Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
8 Februari 2019

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Anjing

Amankan anak sebelum melakukan tindakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Walau dianggap sebagai sahabat manusia, resiko anak digigit anjing selalu saja ada. Bukan hanya oleh anjing liar, naluri hewani anjing peliharaan yang sudah terlatih pun bisa mendadak keluar saat dia merasa terancam atau sakit lho, Moms.

Yang paling berbahaya dari digigit anjing adalah masuknya bakteri dari air liur anjing kedalam tubuh anak, seperti staphylococcus, streptococcus, pasteurella, dan capnocytophaga. Bahkan bisa juga mengandung rabies bila anjing tidak divaksin.

Jadi bila anak digigit anjing, segera berikan pertolongan yang tepat untuk mencegah terjadinya infeksi atau luka parah. Nah, berikut adalah langkah pertolongan pertama anak digigit anjing yang bisa Moms ikuti.

Baca Juga : Jangan Panik, Begini Pertolongan Pertama Saat Anak Terjepit

Jauhkan Anak Dari Anjing

Independent.co.uk

Sebelum melakukan tindakan apapun, segera jauhkan anak dari anjing dan bawa ke tempat yang aman.

Kalau anjing yang menggigit masih ada di lokasi, minta orang lain yang ada di sekitar untuk tetap diam dan tenang. Bila memungkinkan, amankan anjing kedalam kandang atau tempat tertutup agar tidak membahayakan orang lain.

Kendalikan Pendarahan

Womenlikethat.co.uk

Langkah pertama dalam pertolongan pertama anak digigit anjing adalah menekan perlahan luka gigitan sampai pendarahan berhenti. Bila darah yang keluar banyak, tinggikan area tubuh yang terluka.

Jangan pernah menekan luka gigitan dengan tangan telanjang. Selalu gunakan kain kasa atau kain bersih lainnya untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Bila anak digigit oleh anjing yang tidak dikenal, gunakan sarung tangan karet sebelum menyentuh area yang berdarah untuk mencegah penyebaran penyakit atau infeksi.

Bersihkan Luka

Todayifoundout.com

Setelah pendarahan berhenti, segera bersihkan area luka gigitan dengan campuran air hangat dan sabun. Lalu diamkan dibawah air yang mengalir selama beberapa menit untuk menghilangkan bakteri.

Alkohol atau hidrogen peroksida juga bisa digunakan untuk membersihkan luka dan membunuh bakteri, tapi akan merusak kulit dan menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga : Penting Diajarkan pada Anak, Ini 3 Langkah yang Benar dalam Membersihkan dan Menangani Luka

Tutupi Luka

Statefoodsafety.com

Setelah area luka gigitan dibersihkan dan dikeringkan perlahan dengan kain bersih, oleskan salep antibiotik lalu tutupi dengan perban steril. Selanjutnya Moms bisa membawa Si Kecil ke dokter untuk diperiksa.

Bawa Ke Dokter

Todaysparent.com

Nah, langkah pertolongan pertama anak digigit anjing ini tidak boleh dilewatkan, Moms. Seperti apapun kondisi lukanya, pastikan Moms menemui dokter dalam jangka waktu 8 jam sejak anak digigit anjing.

Lebih dari itu, resiko anak terkena infeksi akan semakin meningkat, terutama jika dia memiliki kondisi diabetes atau masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Tergantung pada luka gigitan serta jenis anjing yang menggigit, dokter mungkin akan memberikan suntikan antibiotik, salep antibiotik, antibiotik oral, atau vaksin tetanus pada kasus tertentu.

Walau tidak ada orang tua yang mau anak digigit anjing, setidaknya Moms bisa sigap memberikan pertolongan pertama bila terjadi. Apa Moms tahu bagaimana caranya mengurangi resiko anak digigit anjing?

(WA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait