Kesehatan Umum

21 September 2021

Moms Sering Mengalami Monday Blues? Simak Bagaimana Cara Mengatasinya

Kecemasan berlebih saat menghadapi hari senin disebut dengan Monday blues
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Meski tampaknya Monday blues menjadi suatu istilah yang baru bagi Moms, tetapi mungkin hal ini sering kali dialami tanpa disadari.

Monday blues adalah menggambarkan serangkaian emosi negatif yang didapat banyak orang di awal minggu kerja jika mereka tidak bahagia di tempat kerja,” kata Alexander Kjerulf, seorang penulis dan pembicara internasional tentang kebahagiaan di tempat kerja, seperti yang dikutip dari laman Forbes.

“Ini mengandung unsur depresi, kelelahan, keputusasaan, dan perasaan bahwa pekerjaan itu tidak menyenangkan tetapi tidak dapat dihindari,” sambungnya.

Baca Juga: Ini 5 Cara mengatasi Burnout, Syndrome Akibat Stres Bekerja, Catat!

Dampak Monday Blues

monday blues

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun hal tersebut cukup umum terjadi, tetapi Monday blues bisa menjadi tanda peringatan serius bahwa ada sesuatu yang tidak beres di tempat kerja.

Monday blues mungkin menjadi pertanda bahwa sebenarnya Moms tidak merasa bahagia dalam menjalani pekerjaan sehingga mengalami ketakutan atau kecemasan berlebih saat memulai hari Senin.

Selain itu, Monday blues juga bisa disebabkan oleh adanya rasa kurang dihargai atau tidak puas dengan pekerjaan. Oleh karena itu, Moms pun akan sangat sulit untuk memulai kerja di awal pekan.

Apabila Moms pernah atau bahkan cukup sering mengalaminya, Moms perlu berhati-hati karena Monday blues bisa berdampak negatif pada kinerja dan produktivitas.

Menurut Alexander Kjerulf, ada banyak penelitian di bidang psikologi dan neurologi yang menyebutkan bahwa keadaan emosional saat ini memiliki efek besar pada kualitas pekerjaan.

Misalnya, ketika Moms merasa sedih, tanpa disadari, Moms bisa menjadi kurang produktif, kurang termotivasi, lebih pesimis, kurang kreatif, kurang terlibat, dan kurang belajar.

Bahkan, Ryan Kahn, pelatih karir, pendiri The Hired Group, bintang MTV's Hired, dan penulis Hired! Panduan untuk Lulusan Terbaru, mengatakan Monday blues bisa menular.

“Stres atau suasana hati yang buruk dapat secara drastis mengubah lingkungan kerja secara keseluruhan,” katanya.

Rita Friedman, seorang pelatih karir yang berbasis di Philadelphia juga setuju.

“Ketika Anda tidak bahagia di tempat kerja, akan sangat sulit bagi orang-orang di sekitar Anda untuk bahagia, dan seringkali, meski hanya ada satu pekerja dengan kasus Monday blues, tetapi hal itu dapat menyebarkan kelesuan ke seluruh tim,” jelasnya.

Baca Juga: Pentingnya Me-Time untuk Kebahagiaan Moms

Cara Mengatasi Monday Blues

Mengingat dampaknya tidak main-main karena bisa memengaruhi individu lain di tempat kerja, maka Moms harus mengetahui cara mengatasi Monday blues. Berikut beberapa tips yang bisa Moms terapkan.

1. Identifikasi Masalah

"Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri apa yang salah," kata Kjerulf.

Apabila mengalaminya setiap minggu, mungkin kondisi tersebut merupakan tanda penting bahwa Moms tidak bahagia di tempat kerja dan Moms perlu memperbaikinya dengan cara tetap melanjutkan pekerjaan atau mencari pekerjaan lain.

Sara Sutton Fell, CEO dan pendiri FlexJobs, menyarankan untuk membuat daftar hal-hal yang membuat Moms terpuruk dalam pekerjaan, seperti rekan kerja yang negatif.

Dengan mengetahui masalah yang menjadi penyebabnya, Moms pun akan lebih mudah dalam mencari solusi dan situasi bisa menjadi lebih baik.

2. Persiapkan Hari Senin di Hari Jumat

persiapkan hari senin di hari jumat

Foto: Orami Photo Stock

Cara berikutnya yang cukup efektif untuk mengatasi Monday blues, yakni mempersiapkan hari Senin di hari Jumat. Jadi, Moms mungkin bisa mencoba untuk menyelesaikan pekerjaan hari Senin di hari Jumat.

Moms juga mungkin dapat mertimbangkan untuk menyisihkan 1-2 jam pada hari Sabtu atau hari Minggu untuk bekerja sebagai upaya dalam menghilangkan sebagian tekanan yang datang pada hari Senin.

Dengan demikian, Moms bisa menghadapi hari Senin dengan lebih lega. Dalam hal ini, manajemen waktu adalah hal yang paling penting. Semangat ya, Moms.

Baca Juga: 4 Tips Membangun Kepercayaan Diri untuk Kembali Bekerja setelah Menjadi Full Time Moms

3. Buat Daftar Hal-hal yang Disukai

Selama ini, Moms mungkin menganggap hari Senin sebagai hari yang menyeramkan karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatasinya dengan membuat daftar hal-hal yang disukai atau yang dinantikan agar hari Senin berubah menjadi lebih menyenangkan bagi Moms.

Cara ini dikatakan cukup ampuh, bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Studi dari Journal of Affective Disorder menunjukkan bahwa tulisan ekspresif dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi depresi.

Selain itu, Journal of Psychophysiology juga menyebutkan bahwa menulis ekspresif dapat berfungsi untuk "melepaskan" kekhawatiran dari memori kerja.

4. Batasi Komunikasi di Luar Jam Kerja

nonaktifkan email di akhir pekan

Foto: Orami Photo Stock

Monday blues mungkin merupakan tanda bahwa Moms harus memiliki batasan yang lebih ketat antara bekerja dan bermain.

Jika Moms terus-menerus memeriksa email ketika akhir pekan yang seharusnya digunakan untuk bersantai, maka secara tidak sadar Moms sedang menyiapkan diri untuk mengalami kelelahan.

Untuk menghentikan kebiasaan itu, coba untuk mematikan notifikasi email pada hari Jumat dan fokuslah pada waktu pribadi dengan cara merawat diri atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Usahakan untuk menemukan keseimbangan antara waktu bersantai sambil tetap mengikuti rutinitas utama. “Manjakan diri Anda, tetapi jangan keluar jalur,” kata konselor Kathryn Ely, dilansir dari Healthline.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

5. Pastikan untuk Tidur Cukup

Perlu Moms ketahui, tidak merasa cukup istirahat dapat berdampak besar pada perasaan Moms di Senin pagi. Jadi, saat tubuh melewatkan waktu tidur 7-9 jam yang direkomendasikan, hal ini dapat membuat Moms lebih cemas dan depresi.

Oleh karena itu, pastikan bahwa Moms memiliki pola tidur cukup setiap harinya. Ketika akhir pekan tiba, usahakan untuk tetap tidur tepat waktu agar jam internal tubuh Moms tidak kacau.

Ketika hari Senin tiba, Moms sebaiknya menyiapkan diri untuk bangun lebih awal. Cobalah untuk bangun 15-30 menit lebih awal dari biasanya dan lakukan hal-hal menyenangkan sebelum pergi bekerja.

Misalnya, menikmati sarapan atau berolahraga ringan. Cara ini akan membuat diri Moms merasa lebih baik sehingga lebih bersemangat untuk pergi bekerja di hari Senin.

6. Hindari Overscheduling

scheduling

Foto: Pexels/Cottonbro

Bila memungkinkan, cobalah untuk menghindari menjadwalkan rapat atau tugas besar pada hari Senin. Hal ini mungkin cukup efektif sehingga Moms bisa menjalani hari Senin tanpa rasa cemas berlebih.

Jika Moms kesulitan mengatur jadwal harian untuk pekerjaan, coba gunakan alat manajemen waktu untuk bantu melacak aktivitas dan menjadwalkan acara dengan lebih mudah.

Baca Juga: 7 Cara Sukses ASI Eksklusif Ibu Bekerja, Patut Dicoba!

7. Jadilah Pribadi yang Positif

Pribadi yang positif merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi Monday blues. Cobalah untuk memulai hari dengan cara bersyukur dan menghargai setiap hal dari pekerjaan Moms.

Selain itu, Moms mungkin bisa memotivasi diri dengan mendengarkan lagu favorit saat dalam perjalanan ke tempat kerja.

Cobalah untuk menghindari energi-energi negatif yang bisa mengacaukan hari Senin Moms.

Dengan menjadi individu yang positif, Moms pun tidak akan punya waktu untuk merasa cemas dalam mengahadapi hari. Lingkungan di tempat kerja Moms juga akan menjadi lebih menyenangkan.

8. Bersikap Baik pada Orang Lain

bersikap baik saat bekerja

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memulai hari Senin, cobalah untuk bersumpah kepada diri sendiri untuk selalu melakukan hal-hal baik kepada orang lain. Dengan bersikap baik pada orang lain, Moms pun dapat menjadi lebih bersemangat dalam bekerja.

Menurut Alexander Kjerulf, penelitian dalam psikologi positif mengatakan bahwa salah satu cara terbaik untuk menghibur diri sendiri adalah dengan membuat orang lain bahagia.

Moms bisa melakukannya dengan memuji rekan kerja, melakukan sesuatu yang baik untuk pelanggan, membantu orang asing di jalan atau menemukan cara lain untuk membuat hari orang lain sedikit lebih baik.

Itu dia penjelasan mengenai Monday blues dan tips yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.forbes.com/sites/jacquelynsmith/2013/02/25/11-ways-to-beat-the-monday-blues/?sh=25bea8c023f5
  • https://www.healthline.com/health/monday-blues
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0165032713004448?via%3Dihub
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait