kulit kepala saja untuk memastikannya tetap sehat.

Selain itu, saat cuaca sedang panas, alangkah baiknya untuk menggunakan pelindung kepala, karena bisa saja sinar matahari jadi terasa lebih menyengat.

Secara keseluruhan, potongan ini mudah didapatkan dan pastinya akan membuat penampilan jadi semakin menarik, seperti layaknya selebriti dunia atau para model pria.

4. Pompadour

Model Rambut Pria

Foto: apetogentleman.com

Model rambut pria pendek selanjutnya yang bisa dipilih adalah model pompadour.

Gaya rambut pria ini juga sangat cocok untuk Dads yang memiliki bentuk wajah oval.

Meskipun kini tak banyak pria yang menggunakan gaya rambut ini, namun beberapa pria yang biasa menggunakan pomade tetap masih menerapkan model rambut pria pendek ini.

Jika Dads memilih untuk memakai model rambut ini, maka Dads akan mendapatkan kesan maskulin namun tetap keren dan kekinian. Punya atau tidak punya jenggot, model rambut ini cocok untuk keduanya.

5. High and Tight Cut

Model Rambut Pria High and Tight

Foto: gq-magazine.co.uk

Tak hanya buzz cut, jika Dads ingin mendapatkan model rambut pria pendek seperti layaknya anggota militer, Dads bisa mencoba model ini.

Potongan rambut ini nyatanya cukup populer di kalangan Angkatan Laut Amerika dan kadang disebut juga dengan potongan high regulation.

Untuk mendapatkan potongan ini, Dads perlu memotong bagian belakang dan samping dengan sangat rapi bahkan nyaris habis.

Dads yang punya rambut keriting juga bisa menggunakan model rambut ini, bahkan ini adalah salah satu model rambut yang paling pas untuk mendapatkan kesan rapi karena rambut keriting yang megar saat panjang akan dengan mudah disiasati dengan model rambut pria pendek ini.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

6. Crop Cut

Model Rambut Pria Crop Cut

Foto: allthingshair.com

Potongan rambut ini sebenarnya adalah potongan undercut yang dipadukan dengan potongan rambut bowl cut.

Model rambut pria pendek seperti ini sangat cocok untuk Dads yang gemar bereksperimen.

Potongan poni yang dibuat seperti mangkuk ini benar-benar akan memangkas sisi bagian samping ke bawah, dan hanya menyisakan rambut bagian atas.

Variasi potongan crop cut lainnya adalah yang menyisakan bagian atas rambut sedikit lebih panjang sehingga Dads bisa menatanya dengan menyisirnya ke arah depan. Gunakan wax atau gel rambut untuk menjaga bentuknya tetap sempurna sepanjang hari.

7. Short and Spiky

Model Rambut Pria Short and Spiky

Foto: yangpentinghepi.com

Model rambut pria pendek selanjutnya yang cukup populer dan tak lekang oleh waktu adalah potongan short and spiky.

Meskipun sudah lama dikenal, potongan rambut ini juga tetap dianggap trendi dan hingga kini masih banyak peminatnya.

Model rambut pria pendek ini memiliki ciri khas yakni potongan rambut bagian atas yang meruncing berdiri, namun rambut yang tipis pada bagian samping yang sehingga Dads akan mendapatkan kesan jenjang pada wajah.

Meskipun tampilan rambut ini terkesan berantakan, namun Dads bisa menatanya dengan menggunakan hair spray, pomade, atau gel. Bersiaplah untuk mendapatkan kesan maskulin dan gagah berkat potongan rambut ini.

8. Rambut Pendek Berponi

Model Rambut Pria Anti Monoton

Foto: elle.com

Untuk para pria yang menginginkan kesan muda nan segar, potongan rambut pendek dengan poni bisa menjadi pilihan.

Bagi pria dengan wajah oval juga tak perlu ragu untuk mencoba model rambut pria pendek ini.

Model rambut ini mulai populer saat munculnya K-Pop dan K-Drama. Jadi, jika menginginkan kesan awet muda dan lebih manis, jangan ragu untuk mengubah gaya rambut menjadi seperti ini.

Model rambut ini bahkan sangat baik untuk pria yang dahi lebar, karena poni akan menutupinya.

Warna rambut juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemudian menjadikan penampilan semakin trendi dan berkesan.

Baca Juga: 3 Tips Potong Rambut Sendiri di Rumah, Mudah!

9. Crew Cut

Model Rambut Crew Cut

Foto: hairmanz.com

Model rambut pria pendek rapi satu ini tak membutuhkan waktu lama untuk menatanya.

Selain itu, sejauh ini juga dikenal dua jenis crew cut, yakni versi Eropa dan versi Amerika. Versi Eropa biasa terkenal dengan keseragaman panjang rambut di seluruh bagian kepala, dan biasanya panjang rambut tak akan melebihi 1,5 sentimeter.

Sementara itu, crew cut ala Amerika biasanya membuat rambut bagian samping dan belakang saja yang lebih tipis, sementara bagian atasnya tetap dibiarkan panjang hingga 2 sentimeter.

Pria yang ingin sedikit volume pada kepala, bisa memilih gaya crew cut Amerika.

Namun, di luar itu juga ada beberapa variasi model rambut pendek lain yang menipiskan rambut bagian samping dan belakang kepala, namun potongannya tidak seperti classic cut.

Mereka yang memiliki rambut ikal juga cocok akan potongan ini berkat bentuk alami rambut mereka yang bisa dengan mudah mendapatkan kesan rambut yang lebih bervolume.

Model rambut ini pun cocok untuk semua jenis kesempatan, seperti formal atau santai.

10. Layered Undercut

Rambut pria

Foto: europeanhairdesign.ca

Model rambut pria pendek rapi selanjutnya yang bisa dicoba adalah gaya rambut layered undercut. Potongan ini akan memberikan potongan berlapis yang keren dan trendi.

Alhasil, Dads akan mendapatkan sentuhan akhir yang lebih bervolume.

Namun, rambut dengan model ini perlu dirawat lebih ekstra karena rambut pria mudah panjang sehingga dalam kurun waktu empat minggu sekali perlu dirapikan.

Ini supaya rambut tetap rapi dan tidak rusak. Dads juga bisa datang kapan saja saat merasa rambut sudah panjang dan perlu dirawat.

11. Curtain Cut

Curtain Cut

Foto: allthingshair.com

Model rambut ini pasti tidak asing bagi mereka yang besar pada tahun 90an.

Pasalnya beberapa pesohor pada masa itu kerap kali tampil dengan potongan rambut belah tengah ini.

Kini berkat K-Pop dan K-Drama, gaya rambut ini kembali naik daun dan digemari banyak pria.

Namun, pria harus memanjangkan dahulu rambutnya untuk mendapatkan poni yang seperti tirai. Kemudian rambut bisa dibentuk dengan merapikan bagian samping rambut. Bagian jambang juga perlu dicukur dengan.

Itulah beberapa model rambut pria pendek yang bisa jadi andalan. Mana nih yang paling Dads favoritkan?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait