Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
4 Desember 2017

Moms, Jangan Biasakan Anak Menjilat Bibir

Mama enggak mau kan bibir si kecil jadi hitam?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Idealnya, kalau bibir Moms terasa kering, Moms akan mengoleskan pelembap. Tapi, anak-anak tidak terpikirkan hal itu. Mereka akan menggunakan cara praktis, yaitu menjilat bibir. Iya sih, bibir kering langsung lembap kembali. Namun, itu bukan cara yang benar, Moms.

Tanpa disadari, ada beberapa efek negatif yang bakal terjadi jika kita menjilat bibir. Salah satunya adalah membuat bibir jadi kering dan kurang elok. Ini terjadi karena bibir kehilangan pelumas aslinya akibat air liur kita yang dioleskan pada bibir melalui lidah.=

Dokter Spesialis Kulit Kelamin Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK menjelaskan bahwa air liur mengandung enzim yang sifatnya menghancurkan makanan. "Ludah juga bisa menghancurkan lapisan kulit bibir kita," jelasnya beberapa waktu lalu.

Lalu, apa saja dampak buruk menjilat bibir?

Bibir Menjadi Kering

Meski sepele, menjilat bibir bisa membuat bibir jadi kering. Anak-anak pasti tidak memerhatikan karena mereka hanya asyik bermain. Perubahan warna pada bibir juga akan terjadi sebagai efek dari bibir kering ini. Warnanya jadi pucat seperti sedang sakit.

Untuk itu, ada baiknya Moms mengoleskan pelembap bibir setelah si kecil mandi.

Baca juga: DIY Lipbalm Alami untuk Si Bibir Kering

Warna Bibir Menghitam

Perubahan warna bibir menjadi hitam juga akibat sering menjilat bibir. Gelapnya warna bibir ini karena aliran darah tidak lancar serta banyaknya sel kulit mati yang berkembang akibat bakteri dari air liur.

Selain itu, perubahan warna bibir jadi hitam juga disebabkan karena bibir kehilangan kelembapan alaminya. Tidak mau, kan, bibir si kecil jadi kurang elok karena keseringan menjilat bibir?

Bibir Pecah-pecah

Akibat menjilat bibir berikutnya adalah bibir menjadi pecah-pecah. Bibir tidak hanya menjadi kurang menarik dilihat, tapi juga bisa jadi perih.

Aroma Tidak Sedap

Bau tidak sedap pada bibir juga akan terjadi kalau si kecil senang menjilat bibir. Ini karena pengaruh air liur yang keluar dan teroles pada bibir lama-lama menimbulkan bau yang kurang sedap. Untuk itu, arahkan si kecil agar tidak lagi menjilat bibir, ya.

Menghilangkan Minyak Alami

Bibir manusia sebenarnya memiliki minyak alami yang membuatnya lembap. Namun, ketika minyak alami ini hilang, bibir jadi sering kering dan pecah-pecah serta berdarah. Warna bibir juga jadi memudar gelap.

Rentan Berdarah

Menjilat bibir juga bisa menyebabkannya rentan berdarah. Bibir yang sudah berdarah juga kerap menyebabkan kulit bibir jadi rusak. Ada bekas rekahan bibir yang akan susah hilang, meskipun pecah-pecah bibirnya sudah sembuh.

(ICA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait