Karier & Keuangan

30 April 2021

3 Kemampuan Utama untuk Jadi Mompreneur Sukses, Simak Yuk Moms!

Mompreneur adalah istilah bagi Moms yang menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus wirausaha
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Intan Aprilia

Tak hanya mengurus pekerjaan rumah tangga dan mendidik anak-anak, setiap Moms juga memiliki kesempatan untuk menjadi wanita yang berdaya dan mandiri dengan cara berbisnis.

Bisnis dapat menjadi sarana bagi Moms untuk menuangkan beragam ide, hobi, atau kreativias lainnya sehingga memeroleh penghasilan. Dengan cara ini pula, Moms pun dapat membantu perekonomian keluarga.

Moms yang menjalani peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus wirausaha ini disebut dengan istilah Mompreneur.

Baca Juga: 5 Pilihan Pekerjaan untuk Full-Time Moms di Rumah

Kemampuan Utama untuk Jadi Mompreneur Sukses

Terdapat beragam cara untuk menjadi Mompreneur, mulai dari reseller kebutuhan anak, fashion anak dan dewasa, produk makanan rumahan, jasa titip (jastip) hingga kuliner.

Moms dapat menyesuaikannya dengan minat atau kemampuan yang dimiliki. Namun sebelum itu, ada baiknya Moms memahami kemampuan utama yang dibutuhkan Mompreneur jika ingin sukses.

Dalam memeroleh pengetahuan terkait Mompreneur, Moms bisa menyimak tiga kemampuan utama untuk menjadi Mompreneur sukses yang disampaikan oleh Bunga Mega, Head of Community Orami dalam sesi Orami School of Community seri Digital Mompreneur pada Selasa, 27 April 2021 berikut ini.

1. Kemampuan Networking dan Membaca Tren Pasar

Kemampuan utama untuk jadi mompreneur sukses-1

Foto: Orami Photo Stock

Apabila ingin menjadi Mompreneur sukses, Moms sebaiknya harus terus mengasah kemampuan dalam mengenali peluang usaha, salah satunya dengan memahami skill diri sendiri, serta mampu melakukan tes pasar.

Suatu bisnis yang dijalankan dengan kemampuan diri mumpuni biasanya akan lebih mudah. Jangan ragu juga untuk melakukan inovasi dan tes pasar agar Moms yakin bahwa bisnis yang telah dipilih sudah tepat. Dengan demikian, Moms pun bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Selain itu, giatlah dalam melakukan networking dari komunitas terdekat dengan memanfaatkan jaringan pertemanan sesama ibu yang solid. Hal ini berguna untuk menciptakan peluang konsumen yang lebih banyak sehingga dapat memperluas usaha.

Baca Juga: Moms Ingin Memulai Bisnis Tanaman Hias? Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

2. Kemampuan Promosi dengan Digital Marketing

Kemampuan utama untuk jadi mompreneur sukses-2

Foto: Orami Photo Stock

Mengingat semakin canggihnya teknologi dan berkembangnya tren bisnis online, Moms sebaiknya mengasah diri sehingga memiliki kemampuan promosi dengan digital marketing.

Kemampuan ini bisa Moms peroleh dengan cara memperluas wawasan soal tips dan trik berjualan via marketplace.

Mompreneur juga harus mau belajar menerapkan Search Engine Optimization (SEO) di halaman produk dan toko sehingga jenis produk atau jasa yang ditawarkan mudah ditemukan oleh konsumen.

Tak hanya itu, penting bagi Moms untuk mengoptimalisasi penjualan dengan beriklan secara digital, baik itu iklan di marketplace terkait ataupun iklan di media sosial.

3. Kemampuan Marketing via Media Sosial

Kemampuan utama untuk jadi mompreneur sukses-3

Foto: Orami Photo Stock

Hal lainnya yang sebaiknya Moms miliki agar dapat menjadi Mompreneur sukses ialah kemampuan marketing via media sosial karena lagi-lagi, teknologi sangat berpengaruh dalam suatu bisnis. Jadi, Moms perlu menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan penjualan melalui media sosial.

Misalnya, membangun reputasi dengan membuka akun pada kanal media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan WhatsApp yang memiliki banyak pengguna. Melalui media sosial ini, Moms memiliki kesempatan untuk bertemu dengan konsumen secara lebih luas.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan strategi promosi tanpa biaya seperti barter/endorsement. Mompreneur bisa memulainya dari nano-influencers yang ada di lingkaran terdekat. Cara tersebut dilakukan untuk menciptakan brand awareness dan mendatangkan konsumen.

Moms juga sebaiknya aktif berinteraksi dengan audiens dan konsumen di media sosial untuk membangun engagement serta loyalitas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Gratis yang Cocok untuk Instagram Online Shop

Gabung Orami School of Community Yuk, Moms!

Orami School of Community.png

Tidak hanya menerapkan tiga hal di atas, Moms dapat menambah pengetahuan dan kemampuan untuk menjadi Mompreneur sukses dengan berpartisipasi dalam komunitas Orami dan mengikuti program Orami School of Community.

Orami School Of Community adalah tempat dimana para ibu dapat mengikuti serangkaian pembelajaran, praktik, dan pendampingan seputar community management, entrepreneurship dan program pengembangan diri lainnya.

Program ini bermisi mendukung para ibu agar semakin bisa membawa dampak dan perubahan positif untuk keluarga dan masyarakat yang lebih luas.

Sejauh ini, Orami School of Community sudah diadakan sebanyak 2 batch, dan diikuti oleh total 500+ Mompreneur yang telah diseleksi dari ribuan pendaftar.

Topik yang akan dibagikan School of Community Orami tidak hanya mencakup topik basic entrepreneurship saja. Namun nantinya, juga akan ada topik-topik seputar Community Building & Management serta Self Development. Yang jelas, semua topik belajar yang disajikan berfokus untuk mendukung ibu agar lebih mampu berdaya secara ekonomi dan menjadi entrepreneur yang handal dan 'melek' digital.

“Lebih dari sekadar kemampuan bisnis, Mompreneur perlu juga dukungan secara mental karena cenderung memiliki lebih banyak tantangan baik secara struktural maupun sosial. Mereka harus membagi peran antara mengurus rumah tangga, membesarkan anak, dan mengurus usahanya. Bentuk dukungan-dukungan seperti inilah yang menurut kami tidak bisa ditemukan di komunitas wirausaha lain, sesuatu yang hanya dapat dimengerti sesama ibu juga,” jelas Bunga.

Umumnya, kendala-kendala yang dihadapi oleh para Mompreneur ini adalah kurangnya akses terkait channel promosi yang relevan, masalah modal usaha, sourcing produk, sampai kurangnya dukungan dari keluarga.

Baca Juga: 6 Artis yang Buka Usaha di Tengah Pandemi Corona

Motivasi dan alasan para ibu menjadi Mompreneur pun bervariasi. Berdasarkan data yang dihimpun dari anggota komunitas Orami, beberapa alasannya ialah aktualisasi diri, ingin menambah pendapatan namun dengan waktu yang fleksibel, membantu perekonomian keluarga, hingga ingin mengasah skill kepemimpinan dan juga karena ingin mengembangkan hobi.

Seusai mengikuti rangkaian pelatihan Orami School of Community, para peserta juga akan diberi kesempatan untuk bergabung di program kewirausahaan yang ada di Orami, seperti IbuSibuk dan Express Mart.

Di program ini, peserta akan dibina untuk mengembangkan kemampuan dan skala bisnisnya di dalam ekosistem yang tersedia di Orami.

IbuSibuk

Merupakan program pemberdayaan ekonomi bagi para ibu melalui dunia digital dan dikhususkan untuk para ibu yang tertarik dengan kewirausahaan.

Para anggota IbuSibuk berkesempatan untuk memasarkan kembali produk yang ada di Orami kepada komunitas di sekelilingnya.

Mereka juga akan mendapatkan berbagai pelatihan yang akan mendukung aktivitas mereka dan kesempatan untuk menikmati beragam reward bagi reseller yang aktif.

Express Mart

Merupakan curated marketplace di Orami untuk toko-toko kebutuhan Ibu dan Anak yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya. Program ini dikhususkan untuk para pelaku usaha/dengan bisnis skala medium yang fokus pada pasar ibu dan anak.

Untuk melihat lebih lanjut seputar program-program Orami School of Community lainnya, Moms bisa mengunjungi laman Orami School of Community atau dengan membuka aplikasi Orami yang bisa diunduh secara gratis di Apple Store dan Google Play.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait