Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Balita | Jul 6, 2018

Moms, Hindari 7 Makanan dan Minuman yang Merusak Gigi Balita Ini

Bagikan


Menjaga kesehatan gigi balita ternyata tidak cukup hanya dengan menyikat gigi dua kali dalam sehari lho, Moms. Usaha Moms bisa sia-sia kalau masih saja sembarangan memberikan minuman atau makanan merusak gigi balita.

Agar balita terhindar dari berbagai masalah gigi seperti bolong atau menghitam, American Academy of Pediatric Dentistry merekomendasikan setiap orang tua untuk membatasi konsumsi beberapa jenis makanan yang dapat merusak gigi balita berikut:

1. Makanan Manis dan Lengket

multisport.ph

Balita mana yang tidak suka dengan karamel, permen jeli, coklat atau es krim? Konsumsi makanan manis dengan tekstur lengket seperti tadi harus dibatasi dengan ketat ya, Moms.

Alasan yang utama, jelas karena mengandung gula dalam kadar tinggi yang bisa merusak enamel dan menimbulkan karang gigi. Selain itu, permen lengket juga termasuk makanan merusak gigi balita karena mudah tersangkut di sela gigi dan sulit dikeluarkan meski sudah sikat gigi atau flossing.

2. Minuman Bersoda

medicaldaily.com

Bukan hanya kadar gulanya yang tinggi, minuman bersoda juga mengandung banyak asam yang bisa melemahkan enamel gigi balita. Kalau tidak mau buah hati terkena karang gigi dan gigi keropos, sebaiknya hindari minuman bersoda ya, Moms.

Baca Juga : Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

3. Jus Buah

verywellfamily.com

Jus buah memang memiliki kandungan gizi yang cukup baik, tapi bisa jadi minuman merusak gigi balita bila sering diminum dengan menggunakan sedotan atau sippy cup. Apalagi, jus buah pada dasarnya mengandung gula alami dalam kadar yang cukup tinggi.

Dengan cara minum seperti itu, cairan jus keluar secara perlahan sehingga banyak menggenang di sekitar gigi. Terlalu sering melakukan hal ini akan membuat bakteri lebih mudah memecah enamel, sehingga akan memicu pembusukan gigi.

4. Biskuit dan Kue

kindercare.com

Sadar tidak Moms, kalau remahan camilan favorit balita ini seringkali terselip di sela gigi? Nah, selain bisa menjadi sumber bakteri, kandungan gula sederhananya juga bisa perlahan mengikis enamel gigi serta menimbulkan karang gigi.

Sebagai gantinya, Moms bisa memberikan potongan keju yang justru bisa membantu membersihkan bakteri dari gigi.

5. Makanan Berpati

aptawelt.de

Sumber energi untuk balita yang paling umum adalah makanan berpati seperti nasi putih, roti, atau bahkan pasta. Sayangnya, semua makanan berpati ini mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dipecah menjadi gula dan merusak gigi balita.

Alternatif yang lebih sehat adalah makanan yang berbahan dasar gandum utuh, seperti nasi merah, sereal dan pasta gandum, atau roti gandum.

6. Buah Kering

parents.com

Camilan buah kering seperti kismis maupun buah kalengan, ternyata masuk juga dalam daftar makanan merusak gigi balita. Meski dianggap lebih sehat ketimbang camilan kemasan lain, buah kering yang manis dan cenderung lengket justru sama membahayakannya bagi gigi si kecil.

Bila terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah banyak, camilan buah kering ataupun buah kalengan bisa menimbulkan tumpukan plak, memperbanyak bakteri gigi, serta memicu pembusukan gigi.

7. Saus Tomat dan Kecap

kindercare.com

Meski bisa membantu balita agar lebih nafsu makan, saus tomat dan kecap juga tidak boleh diberikan terlalu banyak dan sering.

Selain bisa merusak enamel, dua bahan tambahan makanan ini juga bisa mengubah warna gigi menjadi kuning atau coklat, serta membuat gigi jadi lebih keropos karena asam yang terkandung didalamnya.

Untuk mengurangi dampak negatifnya, biasakan balita untuk segera berkumur atau menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung saus tomat atau kecap ya, Moms.

Ternyata banyak sekali makanan dan minuman sehari-hari yang beresiko merusak gigi balita ya, Moms. Demi menjaga kesehatan gigi buah hati, ada baiknya kalau kita rajin mencari alternatif makanan yang lebih sehat.

Kira-kira apa ya Moms, camilan yang rasanya enak dan disukai balita tapi tetap baik untuk kesehatan giginya?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.