Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Balita | Jul 3, 2018

Moms, Ini Porsi Ideal Sayur dan Buah Untuk Balita

Bagikan


Dengan limpahan kandungan gizi dan nutrisi alami didalamnya, sayur serta buah memang menjadi faktor pendukung penting dalam tumbuh kembang buah hati.

Tapi, apa Moms pernah penasaran tentang seberapa banyak porsi sayur balita yang ideal untuk kesehatan dan tumbuh kembang optimalnya?

Apa Kata ITF?

babybeltz.com

Menurut Infant and Toddler Forum, sebuah organisasi yang anggotanya adalah para pakar kesehatan, gizi, dan psikolog anak, porsi sayur balita bisa bervariasi dari hari ke hari. Selain tetap memperhatikan umur dan berat badan, porsi sayur balita juga harus disesuaikan dengan tinggi badan serta aktivitasnya.

Moms disarankan untuk memberikan setidaknya satu atau dua porsi sayur dan buah di setiap waktu makan, dengan sedikit tambahan snack. Dengan jenis makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi seperti ini, balita diperbolehkan untuk makan dengan porsi yang lebih besar kalau mereka masih merasa lapar.

Baca Juga : Yuk, Berikan Gizi Anak Sesuai Usianya

Rekomendasi Porsi Ideal

centrohealth.com.au

Satu porsi sayuran atau buah biasanya dianggap setara dengan 80 gram, tapi supaya lebih praktis tanpa harus repot menimbang, Moms bisa mengikuti rekomendasi dari ITF berikut ini:

1. Sayuran

  • Tomat Ceri: 1 sampai 4 buah.
  • Tomat: 1/4 sampai 1 buah berukuran kecil
  • Kacang Panjang: 1/2 sampai 2 sendok makan.
  • Kacang Polong: 1/2 sampai 2 sendok makan.
  • Kacang Kapri: 2 sampai 8 lembar.
  • Ketimun atau Lobak: 2 sampai 8 potong kecil.
  • Bayam dan Sayuran Hijau: 1/2 sampai 2 sendok makan yang sudah dimasak.
  • Jagung Manis: 1/2 sampai 2 sendok makan.
  • Wortel: 1 sampai 3 sendok makan yang sudah dipotong kecil.
  • Brokoli: 1 sampai 4 bunga kecil atau setara dengan 1/2 sampai 2 sendok makan.

2. Buah

  • Jeruk/Sunkist: 1/2 sampai 1 buah.
  • Apel: 1/4 sampai 1/2 buah berukuran medium.
  • Strawberry: 3 sampai 10 buah berukuran kecil.
  • Pir: 1/4 sampai 3/4 buah berukuran normal
  • Nanas: 1/4 sampai 1 potong berukuran medium
  • Kismis/Sultana: 1/2 sampai 2 sendok makan. Hanya boleh dimakan 1 kali dalam sehari.
  • Pisang: 1/4 sampai 1 buah berukuran medium.
  • Anggur: 3 sampai 10 buah berukuran kecil.
  • Kiwi: 1/2 sampai 1 buah ukuran nomal.

Yang Harus Moms Perhatikan

diet-health.info

Semua jenis sayuran dan buah, baik yang segar, beku, kalengan, maupun dikeringkan bisa Moms berikan pada balita, tapi selalu minimalisir penggunaan gula tambahan dalam pengolahannya.

Salah satu bentuk pengolahan sayur terbaik adalah dengan cara dikukus untuk meminimalisir hilangnya nutrisi, sedangkan buah sebaiknya disajikan mentah ketimbang dijadikan jus atau smoothies.

Jangan bosan memperkenalkan berbagai jenis sayur dan buah baru pada balita ya, Moms. Semakin bervariasi buah dan sayur yang dikonsumsi balita, maka fungsi bakteri baik di usus yang mendukung kekebalan tubuhnya juga akan semakin optimal.

Apa sih, trik Moms untuk membuat balita makan sayur dan buah lebih banyak?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.